Top Ad unit 728 × 90

Lebih Dekat Dengan Steer Kemudi F1

Mengemudikan mobil F1 ternyata serumit menerbangkan Pesawat Jet. Sepertinya tidak salah bila ajang lomba Formula 1 sering kali dikatakan sebagai "balapan jet darat". Tak hanya soal kecepatan dan suara layaknya mesin jet, mobil F1 ternyata memiliki steer kemudi yang kompleks bin rumit.



Bayangkan jika kita harus mengamati lampu instrumen dan mengetahui fungsi-fungsi tombol yang berjumlah puluhan dalam steering kemudi yang terbilang kecil, terbilang kecil karena ukurannya hampir setengah dari steer mobil biasa. Tombol yang harus ditekan pembalap pada steer mobil F1 lebih banyak ketimbang kemudi yang dimiliki pilot pesawat Boeing747.




Lingkar kemudi tersebut hanya terdiri dari satu bagian dan dipenuhi instrumen, faktor keselamatan dan teknologi yang canggih untuk mengontrol mobil secara keseluruhan. Bahan steer F1 ini di dominasi serat karbon yang ringan serta dibanderol Rp. 450 juta dan dapat di pasang lepas dalam waktu kurang dari 5 detik dalam keadaan darurat. Harga yang fantastis untuk sebuah steer mobil.

Musim ini steer F1 masih membawa tombol KERS. Yaitu ketika tenaga baterai yang dihasilkan dari pengereman sudah terisi penuh, pembalap dapat menekannya untuk medapatkan tenaga tambahan. Juga ada tombol untuk mengatur sayap belakang guna mendapat daya traksi yang lebih. Tombol radio untuk komunikasi dengan Team Pit dan bahkan tombol untuk minum pembalap.

Nick Heidfield pernah berujar " Setiap tahun setir F1 semakin buruk dengan adanya tambahan tombol dan fungsi steer. Tapi Alonso menimpali bahwa seharusnya pembalap bisa cepat beradaptasi dengan berbagai situasi.








Source: google





Lebih Dekat Dengan Steer Kemudi F1 Reviewed by Dunia Tips Kita on 1:07 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.