Top Ad unit 728 × 90

Inilah Asupan dan Jenis Makanan Penting pada Masa Kehamilan

Duniatipskita. Setiap wanita pasti akan memiliki keinginan untuk menjadi ibu, dan tentunya bagi para calon orangtua sangat ingin memberikan yang terbaik untuk calon buah hatinya. Hal tersebut tentu dapat dimulai dari sejak mengandung cabang bayi dalam rahim. Untuk memberikan yang terbaik bagi caol buah hati anda, konsumsi makanan yang bergizi dan juga bervitamin tinggi adalah pilihan yang tepat. Meksi semua makanan memiliki manfaatnya masing-masing, namun asupan gizi untuk ibu hamin tentunya perlu diperhatikan dengan baik, karena bukan hanya untuk menjaga kesehatan bayi, tetapi juga untuk membuat ibu menjadi lebih sehat dan nutrisinya tercukupi.

Inilah Asupan Makanan Penting pada Masa kehamilan


Oleh karena itu, berikut akan dibahas mengenai asupan makanan penting masa kehamilan.

Beras Merah

Beras merah

Mengganti asupan karbohidrat yang biasanya identik dengan beras putih ke beras merah juga dapat menjadi pilihan yang pas. Pada ibu yang sedang mengandung, mengkonsumsi beras merah ternyata juga memiliki manfaat yang baik yaitu menurunkan kolestrol dalam darah. Beras merah juga memiliki kandungan EPA dan DHA yang dapat membantu perkembangan janin agar menjadi sehat. Ada pula kandungan B1 pada beras merah yang ternyata berkhasiat mencegah bayi terserang penyakit beri-beri.

Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Sudah sering diketahui bahwa kacang-kacangan memiliki serat dan juga rendah kolesterol. Salah satu jenis kacang-kacangan yang juga kaya serat dan baik untuk ibu hamil adalah kacang hijau. Kacang hijau baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan serat yang cukup memenuhi untuk kebutuhan tubuhm selain itu kacang hijau juga memiliki kandungan lemak yang baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh. Yang ter[enting dalam mengkonsumsi kacang hijau adalah kacang ini juga memiliki kandungan asam folat yang cukup baik, hingga dapat mendukung perkembangan janin dalam rahim untuk tumbuh dengan baik.

Baca juga: Mengatasi flek yang timbul pada masa kehamilan

Selain kacang hijau ada jenis kacang-kacangan lainnya yang juga bermanfaat untuk ibu hamil, yang juga memiliki kandungan asam folat yang baik untuk perkembangan cabang bayi. Jenis kacang ini adalah kacang kedelai yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk susu. Protein nabati yang berada pada susu kedelai ternyata memiliki beragam kegunaan seperti sebagai sumbe vitamin E, mencegah kelebihan berat badan pada ibu hamil, mengoptimalkan pertumbuhan jaringan otak pada calon bayi dan masih banyak lagi. Untuk ibu hamil akan lebih baik mengkonsumsi susu kacang kedelai yang murni, atau tanpa proses kimiawi dan juga mengandung gula yang tidak banyak, sehingga manfaat susu kedelai dapat dirasakan dengan baik.

Buah-buahan

Buah-buahan

Mungkin tidak semua buah-buahan baik dikonsumsi oleh ibu hamil, namun beberapa diantaranya sangat diwajibkan untuk dikonsumsi di masa kehamilannya. Buah-buahan yang baik untuk kehamilan salah satunya adalah buah kurma. Buah kurma memiliki kandungan yang sangat baik untuk janin dan ibu hamil antara lain kalium untuk mengatasi kram saat kehamilan, zat besi untuk mencegah anemia, kandungan serat yang dapat mencegah sembelit dan juga kurma dipercaya untuk dapat melancarkan asi.

Alpukat juga disebut-sebut sangat baik untu ibu hamil karena memiliki kandungan vitamin B kompleks yang membantu tubuh tercukupi dari asupan penting yang dibutuhkan seperti asam folat dan vitamin B9. Buah alpukat juga dapat menjadi asupan penambah energi yang baik untuk ibu hamil karena adanya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal.

Baca juga: Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim dengan aman

Buah selanjutnya yang merupakan asupan makanan penting pada masa kehamilan adalah buah pisang. Pisang dapat menjadi sumber karbohidrat yang bagus karena memiliki kandungan gula alami. Selain itu pisang juga dapat membantu ibu hamil terhindar dari penyakit diare ataupun sembelit yang menyerang. Yang terpentingnya lagi dalam buah pisang juga terkandung asam folat yang sangat baik dan dibutuhkan dalam masa kehamilan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Buah yang terakhir yang juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah apel. Apel terkenal dengan kandungan seratnya yang baik untuk pencernaan. Selain itu ternyata apel juga sangat baik untuk mencegah terjadinya darah tinggi pada ibu hamil. Apel juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mencegah diabetes pada ibu hamil, yang tentunya sangat berkhasiat.

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran

Untuk sayuran ibu hamil dapay mengjkonsumsi bayam yang menganding vitamin B9 selama masa kehamilan. Dengan rutin mengkonsumsi bayam, tentunya akan memberika manfaat yang baik untuk calon buah hati anda yaitu untuk meningkatkan memori dan mengoptimalkan pembentukan otak anak anda. Selain bayam ada pula brokoli yang juga baik untuk perkembangan dan kesehatan otak. Hal ini karena brokoli mengandung vitamin C, antioksidan dan juga betakaroten yang bagus untuk otak anda dan juga perkembangan otak si cabang bayi.

Telur

Telur

Menurut penelitian terdapat hasil bahwa dalam telur terdapat kandungan kolin yang dapat meminimaliris stress pada ibu hamil serta dapat pula mengoptimalkan perkembangan otak pada janin di dalam kandungan. Untuk proses pengolahannya disarankan untuk memperhatikan cara pematangan yang tepat dengan memperhatikan tingkat kematangan telur, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Cara memasaknya juga dapat dilakukan dengan cara merebus atau dibuat sebagai telur dadar, namun cara merebus akan lebih baik karena kemungkinan kandungan vitamin yang ada pada telur masih terjaga dengan baik.

Ikan

Ikan

Mengkonsumsi ikan juga memiliki pengaruh yang baik untuk ibu hamil, hal ini karena ikan dapat membantu pemenuhan omega -3 yang sangat diperlukan ibu hamil. Selain itu ada pula kandungan protein dan mineral yang juga bagus untuk pertumbuhan janin. Beberapa ikan yang direkomendasikan adalah seperti ikan salmon, ikan kembung dan ikan sarden. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa ikan salmon lebih aman dikonsumsi ibu hamil dibandingkan ikan kakap, karena ikan salmon memiliki kandungan merkuri yang lebih sedikit.

Baca juga: Olah raga yang boleh dilakukan ibu hamil dan manfaatnya

Selain itu untuk pengolahannya pastikan untuk menghindari konsumsi kulit ikan bagian terluar dan kepalanya, hal ini karena masih adanya kemungkinan zat yang kurang baik yang menempel di kulit ikan. Jadi, ada baiknya memilih ikan yang sudah di fillet dan disajikan dengan tingkat kematangan yang baik, hindari konsumsi susgi terlebih dahulu dalam masa kehamilan karena kemungkinan besar masih terdapat bakteri alami pada ikan dan dapat menyebabkan efek negatif yang terjadi pada janin.

Yoghurt

Yogurt

Makanan penting saat kehamilan selanjutnya adalah yoghurt yakni hasil fermentasi yang disebabkan oleh bakteri laktobacillus pada susu yang mengandung protein untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu yoghurt juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang, serta prebiotik yang juga dapat mengontrol asupan makanan yang mengandung zat berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Untuk konsumsinya disarankan untuk tidak memilih yoghurt dengan perasa atau pewarna tertentu untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan pada kehamilan karena adanya campuran bahan kimia.

Baca juga: Cara mengetahui kehamilan sejak dini secara mandiri

Itulah asupan makanan penting saat kehamilan yang dapat menjadi alternatif konsumsi makanan sehari-hari selama masa kehamilan. Memilih makanan yang tepat dan juga sehat tentunya bukan hanya membuat calon ibu sehat tetapi juga dapat membawa calon bayi agar lahir dengan selamat dan sempurna.


Semoga bermanfaat

Duniatipskita

Inilah Asupan dan Jenis Makanan Penting pada Masa Kehamilan Reviewed by Dunia Tips Kita on 11:39 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.