Top Ad unit 728 × 90

Taman New Balekambang, Taman Ikonik Dunia

Taman New Balekambang, Taman Ikonik Dunia


Pada artikel kali ini duniatipskita.com mengulas tips liburan yaitu Taman New Balekambang, simak terus ya..



Taman dengan konsep 1001 Selfie


Menyambangi berbagai bangunan ikon dunia tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun tak semua orang bisa mewujudkan mimpi itu. Keterbatasan dana dan waktu terkadang menjadi ganjalan untuk mengunjunginya satu per satu. Tapi, di Taman New Balekambang Tawangmangu, Karanganyar, deretan monumen dari berbagai penjuru dunia tersebut berkumpul di satu tempat.

Ya, Taman New Balekambang yang terletak tak jauh dari Grojogan Sewu punya sejumlah miniatur bangunan ikon dunia. Sebut saja patung Piramida dan Sphinx dari Mesir serta Menara Eiffel dan Monumen Arc De Triomphe Paris, Perancis. Selain itu ada patung Merlion Singapura, Tembok Besar Beijing, Tiongkok, Candi Borobudur, Magelang, Bukit Hollywood, Los Angeles, Amerika hingga Menara Pisa dan Koloseum, Roma Italia.




Seluruhnya berukuran mini sehingga sekali melangkah, pengunjung serasa sudah berpindah negara. Miniatur ikon dunia tersebut kini tengah hits di berbagai media sosial. Sejumlah pengunjung mengunggah  foto tengah selfie di depan bangunan monumental versi mini itu. Supervisor TamanNew Balekambang, Yohanes Danang, menyebut konsep 1001 selfie sengaja diusung sejak akhir 2015 lalu.


"Konsepnya memang 1001 selfie, jadi pengunjung diajak berfoto di deoan miniatur ikon dunia. Sebelumnya kami hanya menyajikan tujuh bangunan keajaiban dunia, kemudian jumlahnya terus bertambah." ungkapnya. Ada Pula background foto Gunung Fuji lengkap dengan Torii alias gerbang tradisional khas Jepang. "Seluruh dinding Taman New Balekambang bisa jadi tempat selfie. Kami juga menyajikan kampung tradisional lengkap dengan gerobak sapi dan lumbung kuno, serta lesung dan sawahnya." ucap Danang.

Baca juga: Tempat menarik di Solo yang wajib dikunjungi

Tiket masuk untuk berfoto di Taman New Balekambang dipatok senilai Rp. 12.000 per orang pada saat low season dan tarif naik menjadi Rp. 15.000 pada High season seperti momen Lebaran dan Natal. Tiket berbeda berlaku untuk berbagai atraksi di dalam area taman, misalnya paint ball, flying fox dan high rope. Fasilitas lain yakni sewa kendaraan outdoor, seperti ATV, sepeda lipat dan sekuter. Seluruhnya punya area sendiri, lengkap dengan petunjuk safety riding.

Santai Sejenak di Wana Wisata Sekipan


Tak jauh dari Taman New Balekambang, pengunjung bisa singgah sejenak di Wana Wisata Sekipan. Objek yang terletak di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar ini berada di ketinggian 1.100 meter. Suasana kaki pegunguan yang segar dan dingin langsung menyambut badan, kali pertama memasuki area. Pohonpinus yang tinggi menjulang menjauhkan tubuh dari sengatan panas matahari.

Saat berkunjung di tempat ini, tak banyak pengunjung terlihat. Mayoritas pengunjung datang saat akhir pekan untuk kemping di kaki gunung atau menghelat malam keakraban (makrab).

Fasilitas yang tersedia di Wana Wisata Sekipan antara lain bumi perkemahan, vila, aula, kamar mandi, musola, dan sejumlah warung. Vila dapat digunakan bagi mereka yang enggan bermalam di tenda. Tiket masuk pengunjung dipatok Rp. 6000 per orang, sedangkan untuk yang berkemah diminta tarif Rp. 10.000 per malam. Sementara sewa vila per malam per unit Rp. 400.000 (sudah termasuk asuransi).

Baca juga: Tempat Wisata Menarik Yang Wajib Dikunjungi Di Karanganyar

Berdasarkan sejarah Wana Wisata Sekipan dulu bernama Sekarjinggo. Puluhan tahun lalu tempat tersebut menjadi lokasi berburu bagi para raja dan pangeran dari Keraton Surakarta dan Para Mangkunegaran. Setelah Indonesia Merdeka, hutan Sekipan dijadikan tempat latihan menembak sniper dan skiiper sehingga masyarakat setempat menyebutnya Sekipan. Objek menarik lain adalah situs peninggalan zaman belanda berupa bangunan untuk menyimpan air. Bangunan ini kerap disebut sebagai Candi Sekarjinggo.

Saat ini pengelola tengah menyiapkan rangka-rangka bambu untuk dibangun tenda permanen layaknya rumah kecil di tengah hutan pinus, dan ditargetkan selesai pada Agustus 2016 mendatang. Bagi pengunjung yang ingin singgah, cukup arahkan kendaraan dari Taman New Balekambang ke arah Cemoro Sewu. Sebelum tiba di persimpangan, ikuti papan petunjuk dan belok ke kanan hingga mendapati hutan pinus di ujung jalan.

Selamat berlibur...:)
Taman New Balekambang, Taman Ikonik Dunia Reviewed by Dunia Tips Kita on 9:32 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.