Top Ad unit 728 × 90

5 Langkah Awal Untuk Buka Usaha Sendiri

Memanfaatkan sebuah peluang usaha bisnis di sekitar kita memang gampang-gampang susah. Apalagi bagi pemula yang memang minim akan pengalaman dan pengetahuan. Namun terkadang modal nekat dalam membuka sebuah bisnis usaha banyak yang jadi juga. Nah beberapa fenomen aini sangat banyak kita temui di sekitar kita. Oleh karena itu di artikel kali ini kami mencoba membahas bagaimana sih langkah-langkah efektif dalam memanfaatkan peluang bisnis dan untuk segera membuka usaha? dengan beberap alangkah yang sudah kita rencanakan maka InsyaAllah kita akan lebih mudah untuk menjalaninya.

1. Menentukan Ide Usaha Anda

Jelas ini merupakan sebuah hal yang sangat prinsip dan krusial. Membuka sebuah bisnis tanpa dengan ide dahulu sepertinya mustahil ya? :) nah maka ide usaha menjadi salah satu penentu dalam perjalanan bisnis Anda kedepan nantinya. Bagaiman menentukan sebuah ide bisnis supaya oke dan enak kedepan nantinya. Selaraskan antara ide dengan pengalaman atau keahlian Anda. Apa sih kemampuan kita saat ini? apa sih hobi/kegemaran kita saat ini? apakah kita suka akan kuliner? apakah kita suka akan dunia pemasaran/marketing?. Nah semua insyaAllah akan berjalan lebih baik jika ide-ide bisnis itu sejalan dengan keahlian dan kemampuan kita, minimal hobi ayau kegemaran kita walau minim akan kemampuan/keahlian saat ini.

2. Jadikan Hobi Anda Sebagai Awal Usaha Anda

Yah, hobi adalah sesuatu kegiatan yang Anda sukai atau senangi. Memulai usaha dari sebuah hobi adalah pilihan tepat karena anda tidak akan bosan melakukannya. Yang pertama Anda akan dengan senang hati melakukan hobi, yang kedua jika anda hobi anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah maka itu akan menjadi poin penting untuk dikebangkan. Pilih hobi anda yang bermanfaat dan memiliki nilai jual.

3. Membuat Perencanaan Usaha (Business Plan)

Usaha atau bisnis yang sudah direncanakan akan mempermudah dalam menjalankan bisnis tersebut, karena kita sudah mengetahui apa saja yang diperlukan dari sisi modal kerja, pemasaran dan lain sebagainya. Perencanaan bisnis (business plan) sangat penting dan harus dan tidak boleh tidak (menurut kami lho :) ). Entah itu usaha Anda mikro sekalipun, sebuah perencanaan bisnis itu sangat penting. Terkadang dalam memenuhi kebutuhan usaaha banyak orang yang meremehkan akan perencanaan bisnis ini dan apa yan gterjadi, ketika di tengah jalan semua bisa kacau, anggaran terkadang bisa membengkan dan bahkan bisa kurang, banyak permasalahan yang akan timbul ketika sebuah bisnis itu tidak direncanakan dengan baik.  Apa sih keuntungan membuat business plan? yang pertama adalah arah kemana bisnis akan berjalan sudah kita ketahui sejak awal, yang kedua jelas perkiraan modal dan kebutuhan usaha sudah kita tentukan juga, dan yang tidak kalah penting bahwa pemborosan biaya bisa kita antisipasi disini dan yan gpaling penting dan tidak boleh lupa juga bahwa efisiensi antara waktu, anggaranm dan tenaga dalam menjalankan bisnis tetap terjaga dengan baik. maka business plan harus Anda buat.

4. Survei, Survei dan Survei

Ketika kita mendapatkan peluang bisnis atau usaha yang cukup bagus, maka salah satu langkah yang tidak boleh terlewatkan adalah survei. Biasanya calon pengusaha melakukan hal ini untuk mendapatkan gambaran mengenai apa saja yang sekiranya berpengaruh dalam bisnis usahanya nanti. Salah satu contoh saja, survei lokasi usaha sangat penting, ketika akan membuka usaha lokasi menjadi salah satu hal yang sangat krusial bagi sebagian besa pengusaha, mungkin juga buat Anda bukan? Selain survei lokasi, dalam berbisnis tentu saja pesaing pasti ada dong, maka survei pesaing juga penting disini, bagaimana mereka bsia tumbuh dab berkembang, bagaimanz pelayanan mereka terhadap konsumen dan masih banyak hal lainnya lagi yang bisa di petik dalam survei ini. Lalu selain itu apa saja manvaat survei ini? salah satunya adalah membantu Anda menetapkan target konsumen Anda nantinya, jelas sebuah bisnis usaha harus mengetahui siapa konsumennya nanti. Data informasi yang cukup berharga misalnya pesaing dan lokasi tadi merupakan salah satu manfaat dari survei ini. Intinya langkah survei ini sangat penting dan sebaiknya kita lakukan sebelum kita membuka sebuah bisnis usaha.


5. Action ! Mulailah Buka Usaha Anda

Nah ini salah satu hal yang kadang dimana orang berhenti disini, sudah bersemangat eh tidak action-action juga :). Memang kadang action atau berani membuka usaha itu terasa berat, karena bisa jadi 4 persiapan di awal tersebut tidak dilakukan, bagaimana ketika kita memiliki sebuah peluang bisnis usaha yang bagus tapi tidak punya persiapan, business plan, bisa jadi semua akan berhenti di ide usaha saja dan tidak action-action. Saat membuka usaha memang merupakan saat-saat terberat bagi sebagian orang. Kita harus berjuang keras dan cerdas di periode awal ini. Pemilik usaha sebaiknya harus turut terlibat banyak di awal-awal buka usaha, jangan sekedar duduk manis mengawasi dan menerima report saja. Jika kita bisa ikut terlibat diawal maka kita bisa mengetahui semua hal entah itu kekurangan atau kelebihan dari bisnis usaha yang sedang kita rintis tersebut. Jadi action lah segera insyaAllah dengan niat yang baik akan bisa berjalan dengan cukup baik juga. Semoga Anda sukses !

Itulah 5 langkah awal yang harus diperhatikan dalam membuka suaha sendiri. Peluang usaha atau bisnis yang kita miliki terkadang tidak terlaksana karena kurang cerdik dan pintar kita dalam mensiasati dan mengelolanya. Melalui 5 hal diatas kami harap bisa menjadi referensi bagaimana kita membuka bisbis sendiri. Salam Sukses buat Anda semua.

Semoga Sukses..
5 Langkah Awal Untuk Buka Usaha Sendiri Reviewed by Dunia Tips Kita on 11:49 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.