7 Kebiasaan Ini Harus Pria Hindari Agar Kualitas Sperma Tidak Buruk

Salah satu kunci utama dalam berhasilnya proses kehamilan adalah menjamin kualitas sperma tidak buruk. Hal ini disebabkan sperma akan menempuh perjalanan dan perjuangan yang berat untuk menembus sel telur. Meskipun dalam sekali ejakulasi seorang pria mampu menghasilkan lebih dari 20 juta sel sperma, tapi hanya akan ada satu sel sperma yang sehat yang mampu membuahi sel telur. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kualitas sperma yang buruk, mulai dari makanan, kondisi psikologi dan kebiasaan-kebiasaan buruk pun bisa menjadi salah satu penyebab kualitas sperma yang buruk.

menghindari kualitas sperma buruk


Berikut ini adalah tips sehat agar kualitas sperma anda tidak buruk. 

Hal-hal Yang Harus Pria Hindari Agar Kualitas Sperma Tidak Buruk


1. Minum alkohol
Pecandu minuman keras / alkohol akan mempunyai kondisi fisik yang buruk, meskipun tidak secara langsung mempengaruhi kualitas sperma, tapi secara umum menurunkan kondisi tubuh dan sexualitasnya. Jika dilihat sepintas efek setelah minum alkohol adalah mabuk atau jalan sempoyongan, hal tersebut karena alkohol telah mempengaruhi otak dan secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi psikologi saat berhubungan intim sehingga menghasilkan efek sperma yang buruk.

2. Merokok
Aktifitas yang satu ini pastinya sudah pada tahu, bahkan telah dituliskan secara jelas pada bungkus rokok. Peringatan akan bahaya impotensi bagi perokok. Tentu saja impotensi mempengaruhi kualitas sperma menjadi buruk.

Baca juga: Cara memperpanjang penis secara alami dengan urut jari

3. Mengkonsumsi Narkoba
Narkoba atau obat-obatan terlarang merupakan bahan kimia yang berbahaya bagi sperma. Karena efeknya akan menghambat pertumbuhan sel sperma dan kemungkinan menghasilkan sel sperma yang cacat. Mariyuana dan opium dalah jenis narkoba yang paling cepat berdampak buruk pada sperma. Jenis narkoba lain seperti shabu dan ekstasi juga tidak kalah berbahanya. 

4. Berkendara dan duduk dalam waktu yang lama
Jika anda sering berkendara jarak jauh rutin karena pekerjaan anda, cobalah beristirahat setiap 30 menit. Hal ini akan memberi kesempatan otot dan saraf intim anda rileks dan kembali mendapat peredaran darah secara baik. Gunakan juga celana yang tidak terlalu ketat agar sirkulasi udara di daerah intim anda lancar. Peredaran darah yang baik dan lancar akan menghindari dampak agar kualitas sperma tidak buruk.

5. Hindari memakai pelumas saat berhubungan intim
Sejumlah penelitian mengatakan bahwa penggunaan pelumas buatan akan memperlambat pergerakan sel sperma berenang menuju sel telur. Karena pelumas buatan yang banyak dijual dipasaran memiliki daya menguap yang lambat dan secara langsung mempersulit pergerakan sperma berenang. Penggunaan pelumas saat berhubungan intim memang tidak memperburuk kualitas sperma tapi menghalangi aktifitas sperma.

6. Memangku laptop dalam waktu yang lama
Jika anda seseorang yang aktif didepan laptop sebaiknya menggunakan meja, jangan terlalu lama memangku laptop. Alasannya suhu tinggi pada laptop dan radiasi yang di pancarkan komponen laptop telah diteliti para ilmuwan dan kedokteran dapat memicu kualitas sperma yang buruk.

7. Duduk dalam waktu yang lama
Posisi duduk memang tidak secara langsung mempengaruhi kualitas sperma. Tapi alangkah baiknya jika kita mulai memperhatikan hal ini. Apalagi jika anda pekerja kantoran ataupun sopir dengan aktifitas duduk yang lama. Lakukan stretching setiap satu jam, berdiri dan beranjak atau berjalan-jalanlah 15 atau 20 langkah agar posisi kantung testis kembali rileks. Hal ini bisa menegah anda dari kualitas sperma yang buruk.


Bagaimana cara membedakan kualitas sperma yang baik dan kualitas sperma yang buruk??

Secara kasat mata sperma yang buruk dapat jelas terlihat yaitu:
- Sperma terlihat encer sperti air liur
- Warna sperma kusam agak kekuningan
- Cairan sperma tidak kental

Tips alami untuk mengembalikan kualitas sperma yang buruk

Tips alami ini tanpa obat-obatan kimia berbahaya dan hanya bahan-bahan alami baik dari sayur dan buah dimana diutamakan mengandung mineral tertentu yaitu Zinc, vitamin B dan Selenium. Contoh bahan makanan dan buah yang mengandung mineral tersebut adalah:

Zinc: Tiram, wijen, biji bunga matahari, biji semangka, jahe, bibit gandum, daging merah, biji labu
Vitamin B: Keju, telur, susu, yogurt, sereal, bayam kacang-kacangan dan biji-bijian.
Selenium: Kerang, hati, ikan, biji bungan matahari, kepiting, udang, lobster, gandum, dan oat.


Semoga bermanfaat