Top Ad unit 728 × 90

Cara Alami Mencegah Asma dengan Buah-buahan

Cara Alami Mencegah Asma dengan Buah-buahan. Siapa yang tidak mengenal penyakit asma? Bagi kita yang tidak pernah mengalami, mungkin kita menganggap remeh penyakit satu ini. Namun jangan salah, penyakit ini memiliki risiko yang cukup berbahaya bagi nyawa penderitanya.

Mencegah asma dengan buah


Penyakit asma merupakan penyakit yang menyebabkan kesulitan bernafas. Kesulitan pernafasan yang dialami penderita asma disebabkan karena saluran pernafasan atau disebut dengan bronkus memiliki gangguan. Gangguan ini disebabkan oleh meradangnya bronkus dan terdapat sumbatan berupa lendir pada bronkus. Saluran pernafasan pada penderita asma umumnya hipersensifit terhadap alergen. Alergen merupakan pemicu alergi. Setiap orang umumnya memiliki hipersensitif terhadap alergen yang berbeda-beda. Dapat berupa alergi terhadap debu, alergi terhadap polusi udara, alergi terhadap bau-bauan menyengat atau tajam, dan sebagainya. ketika penderita asma terpicu terhadap alergen akan menyebabkan timbulnya radang atau sumbatan pada saluran pernafasan. Kemudian yang terjadi adalah kesulitan bernafas.

Cara Alami Mencegah Asma dengan Buah-buahan


Tindakan penanganan terhadap penyakit ini penting untuk dilakukan. Hal ini mengingat akan risiko berbahaya yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Penderita asma ketika mengalami kesulitan bernafas akan berisiko kehilangan pasokan oksigen untuk memompa jantung. Hal terparah yang dapat terjadi adalah jantung akan berhenti berdetak. Bahaya risiko yang ditimbulkan membuat kita perlu waspada terhadap penyakit ini. hal yang dapat kita lakukan adalah mencegah agar diri kita terhindar dari penyakit ini.

Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari penyakit asma adalah mengonsumsi buah-buahan yang dapat menurunkan risiko penyakit asma. Di antaranya yaitu:


1. Mencegah Asma dengan buah Pisang


Pisang merupakan buah tropis yang dapat kita peroleh dengan mudah di lingkungan sekitar kita. Buah pisang termasuk ke dalam buah populer sebagi buah pencuci mulut. Rasanya yang manis dengan daging buah yang mudah dicerna menjadikan buah ini sebagai buah terfavorit. Buah pisang bahkan dapat menurunkan kadar risiko terhadap penyakit asma. Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa orang yang gemar makan buah pisang. Setidaknya satu buah setiap hari akan terhindar dari risiko penyakit asma sebanyak 34% dari pada mereka yang tidak mengonsumsi buah pisang sama sekali. Persentase ini tentu termasuk kedalam kategori tinggi. mengingat buah pisang bukanlah bahan yang tidak enak untuk dikonsumsi. Mengingat bahwa orang banyak berasumsi bahwa obat akan terasa tidak mengenakkan untuk dikonsumsi. Mengonsumsi buah lezat satu ini ternyata mampu menekan risiko penyakit asma dengan cukup signifikan.


2. Mencegah Asma dengan buah Kiwi


Buah kiwi dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin C. Namun sayangnya buah kiwi tidak banyak dikenal sebagai buah yang dapat mencegah penyakit asma. buah berwarna coklat dan berdaging buah hijau ini ternyata mampu mencegah bahkan mengatasi penyakit asma. Bagi orang yang ingin terhindar dari penyakit asma cukup mengonsumsi satu hingga dua buah kiwi setiap harinya. Bagi orang yang telah menderita penyakit asma dapat mengonsumsi dua hingga tiga buah kiwi setiap harinya. Buah lezat satu ini dapat mengurangi gejala asma berupa batuk-batuk tak kunjung berhenti serta mengurangi intensitas kambuh asma berupa sesak nafas. Penderita asma yang sering kambuh asma sangat disarankan untuk mengonsumsi buah kiwi ini agar tidak terjadi kambuh secara terus menerus. Mengonsumsi buah kiwi secara kontinyu bahkan dapat membuat penyakit asma pergi dari kehidupan Anda.


3. Mencegah Asma dengan buah Cermai


Buah lezat berikutnya adalah buah cermai. Buah ini memiliki warna merah segar dan beraroma wangi. Buah ini terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan rasanya yang masam. Buah cermai yang dikonsumsi untuk mencegah penyakit asma adalah buah cermai yang telah masak. Buah cermai selain dapat mencegah penyakit asma juga dapat mengatasi penyakit asma secara ampuh. Manfaat buah cermai untuk penyakit asma adalah mengatasi radang saluran pernafasan yang membuat sesak nafas. Cara memanfaatkan buah cermai untuk mencegah dan mengatasi penyakit asma cukup mudah. Yaitu dengan cara merebus buah cermai yang telah masak dengan air hingga mendidih. Cermai yang digunakan sekitar 30 butir dengan air bersih sebanyak 400 ml. Rebus hingga menjadi separuh atau setara dengan 200 ml. Minum air rebusan buah cermai ini setelah menjadi dingin. Rasa air rebusan buah cermai ini segar jadi jangan khawari bagi Anda yang phobia terhadap rasa pahit. Anda bahkan boleh menambahkan madu sebagai perasa manis alamui. Madu bahkan dapat membantu mengatasi penyakit asma dengan cara mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernafasan.

Semoga Tips Cegah Asma dengan Buah-Buahan di atas dapat bermanfaat untuk anda.
Salam sehat duniatipskita :)


Baca juga:

5 Resiko Kesehatan Jika Kurang Minum

Tips Mudah Menghilangkan Depresi Keras

Tips Merawat Kaki Dimusim Hujan
Cara Alami Mencegah Asma dengan Buah-buahan Reviewed by Dunia Tips Kita on 3:05 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.