Top Ad unit 728 × 90

Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kehamilan Minggu Ke 23

Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kehamilan Minggu Ke 23


Kehamilan minggu ke 23 merupakan kehamilan yang disebut pasca rawan, setelah itu kita dapat mengetahui bahwa kehamilan pada minggu ke 23 dapat kita sebut adalah kehamilan dalam waktu 5 bulan. Oleh karena itu banyak sekali orang yang menyatakan bahwa kehamilan usia 5 bulan adalah kehamilan yang dapat memenuhi gizi bayi, maka dari itu perlu asupan gizi seimbang dalam usia janin 5 bulan.

Kehamilan minggu ke 23

Gizi seimbang itu yang paling penting adalah protein dan pemenuhan mineral yang cukup, hal ini sangatlah penting karena pada usia janin 23 minggu atau trimester kedua bisa dinyatakan janin akan mengalami peningkatan saat pertumbuhan otak. Maka dari itu asupan gizi seimbang dan hindari stres merupakan sesuatu yang penting saat proses kehamilan. Anda perlu mengetahui bahwa stres pada ibu hamil dapat menular kepada tumbuh kembang anak yang mengakibatkan berbagai komplikasi penyakit yang berbahaya pada si buah hati.

Baca juga: Olah raga yang boleh dilakukan ibu hamil dan manfaatnya

Maka dari itu ibu hamil tidak boleh banyak terlalu bekerja dan berpikir keras, anda juga perlu mengetahui mengenai beberapa hal dari asupan gizi seimbang bagi janin serta perubahan fisik apa saja yang terjadi ada minggu ke 23 kehamilan. Hal ini cukup menarik kita simak maka dari itu kita perlu mengetahui mengenai apa saja yang terpenting dalam minggu ke 23 proses berlangsungnya kehamilan.

Ada beberapa tanda fisik atau fisik anda yang mengalami perubahan, hal ini dipengaruhi oleh faktor hormonal maupun faktor dari fisiologis sendiri, ada beberapa cara yang perlu anda ketahui mengenai perubahan fisik yang paling menonjol dalam tubuh seorang ibu hamil khususnya pada usia kehamilan 23 minggu.

Perubahan kondisi dan fisik ibu hamil pada minggu ke 23

1. Sakit pinggang.
Hal ini memang normal terjadinya apabila anda mengalami sakit pinggang, karena pada kehamilan minggu ke 23 anda dapat mengetahui beberapa hal yang tentunya dimana sakit pinggang anda terjadi karena beban yang ada pada rahim anda pasti akan mengalami sakit pinggang, oleh karena itu anda perlu melakukan beberapa yoga agar pinggang anda terhindar dari sakit dan tentunya membuat diri anda semakin merasa tersiksa, oleh karena itu anda dapat melakukan beberapa olahraga ringan yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

2. Kenaikan berat badan.
Hal ini cukup wajar tetapi pada usia kehamilan ke 23 minggu ini anda akan mengalami kenaikan berat badan hingga 15 kg, tergantung individu, memanglah hal ini bagi wanita adalah momok yang menakutkan, tetapi itu semua normal terjadi pada wanita hamil ketika mengalami kenaikan berat badan. Maka dari itu asupan gizi yang baik saat hamil dan pasca melahirkan menentukan berat badan anda kembali normal ataukah malah bertambah lagi.

3. Sedikit kehilangan keseimbangan.
Sedikit kehilangan keseimbangan merupakan hal yang wajar dan normal saat usia kehamilan 23 minggu, hal itu terjadi akibat dari beberapa hal yaitu seperti hormon yang mempengaruhi keseimbangan ligamen dan otot sendi, maka dari itu memanglah biasa halnya seorang ibu mengandung mengalami proses berjalan yang tidak dapat cepat dan sering kali berjalan dengan memegang pinggang mereka.

Itulah perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil yang usia kandungannya sekitar 23 minggu, dan berikut merupakan perkembangan janin pada usia 23 minggu, anda juga perlu menyimak agar mengetahui mengenai perkembangan bayi.


Perkembangan Janin pada minggu ke 23


1. Gerakan seperti bernafas.
Hal ini wajar terjadi karena sistem pernafasan pada janin mulai sempurna, oleh karena itu gerakan seperti bernafas akan dirasakan oleh seorang ibu mengandung usia kandungan 23 minggu. Hal ini jga terjadi yaitu dengan membawa air ketuban keluar dan masuk ke dalam paru.

2. Oksigen mulai diperlukan.
Oksigen mulai diperlukan yang diambil dari plasenta, hal ini dilakukan yaitu untuk mengembangkan otot-otot diagfragma menjadi sempurna, walaupun bayi berada di dalam janin dan terdapat air ketuban, tetapi bayi juga mendapatkan oksigen dari plasenta dan mereka dalam kondisi berada di dalam air ketuban juga menghirup oksigen dari plasenta.

Baca juga: Mengatasi flek yang timbul pada masa kehamilan

3. Berat janin lebih dari 500 gram.
Biasanya normalnya bayi yang dikandung pada usia 23 minggu akan memiliki berat di atas 500 gram sedikit, hal ini terjadi karena memang asupan yang didapat dari ibu sudah banyak terpenuhi, namun mungkin beberapa yang kurang dari berat badan 500 gram dikarena pemenuhan gizi yang belum terpenuhi.

4. Pada fase ini pernafasan akan di sempurnakan.
Hal ini terjadi karena untuk persiapan pada pernafasan bayi nanti, maka dari itu biasanya usia kandungan 23 bulan maka bayi akan merasakan keseimbangan pernafasan yang sempurna.

5. Pembuluh darah pada janin sedang tumbuh.
Pada usia kandungan 23 minggu pembuluh darah pada janin akan dapat tumbuh dengan baik, hal ini sudah terjadi untuk persiapan ketika bayi lahir ke dunia. Maka dari itu pembuluh darah pada paru janin sudah mulai tumbuh dengan sempurna.

Itulah fase dari pertumbuhan di janin, berikutnya kita dapat mengetahui fase pertumbuhan yang dipengaruhi oleh asupan gizi si ibu untuk janin mereka, pada fase asupan gizi si janin untuk ibu maka perlu sekali beberapa perana penting makanan pendamping yang akan mengelola gizi ibu kepada si janin.

1. Protein.
Protein merupakan zat makanan yang paling penting dalam perkembangan otak si janin, pada dasarnya protein dapat di ambil dari nabati maupun hewani, adapun contohnya yaitu seperti protein dari telur, tuna, tempe dan ikan-ikan dan daging segar lainnya, untuk menghindari virus atau toksoplasma maka sebaiknya masak semua protein dengan matang agar terhindar dari kuman berbahaya yang dapat menyerang janin anda.

2. Vitamin, karbohidrat dan mineral.
Hal ini sangatlah penting asupan vitamin dari berbagai buah dan biji-bijian sangat penting pada janin, oleh karena itu memakan buah-buahan juga penting bagi janin apalagi diambangi dengan susu dan minum air putih yang banyak atau secukup kebutuhan berat badan dan aktivitas anda. Oleh karena itu memakan nasi atau makanan pokok seperti gandum dan yang lainnya memanglah sangat penting untuk memenuhi kebutuhan anda dan janin. Perlu pemenuhan kebutuhan seimbang yang membuat janin dan anda menjadi sehat dan tentunya kuat.

Baca juga: Inilah beberapa tanda bahaya kehamilan yang patut anda ketahui

Itulah beberapa hal mengenai tumbuh kembang janin dan ibu pada kehamilan minggu ke 23, hal itu sangat penting anda ketahui agar kelak tidak ada penyesalan dan tentunya bayi anda mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Buat generasi penerus yang kuat, sehat dan cerdas, yang paling utama dalam kehamilan adalah menghindari stres, karena hal itu sangat berakibat fatal dan mempengaruhi perkembangan janin. Pada dasarnya manusia memang diciptakan untuk berpikir tetapi menghindari pikiran yang buruk merupakan suatu hal yang utama pada proses tumbuh kembang janin.


Semoga bermanfaat untuk anda
Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kehamilan Minggu Ke 23 Reviewed by Dunia Tips Kita on 6:00 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.