Top Ad unit 728 × 90

6 Obat Tekanan Darah Tinggi Generik yang Dijual di Apotik

6 Obat Tekanan Darah Tinggi Generik yang Dijual di Apotik - Obat tekanan darah tinggi generik yang dijual di apotik merupakan obat yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau biasa juga disebut obat anti hipertensi. Penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit kronis yang obatnya harus dibeli di apotik atau hanya bisa didapatkan berdasarkan resep dokter.



Hidup di kota besar mengharuskan sebagian dari kita menjalankan gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat, belum lagi banyaknya beban pekerjaan yang harus dihadapi membuat banyak orang mulai merasakan gejalatekanan darah tinggi, dan menyebabkan pasien rumah sakit samakin banyak. Hipertensi merupakan sebuah kondisi dinama terjadi kenaikan tekanan darah yang melebihi batas ambang normal, dan hal ini dapat dilihat dari pengukuran tensi darah pada dua kali kesempatan yang berbeda.

Tekanan darah tinggi biasanya dibagi menjadi 3 jenis tingkatan yaitu ringan, sedang (medium), dan berat, dimana tiap jenis memerlukan tindakan penanganan yang berbeda-beda. dibawah ini akan kami bagikan informasi tentang penyebab, gejala, obat tekanan darah tinggi generik yang dijual di apotik, dan cara mencegahnya.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHG, bila hasil pengukuran tensi darah Anda dalam dua kali pemeriksaan mencapai 140/90 mmHg atau lebih, maka Anda sudah dianggap mengalami tekanan darah tinggi. Agar terhindar dari tekanan darah tinggi maka sangat penting untuk mengetahui penyebabnya agar bisa menghindarinya sedini mungkin.

Sebelum membahas tentang obat tekanan darah tinggi generik yang dijual di apotik ada baiknya bila kita mengenali beberapa penyebab tekanan darah tinggi, yaitu :

- Tidak melakukan aktivitas olahraga secara teratur

- Kebiasaan merokok yang berlebihan

- Memiliki berat badan berlebihan (obesitas)

- Kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol

- Kurang mengkonsumsi sayuran dan buah

- Terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau minuman lain yang memiliki kandungan kafein

- Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan berkadar garam tinggi

- Terlalu sering berada dalam tekanan emosional (cemas atau stress berlebihan)

- Telah berusia diatas 50 tahun

- Memiliki orang tua atau keluarga yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi.

Bila Anda memiliki beberapa faktor seperti yang disebutkan diatas maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan tekanan darah segera agar bisa melakukan pengobatan sedini mungkin, karena tekanan darah tinggi bila dibiarkan akan sangat berbahaya karena dapat memicu serangan stroke, gagal ginjal, dan jantung koroner.

Setelah mengetahui berbagai penyebab hipertensi, maka selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengenali gejalanya, agar tidak terlambat melakukan tindakan pengobatan, berikut ini beberapa gejala hipertensi, yaitu :

- Kepala terasa sakit, pusing terutama pada pagi hari
- Jantung berdebar
- Telinga terasa bising
- Indra penglihatan menjadi kabur
- Sering merasa kebingungan
- Perubahan pada warna urine yang menjadi kemerahan
- Sering mengalami mimisan
- Sangat mudah marah atau emosi
- Tekanan darah tidak mengalami perubahan walaupun sudah merubah posisi

Meskipun setiap orang merasakan gejala-gejala yang berbeda, tergantung pada kondisi kesehatan dan tingkat keparahan hipertensi yang dialaminya, namun bila sudah merasakan 3-4 dari gejala tersebut diatas sebaiknya Anda tidak menyepelekan atau membiarkannya saja, karena bisa memicu berbagai penyakit kronis yang membahayakan nyawa.

6 Obat Tekanan Darah Tinggi Generik yang Dijual di Apotik


Cara paling cepat dan mudah untuk segera menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mencari tahu informasi sebanyak mungkin tentang penyakit hipertensi dan obat tekanan darah tinggi generik yang dijual di apotik dan terbukti bekerja efektif menurunkan tekanan darah tinggi.


Berikut ini 6 obat tekanan darah tinggi generik yang dijual di apotik yang telah terbukti bekerja efektif mengatasi hipertensi, yaitu :

1. Lisinopril

Tablet generik Lisinopril (Prinivil + Zestril) merupakan obat anti hipertensi yang juga berfungsi sebagai ACE inhibitor, dimana obat generik bekerja untuk mengontrol tekanan darah yang mengalami peningkatan dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Selain itu Lisinopril juga sangat baik bagi penderita hipertensi yang memiliki riwayat gagal jantung karena dapat membantu jantung untuk memompa lebih kuat. Meskipun Lisinopril tidak menyembuhkan namun dapat segera menstabilkan tekanan darah tinggi yang dapat memicu serangan jantung dan stroke.


2. Accupril

Obat generik anti hipertensi ini juga dikenal sebagai ACE (Angiotensin converting enzyme) inhibitor yang digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi serta gagal jantung.

3. Aceon

Perindopril atau Aceon juga termasuk dalam kelompok ACE inhibitor yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya serangan jantung bagi mereka yang yang memiliki riwayat penyakit jantung koroner.

4. Hyzaar

Losartan atau Hyzaar biasa juga diresepkan oleh dokter sebagai obat anti hipertensi, yang dapat menurunkan resiko terjadiya serangan stroke bagi mereka yang memiliki potensi atau riwayat penyakit stroke.

5. Zebeta

Bisoprolol atau Zebeta menjadi salah satu obat generik yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat diminum sendiri ataupun dicampur dengan obat-obatan jenis lainnya (sebaiknya dengan resep dokter).

6. Norvasc

Amlodipine atau Generic Norvasc merupakan calcium channel blocker yang berfungsi untuk mengontrol atau menstabilkan tekanan darah tinggi dan mengatasi nyeri pada dada (angina). Novasc juga berkhasiat untuk mencegah serangan jantung, stroke dan masalah pada organ ginjal.

Meskipun keenam obat tekanan darah tinggi generik yang dijual di apotik tersebut terbukti efektif, namun tetap termasuk dalam golongan obat keras yang sebaiknya digunakan setelah berkonsultasi dengan ahli medis atau dokter, agar dapat menentukan obat mana yang cocok dan sesuai dengan kondisi kesehatan dan riwayat penyakit Anda, sehingga terhindar dari berbagai efek samping yang berbahaya.

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Setelah mengetahui apa saja obat tekanan darah tinggi generik yang dijual di apotik tersebut diatas, maka selanjutnya adalah mengetahui apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi karena ada pepatah bijak berbunyi “lebih baik mencegah dari pada mengobati”.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Gejala, Komplikasi dan Pengobatan

Berikut ini beberapa cara mencegah tekanan darah tinggi, yaitu :

- Lakukan aktivitas olahraga secara teratur 20-30 menit 4 kali seminggu. Pilihlah olahraga yang ringan seperti jalan santai, jogging, dan bersepeda.

- Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi

- Mencegah stress dengan belajar mengendalikan emosi, bila sudah merasa stress cobalah melakukan hal-hal sederhana yang Anda sukai seperti mendengarkan musik, melukis atau berlibur sejenak.

- Batasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan kolesterol tinggi

- Lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, kalium, magnesim karena sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

- Hentikan kebiasaan tidak sehat yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi seperti merokok dan minuman beralkohol.

- Sebaiknya lebih sering mengkonsumsi sayuran hijau, wortel, tomat, pisang, jeruk dan melon

Semoga dengan mengetahui apa saja, penyebab, gejala, obat tekanan darah tinggi generik yang dijual di apotik, dan cara mencegah tekanan darah tinggi, kualitas kesehatan Anda semakin meningkat dan terhindar dari penyakit hipertensi.
6 Obat Tekanan Darah Tinggi Generik yang Dijual di Apotik Reviewed by Dunia Tips Kita on 9:56 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.