Top Ad unit 728 × 90

10 Penyakit yang Paling Banyak Diderita Orang Indonesia dan Penyebabnya

10 Penyakit yang Paling Banyak Diderita Orang Indonesia dan Penyebabnya


Inilah 10 Penyakit yang Paling Banyak Diderita Orang Indonesia dan Penyebabnya - Berbagai macam penyakit muncul akibat pola hidup sehat yang kurang baik. Semua orang harus waspada terhadap gejala yang muncul khususnya bagi orang Indonesia. Berikut ini 10 penyakit yang banyak diderita orang Indonesia dan penyebabnya.

Penyakit yang paling banyak diderita orang Indonesia

1. Jantung Koroner

Sekitar 35 persen penyebab kematian tertinggi di Indonesia disebabkan oleh jantung koroner. Jantung yang menjadi salah satu organ terpenting dalam tubuh berfungsi untuk memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen keseluruh tubuh. Jantung koroner yang terjadi pada seseorang diakibatkan oleh timbunan lemak yang menghambat aliran darah ke jantung. Hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan merokok aktif, pola hidup yang buruk, tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi serta memiliki riwayat penyakit hipertensi dan diabetes.

2. Diabetes Mellitus (Kencing Manis)

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat sistem metabolisme tubuh yang terganggu. Seseorang yang mengalami diabetes mellitus atau biasa dikenal dengan kencing manis disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah memiliki riwayat keluarga yang mengidap diabetes mellitus, seseorang yang berusia di atas 40 tahun memiliki resiko tinggi mengalami diabetes mellitus, tidak dapat menghindari stress, obesitas, kurang olahraga, pola makan yang kurang baik seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda dan manis serta memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol.

3. Tuberkolosis (TBC)

Indonesia merupakan jumlah penderita tuberkolosis terbesar ketiga di dunia. Tuberkolosis merupakan penyakit menular akibat adanya infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan disebabkan oleh mikobakterium tuberkolosis. Seseorang yang memiliki resiko tinggi menderita tuberkolosis disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menurun karena mengidap penyakit HIV/AIDS dan diabetes. Selain itu orang yang mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi juga memiliki resiko tinggi terserang tuberkolosis. Bagi pecandu narkoba dan rokok dapat terserang bakteri mematikan tersebut. Petugas medis yang berinteraksi langsung dengan penderita tuberkolosis memiliki resiko terpapar bakteri yang sama yang mengakibatkan tertularnya penyakit tuberkolosis dalam tubuh mereka.

4. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Serangan hipertensi merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sebesar 25.8 persen penduduk Indonesia terserang hipertensi dengan usia di atas 18 tahun. Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi akibat kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Seiring bertambahnya usia, hipertensi menjadi resiko lebih tinggi menyerang seseorang dengan usia di atas 65 tahun. Selain itu pola makan yang mengandung banyak garam juga memicu terserang hipertensi. Penyebab lain seseorang terserang hipertensi adalah obesitas, jarang berolahraga, kurang mengkonsumsi buah dan sayuran, terlalu banyak minum kopi dan alkohol dan memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit hipertensi sebelumnya.

5. Stroke

Stroke yang menyerang seseorang disebabkan oleh suatu kondisi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan yang mengakibatkan kematian sel-sel di sebagian area otak. Pencegahan stroke bisa dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat. Namun dalam beberapa kasus, stroke tidak bisa dihindari dan menjadi resiko paling tinggi menderita stroke. Diantara penyebab stroke antara lain sudah pernah mengalami stroke ringan dan serangan jantung. Resiko stroke juga lebih tinggi diderita oleh seseorang dengan riwayat keluarga yang sudah pernah mengalami stroke dan memiliki usia lebih dari 65 tahun. Stroke juga muncul akibat penyakit lain yang telah dimiliki seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi.

Baca juga: Tips dan cara memilih obat flu yang tepat

6. Kanker

Kanker merupakan kondisi abnormal pada sel tubuh yang menyebabkan sel tumbuh dan berkembang lebih cepat secara tidak wajar. Resiko munculnya kanker pada diri seseorang disebabkan oleh adanya faktor genetik yang telah dimiliki oleh keluarga sebelumnya dibandingkan dengan keluarga yang tidak memiliki riwayat penyakit kanker. Faktor terbesar seseorang terserang penyakit kanker disebabkan oleh faktor lingkungan. Faktor lingkungan tersebut meliputi gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum alkohol dan perilaku seks bebas. Selain itu kebiasaan seseorang mengkonsumsi makanan cepat saji menjadi salah satu faktor seseorang mengidap penyakit kanker. Beberapa penyakit kanker juga disebabkan oleh virus dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Polusi dan radikal bebas, tingkat stress yang tinggi dan terjadinya ketidakseimbangan hormonal menjadi pemicu terjadinya kanker.

7. Penyakit Paru-Paru

Penyakit paru-paru merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh penduduk Indonesia. Penyakit ini terjadi akibat adanya cairan yang ada dalam paru-paru disebabkan oleh pulmonary alveolus yang berfungsi untuk menyerap oksigen dari atmosfer meradang. Penyakit paru-paru tersebut dipengaruhi oleh kondisi lingkungan yang kotor dan tinggal dekat kawasan industri serta padat penduduk. Kebiasaan merokok aktif juga menjadi salah satu faktor utama seseorang memiliki penyakit paru-paru.

8. Diare

Sebesar 3.5 persen penyakit diare di Indonesia menduduki peringkat ketigabelas sebagai penyebab kematian disemua umur. Diare menjadi salah satu masalah kesehatan yang perlu segera ditangani. Kebanyakan dari penderita diare adalah balita. Penyakit ini disebabkan oleh makanan dan minuman yang kurang higienis. Makanan dan minuman yang dikonsumsi olah masyarakat telah terkontaminasi oleh bakteri, parasit atau virus. Sehingga menyebabkan seseorang mengalami infeksi pada usus. Selain diakibatkan oleh bakteri, virus dan parasit, seseorang dapat mengalami gangguan diare akibat efek dari mengkonsumsi obat-obat tertentu. Factor psikologis seperti gelisah juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami diare. Pola hidup yang kurang sehat seperti mengkonsumsi minuman beralkohol dan kopi menjadi pemicu gangguan diare.

9. Demam Dengue (Demam Berdarah)

Demam dengue atau biasa orang Indonesia menyebutnya dengan istilah demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Penyakit demam dengue merupakan penyakit yangb diakibatkan oleh virus dengue yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini membuat seseorang mengalami panas dengan suhu tubuh yang sangat tinggi disertai dengan sakit kepala, nyeri sendi, otot dan tulang serta nyeri yang terjadi di bagian belakang mata. Cara yang biasa digunakan untuk melakukan pencegahan agar penyebaran virus dengue melalui nyamuk Aedes Aegypti berkurang adalah mensterilkan bagian rumah dengan penyemprotan cairan pembasmi nyamuk.

10. HIV/AIDS

Penyakit HIV/AIDS di Indonesia tergolong tinggi. HIV/AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit diakibatkan oleh menurunnya kekebalan tubuh yang dimiliki seseorang sehingga membuat penderita sangat rentan terhadap berbagai penyakit bahkan penyakit ringan sekalipun. Penyebaran penyakit HIV/AIDS terjadi akibat hubungan seks yang tidak aman serta bergantian penggunaan narkotika suntik. Seseorang yang telah mengidap HIV/AIDS sangat mudah menularkan virus tersebut kepada orang lain. Terutama melalui tranfusi darah, ibu yang menularkan HIV/AIDS kepada anaknya melalui air susu ibu, berbagai jenis jarum untuk menindik atau menato, berbagai suntikan terutama yang menkonsumsi narkotika serta berbagai alat bantu seks dengan seseorang yang sudah mengidap HIV/AIDS.

Itulah 10 Penyakit yang Paling Banyak Diderita Orang Indonesia dan Penyebabnya semoga menambah wawasan dan manfaat bagi anda.

10 Penyakit yang Paling Banyak Diderita Orang Indonesia dan Penyebabnya Reviewed by Dunia Tips Kita on 1:26 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.