Top Ad unit 728 × 90

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Permanen

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Permanen

Tips kecantikan bibir merah alami - Bibir adalah bagian dari wajah yang sensasional dan sering membuat seseorang kelihatan cantik gara-gara mempunyai bibir yang merah dan indah. Bibir juga menjadi objek kecantikan bagi wanita. Akan tetapi kalau bibir tidak bersih dan merah, seperti hitam maka kecantikan wajah akan pudar. Bibir hitam melambangkan kesehatan yang buruk atau kebiasaan seseorang yang tidak sehat seperti merokok, menenggak alkohol dan kebiasaan lainnya seperti sering membasahi bibir dengan air liur. Banyak juga orang yang menggunakan lipstik untuk memerahkan bibir, ini sudah kebiasaan bagi wanita, namuan terkadang kebiasaan ini malah membuat bibir kering atau bermasalah.

Tips Kecantikan Bibir Merah Alami
ilustrasi memerahkan bibir


Penyebab Bibir Gelap dan Tidak Merah


Sebelum membahas lebih jauh, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa bibir Anda tidak merah alami bahkan malah cenderung gelap dan pucat. Hal tersebut bisa karena beberapa hal, yaitu:


1. Kafein

Seiring dengan semakin populernya kopi di kalangan masyarakat dunia, para wanita juga turut menyukai kopi. Bahkan, wanita-wanita di Belanda bisa menghabiskan lebih dari 10 cangkir kopi per harinya. Sayangnya, kandungan kafein dalam kopi juga bisa menyebabkan bibir menjadi lebih gelap. Karena itu, jika ingin meminimalisir efek buruk kafein pada bibir, Anda harus menghindari konsumsi kafein. Walaupun tidak sebanyak kafein kopi, teh sedikit banyak juga bisa membuat warna bibir menjadi lebih gelap.


2. Jarang membersihkan make up lipstick

Apakah Anda sering menggunakan makeup termasuk lipstick? Alasan bibir menjadi gelap bisa jadi karena Anda kurang memperhatikan penggunaan lipstick. Jadi, bekas lipstick, khususnya lipstickmatte bisa menumpuk dan menyebabkan bibir terlihat semakin gelap. Karena itu, mulai sekarang, ketika membersihkan makeup, usahakan untuk membersihkan secara menyeluruh, termasuk pada area bibir. Selain itu, sebaiknya pilih produk lipstick yang komposisinya aman bagi bibir sehingga tidak menyebabkan alergi.


3. Sering menjilat bibir / membasahi bibir dengan liur

Walaupun sepintas menjilat bibir dirasa akan membuat bibir terasa basah dan lembab, nyatanya hal ini justru sebaliknya. Bibir yang sering dibasahi menggunakan air liur justru akan semakin mudah kering dan lama-kelamaan terlihat gelap. Karena itu, daripada menggunakan air liur untuk membasahi dan melembabkan bibir, gunakan lipbalm atau produk pelembab bibir bervitamin lainnya.


4. Dehidrasi dan Anemia

Kekurangan cairan atau dehidrasi dan anemia merupakan beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan bibir terlihat pucat dan tidak menarik. Karena itu, mengatasi masalah kesehatan tersebut juga secara tidak langsung dapat meminimalisir masalah pada bibir. Namun, pengobatan kimia juga dapat membuat bibir terlihat gelap. Karenanya, cara alami untuk mengatasi masalah kesehatan maupun memerahkan bibir perlu dipertimbangkan.


5. Radiasi sinar matahari

Sinar UV langsung tidak hanya berdampak kurang baik bagi kulit. Sinar matahari langsung juga kurang baik bagi bibir. Selain dapat menyebabkan bibir menjadi gelap dan pucat, bibir yang tidak terlindungi juga akan menjadi kering dan bahkan terkena gangguan kesehatan seperti halnya pada kulit.

Tips kecantikan bibir merah dari blog tips kecantikan ini akan memberikan cara khusus buat anda yang ingin tampil dengan bibir yang indah dan mempesona. Ada cara alami yang bisa dilakukan, selain meninggalkan kebiasaan buruk anda seperti di atas.

1. Menggunakan minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitun sebagai bahan alami kecantikan wanita sudah bukan rahasia lagi, soalnya minyak zaitun ini sudah digunakan secara turun temurun dari nenek kita dulu. Salah satu manfaat minyak zaitun adalah mengembalikan warna merah pada bibir ke bentuk semula.

Caranya mudah saja yaitu dengan sering mengolesi bibir atau membasahi bibir dengan minyak zaitun. Saat yang terbaik untuk mengolesi bibir adalah dengan menggunakannya pada malam hari menjelang tidur.

2. Memerahkan bibir dengan madu asli

Madu adalah bahan alami yang terbukti untuk berbagai keluhan kecantikan dan kesehatan. madu,terutama yang murni menjadi bahan ampuh dalam memerahkan bibir. cara kerjanya sama seperti minyak zaitun, begitu juga cara penggunaannya pada bibir, sama saja seperti menggunakan minyak zaitun.


3. Memerahkan bibir dengan ubi merah

Bahan alami lain untuk tips kecantikan bibir merah alami adalah ubi merah. Ubi merah diketahui mempunyai pigmen merah yang mampu bermanfaat untuk memerahkan bibir hitam atau coklat.

Caranya yaitu dengan menghaluskan ubi merah, dan kemudian menjadikannya sebagai masker bibir, oleskan masker ubi merah pada bibir saat hendak tidur.


4. Memerahkan bibir dengan jeruk nipis

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan vitamin-vitamin lainnya bisa dimanfaatkan untuk membantu membuat bibir terlihat merah alami. Kandungan zat dalam buah ini juga akan membantu regenerasi sel sekaligus membuat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan bibir gelap lebih mudah terangkat. Untuk mendapatkan manfaat dari bahan ini, Anda hanya perlu memanfaatkan sekitar 2-3 sdm air perasan lemon. Air perasan tersebut bisa dicampurkan dengan 1 sdm madu sebelum digosokkan pada area bibir selama sekitar 20 detik secara searah. Sebelum dibilas menggunakan air bersih, bibir yang diolesi bahan ini harus dibiarkan selama kurang lebih 15 menit.


5. Memerahkan bibir dengan Lidah Buaya

Kandungan aloesin dan polifenol dalam aloevera atau lidah buaya akan mengatasi masalah pigmentasi pada area bibir. Selain itu, nutrisi dalam gel lidah buaya juga akan menutrisi bibir sekaligus meremajakan jaringan kulit bibir. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu mengambil beberapa gel bening dari daun lidah buaya. Gel tersebut digosokkan ke area bibir kemudian dibiarkan hingga terasa mengering. Selanjutnya, bersihkan bibir menggunakan air hangat. Kebiasaan ini bisa dilakukan setiap hari hingga bibir terlihat merah alami.


6. Memerahkan bibir dengan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang mengandung curcuminoid. Zat ini bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan produksi kolagen pada area kulit, dalam hal ini bibir. Dengan begitu, kulit menjadi terlihat lebih cerah dengan tone warna asli bibir. Cara praktis yang bisa dilakukan dengan bahan kunyit adalah dengan mengambil bubuk kunyit sekitar 1 sdm dan mencampurnya dengan menggunakan madu. Setelah menjadi campuran mirip krim atau adonan pasta, Anda bisa mengoleskan hasil campuran tersebut ke seluruh permukaan bibir sambil dipijat lembut. Sebelum dibersihkan menggunakan air hangat, Anda perlu membiarkannya selama sekitar 15 menit terlebih dahulu.


7. Memerahkan bibir dengan Minyak atau santan kelapa

Minyak kelapa atau santan kelapa yang di dalamnya mengandung vitamin E bisa dimanfaatkan untuk membantu memerahkan bibir sekaligus membuatnya terasa lebih lembab. Anda cukup mengambil ½ - 1 sdt minyak atau santan kelapa kemudian mengoleskannya ke area bibir sambil dipijat lembut. Setelah dirasa merata, bibir dibiarkan selama sekitar 15 menit. Untuk membilasnya, Anda harus menggunakan air hangat. Anda tidak perlu mengelap bibir karena sensasi lembab dapat langsung dirasakan setelah proses ini. Minyak zaitun dan minyak almond bisa menjadi alternatif jika tidak ada minyak kelapa.

Baca juga: 4 Tips Cepat Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami


8. Memerahkan bibir dengan Jus mentimun

Apabila di kulkas Anda masih ada persediaan mentimun, bahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu memerahkan bibir hingga terlihat merah alami. Anda hanya perlu menghaluskan buah mentimun dengan cara diblender. Untuk mengaplikasikan hasil blender mentimun tersebut ke area bibir, Anda bisa menggunakan jari yang bersih atau cottonball. Sebelum dibersihkan, Anda harus membiarkannya selama sekitar 20-30 menit. Hasil dari cara alami ini akan terlihat setelah 15-20 hari.


9. Memerahkan bibir dengan Baking Soda

Baking soda juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi bibir gelap. Selain mempersiapkan 1 sdt bahan ini, Anda juga perlu mempersiapkan bahan lain yaitu air, minyak zaitun atau lipbalm. Anda juga perlu menyiapkan alat berupa sikat gigi. Pertama, baking soda yang dicampur dengan air hingga menjadi adonan diaplikasikan ke bibir menggunakan sikat gigi. Setelah digosokkan berkali-kali selama 2-3 menit, bibir dibersihkan dan dilap dengan handuk bersih. Lipbalm atau minyak zaitun kemudian dioleskan ke area bibir secara menyeluruh.


10. Memerahkan bibir dengan Minyak mawar

Selain memiliki aroma yang harum, bunga mawar maupun minyak mawar bisa dimanfaatkan untuk membantu memerahkan bibir. Jika menggunakan bunganya, Anda harus merendam sekitar 5 helai bunga mawar ke dalam 50 ml campuran madu dan air. Madu dan air ini bisa digantikan susu jika tidak ada. Setelah direndam selama sekitar 1 jam, semua bahan diblender hingga halus. Bahan yang diblender tersebut bisa dioleskan ke seluruh area bibir hingga merata. Setelah dibiarkan selama sekitar 15 menit, Anda bisa membersihkan bibir menggunakan air hangat. Kebiasaan ini bisa dilakukan 2 kali, yang salah satunya sebelum tidur.

Itula beberapa cara memerahkan bibir dengan menggunakan bahan alami. Tips kecantikan bibir merah ini harus di barengi dengan usaha anda dalam menghentikan kebiasaan buruk anda seperti merokok, atau menjilat bibir dengan air liur anda sendiri. Kemudian baru terapkan cara-cara ini secara rutin dan lihat hasilnya setelah 2 minggu.
Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Permanen Reviewed by Dunia Tips Kita on 9:07 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.