Peluang Bisnis Suplier Makanan Warung Angkringan

Salam Sukses untuk para pembaca sekalian, semoga Allah SWT memberikan petunjuk dan jalan sukses untuk kita semua. Melalui artikel kali ini kami ingin memuat cerita atau sebuah tema yang mengankat sebuah bisis usaha atau sebuah peluang bisnis yang sepertinya sepele namun insyaAllah profitnya cukkup menggiurkan, dan bisnis model ini di daerah kami Yogyakarta sangat prospek, tidak tertutup kemungkinan usaha bisnis ini juga bisa maju di daerah lainnya.

Sebenarnya artikel kali ini juga ada hubungannya dengan beberapa artikel lainnya yang sempat diulas mengenai peluang usaha kuliner tanpa memiliki warung konsep memang sama, namun di edisi kali ini kita coba mengulas dengan beberapa strategi bisnis yang bisa kita terapkan dalam mengoptimalkan kesempatan bisnis yang memang cukup bagus panga pasarnya ini.

Beberapa hari yang lalu rabu 30 april 2014 ketika saya mampir ke salah satu warung angkringan di jalan solo Yogyakarta. Disana saya ketemu dengan seorang yang orang tersebut membawa banyak barang dagangan, dan ternyata semua di setorkan/diserahkan ke pedagang angkringan tempat saya mampir. Memang waktu itu saya sedang menunggu jahe panas tapi baru proses di masak dan semua menu terlihat sudah habis (warung angkringan tsb siang dan malam bukanya, menu siang sudah habis) dan ketika kami ngobrol dan saling bertanya soal bisnis usaha yang kami geluti masing-masing ternyata beliau ini memiliki bisnis sebagai suplier makanan dan cemilan ke warung-warung angkringan yang ada di Yogyakarta. Peluang bisbis tersebut dia ambil ketika bisnis sebelumnya bangkrut akibat semua modal dipakai untuk berobat sang ayahanda. Bermula dari hobi kuliner maka dia memutuskan untuk membuat makanan yang memang pangsa pasarnya warung angkringan.

Menu makanan seperti nasi kucing, nasi goreng mini, berbagai macam gorengan tempe, gorengan resoles pisang dan sejenisnya membuat makanan di warung angkringan tersebut terlihat ramai dan bervariasi, sehingga menggugah pengunjung untuk mampir lagi di lain hari. Ketika warung angkringan menu makanan lengkap maka memberikan banyak pilihan menu makanan buat para pengunjung. Kembali lagi ke orang yang memanfaatkan peluang usaha kuliner ini, dia bercerita bahwa sudah 6 bulan berjalan bisnisnya dan sudah 15 warung angkringan yang dia supli tiap hari untuk berbagai makanan dan cemilan. "Bisa sore hingga malam hari mas saya keliling 15 warung angrkingan ini" begitu ucap dia sembari bercerita bagaimana bisnisnya berjalan. Dirumah ditemani sang ibu dan sang kakak untuk memproduksi semua makanan yang akan di setorkan ke 15 warung angkringan tersbeut, dia bertindak sebagai marketing dan berkeliling untuk menarik tagihan dari tiap-tiap warung angkringan yang menjadi partnernya.

Menilik dari cerita diatas bahwa peluang bisnis sebagai suplier makanan/kuliner ke berbagai warung angkringan memang cukup prospek, apalagi kita sudah bisa menjalin kerjasama dengan banyak warung angkringan. InsyaAllah jika kita mau kreatif dan bekerja cerdas dan keras jalan bisnis usaha bisa kita dapatkan walau terlihat sepele.

Strategi bisnis usaha di bidang ini juga harus kita perhatikan, dalam menjalin relasi dengan rekanan warung-waring tersebut maka kita harus selalu bersikap baik dan flexible kepada mereka, ketika akan menarik tagihan kita harus bersabar ketika konsumen sedang ramai maka kita juga menunggu hingga pedagang juga luang waktunya untuk memberikan setoran kepada kita. Strategi dengan membuat makanan dan kemasan terlihat bersihd an rapi juga merupakan salah satu faktor penting dalam bisnis ini. Kebersihan dalam usaha makanan/kuliner harus selalu dijaga karena berkaitan dengan kesehatan juga. Ini harus selalu kita sampaikan ke partner maupun calon partner. Perbanyak relasi warung di berbagai tempat yang masih mudah terjangkau dari lokasi produksi makanan yang kita produksi. Dalam satu kota menurut kami masih bisa.

Sebagai penutup dari artikel kali ini kami sampaikan lagi bahwa peluang usaha dan bisnis kuliner khususnya sebagai suplier dari watung angkringan insyaAllah masih sangat prospek dan pasarnya terbuka lebar. Jika di daerah Anda belum ada angrkingan, mungkin Anda yang malah bisa membuka angkringan itu sendiri? :) Salam Sukses !

0 Response to "Peluang Bisnis Suplier Makanan Warung Angkringan"

Post a Comment