Tips Cerdas 3 Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) Sederhana

Bisnis usaha kecil menengah (UKM) saat ini menjadi sebuah bisnis yang bayak dicari dan dijalankan oleh banyak orang. Sebuah peluang binsis yang memang banyak jenisnya dan mudah ditemukan di sekitar kita dan tentunya modalnyapun bervariatif mulai dari modal minim sampai modal yang cukup besar. Namun terkadang kita kesulitan kira-kira jenis bisnis apa yang akan kita ambil, oleh karena itu ktia coba mengulas beberapa jenis bisnis usaha kecil menegah (UKM) yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda semua.

Tips Cerdas 3 Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) Sederhana


1. GROSIR AIR MINERAL DAN GAS RUMAH TANGGA

Nah ini merupakan sebuah peluang usaha yang mungkin Anda semua pernah melihatnya dan bisa jadi Anda sering membeli salah satu dari kedua produk diatas. Dua produk ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi rumah tangga, oleh karena itu layak dicoba karena ketika Anda sudah mendapatkan pasarnya bisa jadi bisnis Anda akan lancar jaya.
GROSIR AIR MINERAL

Tips dari bisnis ini adalah Anda harus rajin marketing dan mencari pasar, contohnya silahkan datangke perumahan-perumahan dan sebarkan brosur bahwa Anda bisa menyediakan galon air mineral dan tabung gas bisa di order melalui sms atau telepon atau media lainnya dan diantar sampai ke rumah dengan biaya yang murah misal 2000 rupiah tambahannya. Ini sudah pernah kami lihat di daerah kami, sebuah toko kelonting yang pelanggan air mineral dan gasnya sudah banyak dan hampir setiap hari selalu mengantar ke rumah-rumah penduduk. Jelas ini sebuah ide dan peluang yang cukup bagus untuk membuka bisnis usaha.

Baca juga: Tips Cari Market Bisnis via Internet - Google Keyword Planner ?

2. LAUNDRY BAJU UNIK MENARIK

Apa yang dimaksud laundry baju unk dan menarik? sebenernya tetep sama saja ini adalah bisnis yang juga dibutuhkan banyak orang, berupa jasa mencucikan pakaian orang, namun memang sebaiknya perlu kita bikin unik dan menarik. Bagaimana caranya membuat unik dan menarik? yaitu layanan tambahan dan gratis yaitu antar jemput pakaian yang akan di laundry dengan biaya GRATIS.

Anda bisa menaikan harga sedikit lebih mahal dibanding kompetitor namun dengan layanan antar jemput gratis itu akan membuat Anda berbeda dengan kompetitor. Marketingnya tetep Anda harus menyebar brosur ke semua area perumahan di lokasi sekitar Anda, berikan kontak Anda supaya bisa di hubungi oleh mereka/calon konsumen dengan mudah. Layanan antar jemput GRATIS memebuat usaha laundry Anda lebih menarik dibanding kompetitor, bisa juga menerapkan membership dimana nyuci 20x gratis nyuci 1x, ini juga salah satu strategi yang bagus.

3. BISNIS CUCI MOTOR DAN HELM

Dua jenis bisnis yang ini juga seakan tidak ada matinya. Sebuah peluang usaha yang memang bisa kita pertimbangkan mengingat pertumbuhan motor yang kian hari kian berkembang dan jelas merupakan pasar yang cukup gurih dan sayang jika ditinggalkan.

Helm juga merupakan salah satu bagian terkait dengan motor, jika ada motor maka helm juga akan ada karena syarat memakai motor kan pakai helm juga :). Jadi jika kita mencoba membuka bisnis cuci motor dan cuci helm sekaligus kami rasa akan sangat bagus dan cukup potensial. Lalu permasalahannya bagaimana cara membuka bisnis yang satu ini? Berapa modalnya? Anda hanya modal kompresor dan peralatan cuci motor yang harganya tidak terlalu mahal, dan sekaligus peralatan untuk vakum helmnya.

Yang terpenting disini adalah bagaimana Anda memasarkan bisnis ini, bagaimana mencoba bersaing dengan kompetitor yang sudah ada di pasaran. Memang kita harus cerdik dan kreatif. Anda bisa menambahkan nilai tambah di bisnis Anda yang satu ini. Misalnya cuci 10x gratis 1x cuci atau Anda bisa memberikan hadiah berupa piring payung atau sejenisnya, dengan catatan  keuntugan dari 10x atau berapa kali tersebut sudah bisa menutup dan masih untung ketika Anda harus memberikan hadiah ke konsumen.

Baca juga: Ide dan peluang usaha 2017

Itulah 3 jenis bisnis usaha kecil menengah (UKM) yang sederhana dan patut untuk dicoba. Ada satu hal TIPS CERDAS yang sebaiknya Anda terapkan disini yaitu catat dan kumpulkan data pelanggan berupa nomer telpon/bbm atau email yang sewaktu-waktu Anda bisa broadcast ke mereka semua untuk memasarkan produk Anda sewaktu-waktu. Ketika Anda menerapkan promo, diskon dan lainnya maka dengan mudah Anda berkirim pesan ke semua pelanggan Anda tersebut. Mau? Smeoga sukses !