Top Ad unit 728 × 90

Cara Menabung Yang Benar Jika Anda Seorang Karyawan

Artikel kali ini duniatipskita.com membahas cara Cara Menabung Yang Benar Jika Anda Seorang Karyawan. Sebenarnya tips ini berlaku bagi semua orang, bahkan untuk adik adik pelajar yang masih minta uang jajan juga bisa menerapkannya atau bagi anda yang masih belum berpenghasilan dapat menjadikannya sebagai wawasan atau pengetahuan.

Jika Anda Karyawan, Pakai Tips Ini Untuk Menabung

Cara Menabung Yang Benar Jika Anda Seorang Karyawan

Tips ini akan dibagi menjadi dua bagian yaitu: Tips Internal yang meliputi dari dalam diri sendiri (penabung) dan Tips Eksternal yang mengacu pada media tabungan dalam hal ini adalah bank. Mengapa di bank?? Yah,, karena menabung di bank lebih aman hhee
Simak pembahasannya lebih rinci di bawah ini.

Tips Internal (Penabung)


Berhati-hati dalam pengeluaran kecil
Bukan berarti pelit ya..pasalnya jaman sekarang orang lebih berhati-hati dalam pengeluaran besar untuk investasi tapi sangat ceroboh dalam pengeluaran kecilnya.

Stop beli barang hanya untuk gaya-gayaan
Lihat saja sekarang ini, makin banyak teman atau tetangga kita yang membeli barang hanya untuk status sosial. Padahal pendapatannya minim. Jadi mulai sekarang kendalikan nafsu anda untuk membeli barang-barang yang tidak berguna.

Bekerjalah lebih keras
Ketahuilah menabung dan bekerja keras adalah kombinasi mematikan untuk menjadi kaya raya, betul kan bro sis...??

Sisihkan tabungan terlebih dahulu, sisanya kebutuhan
Bagi mereka yang belum terbiasa dengan cara ini akan sangat berat melakukannya, kenapa ya...?? Padahal kan walaupun disisihkan lebih dulu, uang tabungan kan tetap milik kita
Sedekah

Ayolah bro sis... paling enggak 1 % saja dari pendapatanmu buat disedekahkan untuk orang di sekitarmu yang tidak mampu, kalo mampu lebih banyak lebih bagus.

Tips Eksternal (Bank)

Tips eksternal ini telah dilakukan oleh Admin sejak mulai bekerja dan sangat effektif untuk menabung. Berikut ilustrasinya.

Pertama
Buatlah tiga rekening bank berbeda, Terserah banknya apa, kalau Admin dulu pakai Bank BPD, Bank BRI, Bank Mandiri. Salah satu rekening bank tersebut merupakan rekening gajian yaitu Bank BPD. Dengan asumsi bahwa:

Bank BPD : Tempat gaji masuk dan kebutuhan mendesak...ingat ya...mendesak, bukan termasuk beli kaos distro atau sepatu sneker. Alasan nya bank ini memiliki potongan biaya paling kecil dibanding bank lain, misal biaya tranfer, biaya bulanan, atm gratis dll.

Bank BRI : Rekening ini untuk belanja kebutuhan sehari-hari, ingat kebutuhan....bukan gadget baru. Alasannya Bank BRI mendukung banyak fasilitas pembayaran misal, PLN PDAM Pulsa, dan banyak lagi udah lupa...silakan cek sendiri di menu atm.

Bank Mandiri : Murni tabungan untuk masa depan dan investasi pasti, misal deposito dan properti. Dan Tidak bisa diutak atik selain untuk kebutuhan investasi pasti. Alasannya memiliki beberapa program investasi menarik dengan keuntungan tinggi misal tabungan rencana, dan deposito. (Admin sudah tidak ikut, sekarang hanya sebagai tabungan)

Kedua
Saat gaji masuk ke Bank BPD, Admin transfer ke Bank BRI sebesar 30% dan transfer 40% ke Bank Mandiri untuk tabungan. Sisanya 30 % di Bank BPD untuk kebutuhan mendesak atau jika tabungan untuk kebutuhan sehari hari melebihi batas maka akan di ambilkan dari Bank BPD. Persentase pembagian silakan disesuaikan dengan besarnya gaji.

Ketiga
Pada saat akhir bulan menjelang gajian berikutnya, cek sisa saldo Bank BPD, jika masih ada sisa, dan kebutuhan masih bisa dicukupi dari rekening Bank BRI, maka Sisa saldo dari Bank BPD akan Admin transfer ke Bank Mandiri untuk tambahan tabungan. Sedangkan jika ada sisa di Bank BRI (kadang ada sisa, kadang juga ludes) akan admin biarkan mengendap bersama sisa sisa bulan berikutnya hingga akhir tahun buat belanja keperluan sekunder (baju, sepatu, celana atau upgrade gadget)

Artikel ini berdasarkan pengalaman Admin duniatipskita.com dan masih berjalan hingga sekarang.
Terimakasih telah berkunjung dan semoga Cara Menabung Yang Benar Jika Anda Seorang Karyawan memberikan manfaat bagi anda semua...Amiin.

Baca juga:

4 Tips Manajemen Waktu Untuk Para Pengusaha Kecil Menengah
3 Tips Jitu Bisnis Usaha Pangkas Rambut dan Strateginya
Jenis Usaha Dengan Modal Mobil Pick-Up





Cara Menabung Yang Benar Jika Anda Seorang Karyawan Reviewed by Dunia Tips Kita on 11:52 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.