Informasi Kecantikan

Tentang Bisnis Usaha WARALABA/FRANCHISE

Apakah Anda berpikiran untuk mengambil peluang usaha waralaba/franchise? tertarik dengan sistem dan perkiraaan balik modal serta profitnya? eitt.. tunggu dulu, jika kita ingin mengambil sebuah bisnis waralaba maka harus dipertimbangkan sebaik-baiknya jangan sampai kita hanya terburu-buru melihat banyaknya franchise/waralaba baru yang bertebaran diluar sana, dan Anda harus tahu berapa banyak pula usaha waralaba yang gulung tikar. Oleh karena itu memalui artikel kali ini kami ingin memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana sih menyikapi bisnis waralaba ini? apa yang harus kita perhatikan sebelum mengambilnya? tips dan strategi pemasaran yang seperti apa yang sebaiknya kita terapkan? mari kita simak ya..

bisnis usaha franchise memang menggiurkan (sumber gambar : the-marketeers [dot]com )
Mungkin banyak orang yang beranggapan ketika mereka mengambil bisnis waralaba/franchise maka akan untung/profit, tentu saja anggapan ini harus kita buang jauh-jauh. Semua bisnis usaha punya resiko, ini yang harus kita sadari. Tidak terkecuali dengan peluang bisnis waralaba/franchise ini, jelas resiko akan selalu membayangi, tinggal pintar-pintar kita dan juga franchiser dalam memanajemen resiko yang akan dan sedang terjadi. Tapi bukan berarti bisnis usaha franchise/waralaba kurang bagus, jelas ini sebuah kesempatan bisnis yang luar biasa menarik dan kita dimudahkan dengan sistem dan fasilitas yang sudah dibentuk sejak awal, strategi marketing, manajemen, danpengolahan produk sudah direncanakan dari awal kita tinggal meneruskan/melaksanakannya saja. Tapi perlu diingat bahwa keberhasilan suatu bisnsi wralaba ini juga tergantung dari orang yang menjalankan bisnis tersebut.


Ada beberapa pertanyaan yang mungkin terjadi ketika kita akan mengambil bisnis franchise/waralaba misalnya :

Apakah BEP/balik modal yang biasanya dijanjikan pihak franchisor tersebut masuk akal dan rasional, misal dalam jangka waktu 2 sampai 3 tahun akan sudah balik modal? (ini salah satu sampel pertanyaan saja)
Jawab: Setiap pihak franchisor biasanya memang memberikan gambaran kapan balik modal (payback period) namun disini memang tergantung dari jenis bisnis model waralaba seperti apa? dan juga tergantung dari orang yang menjalankan usaha waralaba tersebut.

Pertanyaan bagaimana tentang modal usaha waralaba?, apakah modal awal misalnya 250juta, hanya sebesar ini saja modal mendapatkan franchise tersebut? atau masih perlu biaya cadangan atau biaya untuk kondisi tertentu?
Jawab : pada prinsipnya modal awal hanya itu saja namun yang perlua kita perhatikan ketika mangambil peluang usaha waralaba ini kita harus tahu dengan detail semua pembiayan seperti karyawan, operasional tempat dan lain lainnya apakah dari pihak franchisor sudah menjelaskan dengan detail dari awal, ini harus kita minta dari awal. Perhatikan juga ketika kondisi kita minus dikarenakan pengelolaan dan juga marketing yang kurang bagus berarti kita perlu biaya tambahan untuk menutup hal ini, semua sebaiknya jelas didepan mengenai semua biaya yang mungkin akan timbul suatu saat nanti.

Apakah franchisor itu selalu memperhatikan kita dalam semua aspek apakah itu strategi marketing atau semua tentang hal yang berhubungan dengan pencapaian BEP dan profit dalam menjalanakan bisnis usaha waralba tersebut? Bagaimana kita mengetahui franchisor yang kredible dalam hal-hal tersebut?
Jawab: Didalam sebuah bisnis waralaba tidak ada jaminan bahwa kita akan cepat menyentuh BEP dan juga meraih profit, semua konsekuensi resiko harus diketahui sejak awal sehingga kita bisa mempersiapkan startegi untuk menanggulanginya atau meminimalisir resiko. Perencanaan yang matang sebeum action adalah sangat penting dilakukan. Jangn terlalu terburu-buru dalam mengambil jenis peluang bisnis yang satu ini, persiapkan dengan matang dan hati-hati.

Bagaimana strategi marketing sebuah bisnis waralaba/franchise yang sedang kita ambil?
Jawab : Rumusnya adalah (jumlah konsumen = Jumlah Prospek x Rasio Sukses) dari rumusan ini bisa kita simpulkan bahwa jika kita ingin bisnis usaha waralaba kita ramai pengunjung dan tentu saja meraih profit yang cukup lumayan adalah dengan cara memperbanyak jumlah prospek dengan cara iklan di koran, media brosur, bisa iklan melalui media elektronik radio, katalog dan lain sebagainya). Dan yang paling penting juga adalah memperbesar rasio sukses dimana kita bisa memberikan nilai tambah pelayanan, training kepada karyawan supaya dalam bekerja dan melayani konsumen lebih baik dan bagus, beri nilai tambah apapun di waralaba Anda.

Bisnis usaha franchise atau waralaba di tahun 2014 ini diperkirakan akan terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan juga akan terus meningkat. Kesempatan yang cukup bagus jika kita bisa memanfaatkan peluang usaha waralaba namun memang semua harus direncanakan dengan baik dan hati-hati. Carilah sebanyak mungkin referensi sebelum Anda memutuskan untuk mengambil bisnis usaha jenis ini. Terima Kasih
Tentang Bisnis Usaha WARALABA/FRANCHISE Reviewed by Dunia Tips Kita on 10:32 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Kita © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.