Top Ad unit 728 × 90

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut


Kesehatan mulut dan gigi menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Karena mulut yang tidak sehat akan berpengaruh pada gigi, begitu pula sebaliknya. Contohnya ketika gigi berlubang. Gigi yang berlubang biasanya mengeluarkan bau yang tidak sedap disebabkan adanya infeksi atau tumbuhnya kuman di dalam gigi tersebut. Dan nantinya hal itu akan mengakibatkan bau mulut yang tentu tidak nyaman bagi diri sendiri dan orang lain.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sendiri sebenarnya sangat mudah, namun hal ini memang sering diabaikan oleh sebagian besar masyarakat.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut


Pentingnya Menjaga Kesehatan gigi dan Mulut


Padahal dampak dari kelalaian menjaga kebersihan mulut dan gigi ini bisa besar, mulai dari rasa sakit gigi hingga bau mulut yang mengancam kepercayaan diri. Bagi orang tua, sebaiknya mulai membiasakan anak-anak sejak dini untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut mereka, agar nantinya tidak susah untuk membentuk kebiasaan membersihkan gigi dan mulut saat dewasa.


Menjaga kebersihan gigi


Gigi merupakan alat untuk mengunyah makanan serta bagian yang akan selalu dilewati oleh berbagai zat bahan makanan dan minuman. Karenanya gigi akan mudah sekali kotor dan terpengaruh oleh zat makanan seperti gula dan enzim makanan lainnya. Jika tidak dibersihkan maka zat-zat tersebut akan menempel pada gigi dan menyebabkan beberapa kerusakan seperti warna gigi yang menguning hingga gigi mengeropos.


Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kebersihan gigi :


Rajin menggosok gigi, minimal 2 kali sehari. Menggosok gigi dipercaya bisa membuang sisa-sisa makanan di gigi. Gunakan sikat gigi yang bulu sikatnya lembut serta bentuknya sesuai dengan kontur gigi. Gunakan pula pasta gigi terpercaya yang ampuh membunuh kuman di gigi serta menyegarkan mulut

Gunakan dental floss, yang merupakan benang gigi untuk menjangkau sisa-sisa makanan di bagian sela gigi. Karena sikat gigi agak susah untuk membersihkan secara maksimal daerah sela-sela gigi tersebut. Penggunaan dental floss ini sebelum melakukan sikat gigi

Berkumur-kumur setelah makan, karena bisa mengangkat kotoran atau sisa makanan yang ada di sela-sela bagian dalam mulut. Berkumur juga bisa mengangkat sisa makanan yang masuk ke bagian gigi berlubang

Menggosok gigi sebelum tidur, karena saat tidur justru kuman atau bakteri akan aktif bekerja dan mengeluarkan enzim yang bisa merusak gigi. Selelah apa pun usahakan untuk selalu menggosok gigi sebelum tidur, agar bakteri dan kuman sisa makanan tidak sempat merusak gigi.

Baca juga: Cara menghilangkan karang gigi dengan bahan alami


Cara menjaga kebersihan mulut


Selain kebersihan gigi, mulut juga harus mendapat perawatan yang maksimal. Karena bau mulut ternyata tidak hanya diakibatkan oleh gigi yang kotor, tapi juga kebersihan mulut yang kurang terjaga. Selain itu sariawan serta bibir pecah-pecah juga lebih sering diakibatkan oleh mulut yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat mulut lebih bersih dan meminimalisir bau mulut yang tidak sedap :

Berkumur dengan antiseptic
Berkumur dengan obat kumur, selain membersihkan plak yang menempel pada gigi, obat kumur juga bisa memberikan kesegaran dan wangi pada mulut

Membersihkan Lidah
Gunakan pembersih lidah, karena bau mulut sebagian besar justru diakibatkan oleh banyaknya kuman atau bakteri yang berada pada permukaan lidah. Gunakan alat pembersih lidah ini untuk menggosok lidah secara perlahan. Usahakan tidak menggosok lidah dengan keras karena takutnya bisa merusak sensitivitas lidah.


Tips menjaga kebersihan gigi dan mulut


Gigi memiliki peranan untuk mencerna makanan sehingga gigi yang sehat sangat diperlukan agar makanan bisa tercerna dengan baik. Begitu pula mulut harus dalam kondisi prima untuk mengolah makanan tersebut. Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, maka milikilah beberapa kebiasaan baik berikut :

1. Melakukan check up 6 bulai sekali ke dokter gigi

Dengan melakukan pemeriksaan rutin maka akan lebih mudah untuk mengetahui jika ada gangguan pada gigi atau mulut. Sehingga penanganannya pun bisa dilakukan lebih awal.

Biasanya orang malas ke dokter gigi karena memiliki mindset mengerikan tentang dokter gigi ini. Bagi orang dewasa, sebaiknya segera hilangkan pikiran buruk ketika pergi ke dokter gigi, dan bagi anak-anak, maka tugas orang tua untuk memperkenalkan dokter gigi secara menyenangkan agar mereka tidak takut.


2. Menjaga kebersihan alat kesehatan gigi

Seperti mengganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali. Gunakan pula sikat gigi yang memiliki penutup sehingga lebih terlindungi dari udara luar yang kotor.


3. Kurangi konsumsi makanan yang mudah merusak gigi

Seperti terlalu sering memakan makanan manis atau makanan yang terlalu asam. Karbohidrat dan gula pada makanan manis bisa membuat gigi mudah keropos. Sedangkan keasaman makanan yang terlalu tinggi bisa menyebabkan rasa ngilu pada gigi dan merusak email gigi. Hindari pula makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin.


Semoga dapat bermanfaat. Salam sehat selalu :)



Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Reviewed by Dunia Tips Kita on 5:44 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.