Top Ad unit 728 × 90

Bisnis Rumahan Tips dan Strategi yang Anda Harus Tahu

Apakah Anda sedang mencari ide bisnis rumahan? apakah sudah saatnya Anda menambah penghasilan sampingan melalui sebuah usaha berbasis rumahan? meelalui artikel kali ini kami mencoba mengulas bagaimana strategi dan tipsnya sebelum dan ketika sedang menjalani model peluang usaha tersebut.
Memang tidak mudah bagis ebagian kalanangan untuk memulai bisnis dari rumah, memikirkan idenya saja mungkin tidak banyak yang melakukannya. Akan tetapi saya rasa Anda mungkin bukan salah satu dari mereka, ketika Anda membaca artikel kali ini harapan kami segera bisa membuka sebuah bisnis yang cukup bagus dan bisa di kerjakan di rumah tanpa mengganggu kegiatan utama Anda bahkan bisa jadi itu yang akan menjadi penghasilan utama nantinya (insyaAllah).

Peluang bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah relatif banyak, namun terkadang orang melupakan bagaimana strategi menjalankan bisnis rumahan tersebut. Bisa jadi bisnis baru berjalan sebentar saja sudah menyerah dan tutup. Pernah kawan akrab peulis bercerita dalam membangun bisnis usahanya yang ketika itu dia memiliki banyak modal (baru pulang dari mancanegara ceritanya) dan dia berkeinginan membangun sebuah bisnis rumahan yang bisa menjadi penyalur dari dana-dana yang sudah dia kumpulkan ketika bekerja dari mancanegara. Semua persiapan sudah jadi dan semua peralatan sudah siap dan langsung saja dia membuka sebuah usaha coffe shop karena area loaksinya dekat dengan kampus mahasiswa di salah satu universitas di Yogyakarta. Namun apa yang terjadi baru pagi buka perdana dan dalam sehari itu kondisi hujan gerimis jadi tidak ada konsumen satupun sampai sore maka yang lebih heboh lagi bahwa besok paginya coffe shop langsung ditutup dan memutuskan untuk berhenti melanjutkan bisnisnya tersebut hehehe... aneh bukan :) 

Kondisi seperti itu bisa saja terjadi bukan hanya pada kawan kami, membangun usaha apalagi sebuah bisnis rumahan memang diperlukan tips dan strategi yang cukup baik dan tertata rapi. Lalu apa saja sih tips dan strategi dari peluang usaha berbasis rumahan ini?

PASTIKAN ANDA SUKA MODEL BISNISNYA

Mengingat bahwa bisnis akan di jalankan di rumah, maka modal dasar adalah bisnis tersebut harus yang benar-benar Anda minati (Anda senang dan menyukai model bisnis tersebut), ada pepatah rumahku istanaku, maka bisnis yang ada di istana Anda tersebut sebaiknya memang sebuah usaha yang cukup menyenangkan dan tidak membosankan. Anda suka internet marketing? Anda bisa membuka bisnis reseller, googl publisher, dan beberapa jenis usaha onlien lainya. Anda suka otomotif? Anda senang utak atik mesin kendaraan bermotor? Anda bisa membuka bengkel motor, Anda suka koveksi/fashion? Anda bisa membuka bisnis konveksi dirumah. Intinya bisnis rumahan yang Anda akan ambil sebaiknya memang sebuah jenis peluang bisnis yang Anda sukai.

MANAJEMEN MODAL DAN BIAYA OPERASIONAL

Jangan meremehkan pengaturan manajemen keuangan dalam bisnis rumahan lho ya? terkadang orang terlalu terlena dengan hal yang satu ini. Karena bisnis dilakukan di rumah maka terkadang keuangan perusahaan Anda tersebut menjadi campur aduk dengan keuangan rumah tangga Anda. Jadi tips yan kedua ini pisahkan dan atur secara profesional arus kas keluar masuk baik modal dan biaya operasional dari sebuah biisnis yang di lakukan dirumah. Jangan sekali-kali menggampangkan/ meremehkan karena bisa menjadi ribet kedepan nantiya. Apalagi jika modal tersebut bukanlah modal Anda sendiri atau bisa dibilang dari investor atau joinan Anda dan partner bisnis Anda. Jadi harus extra teliti dan hati-hati.

STRATEGI PROMOSI MARKETING BISNIS RUMAHAN

Untuk masalah promosi sebuah bisnis apa saha tidak tergantung apakah di lakukan dari rumah atau bukan, promosi atau marketing sangat diperlukan. Harapan untuk produk kita di beli atau di pakai oelh banyak konsumen jelas merupakan target dari sebuah bisnis usaha. Untuk bisnis yang dijalankan dirumah Anda bisa melakukan narketing melalui media offline dan online tergantung apa sih model bisnis yang Anda jalankan tersebut. Media masa seperti iklan baris koran dan majalah lokal akan cukup membantu selain dari media online seperti media sosial dan iklan online lainnya. Berikan nila tambah yang menarik dalam promosi bisnis Anda, sertakan bonus-bonus yang memungkinkan diterapkan ke bisnis Anda dan sebarkan di dalam promosi Anda tersebut.

JAGA KOMUNIKASI DENGAN CALON KONSUMEN

Untuk yang satu ini sangat penting juga, mengingat konsumen adalah sumber dari dana keuangan/ penghasilan Anda maka Anda harus menjaga komunikasi supaya berjalan baik dan lancar dengan mereka. Karena jenis usaha Anda adalah bisnis rumahan maka jelas konsumen akan mengetahui alamat tepat dari bisnis Anda tersebut, jadi sangan sampai membuat komunikasi yang membuat konsumen tidak tertarik dengan layanan Anda. Mungkin produk Anda di sukai oleh mereka, tapi ketika komunikasi Anda kurang baik dengan calon konsumen maka mereka bisa tidak jadi membeli produk Anda. Jadi berhati-hatilah dan tetap menjaga silahturahmi dengan para calon konsumen. 

Itulah sedikit tips dalam menjalankan bisnis rumahan yang bisa kita jadikan referensi semoga bermanfaat dan berguna bagi siapa saja yang sedang dan ingin memulai sebuah peluang bisnis dan usaha yang akan dilakukan dari rumah. Untuk artikel lainnya insyaAllah segera kami update dan tambah lagi supaya Anda bisa kembali dan membaca artikel-artkel bisnis usaha lainnya. Terima Kasih.
Bisnis Rumahan Tips dan Strategi yang Anda Harus Tahu Reviewed by Dunia Tips Kita on 3:00 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.