Top Ad unit 728 × 90

Makanan dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

Makanan dan kebiasaan yang harus dihindari penderita tekanan darah tinggi - Tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana jantung berdetak dan memompa darah ke seluruh bagian tubuh sehingga sebagian darah akan mendorong pembulu darah. Biasanya tekanan darah tinggi bisa diketahui dengan alat tensimeter setelah diukur. Penyebab darah tinggi, karena faktor usia, memakan makanan yang banyak mengandung lemak atau kolestrol, suka minuman berkafein dan minuman beralkohol, faktor keturunan, rokok, minuman beralkohol, efek samping obat dan lain sebagainya. Bagi penderita darah tinggi pasti akan ada makanan dan kebiasaan yang harus dihindari. Dan beberapa tips tentang makanan dan kebiasaan yang harus dihindari tersebut akan dibahas dibawah ini.

Makanan dan kebiasaan yang harus dihindari penderita hipertensi

Gejala awal penderita tekanan darah tinggi

Gejala awal bagi penderita darah tinggi merupakan pusing kelapa yang sering dialaminya. Tidak hanya itu saja, gejala awal penderita darah tinggi juga ditandai dengan keluar darah melalui hidung atau mimisan, bahkan juga merasakan kesemutan. Selain itu, gejala darah tinggi juga bisa menyebabkan mual dan muntah, serta leher bagian belakang akan sering merasa pegal dan berat.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi


1. Makanan kaleng

Makanan cepat saji ini merupakan makanan yang cukup praktis untukdapat dimasak. Namun makanan ini bisa berdampak buruk bagi penderita darah tinggi karena jika terlalu banyak mengonsumsi makanan kaleng atau makanan cepat saji ini akan menyebabkan darah tinggi kambuh secara terus menerus yang diawali pusing dibagian kepala. Untuk anda yang ingin cepat sembuh, harus bisa menghindari makanan cepat saji ini, agar penyakit penyakit tekanan darah tinggi tidak semakin parah.

2. Makanan yang banyak mengandung gula

Makanan yang banyak mengandung gula dan terbuat dari gula merupakan makanan manis. Misalnya yang biasa kita temui pada kue kering maupun kue basah. Semua kalangan dari anak-anak sampai dewasa menyukai makanan manis tersebut. Namun bagi anda yang menderrita darah tinggi tidak bisa memakan makanan yang mengandung banyak gula ini, karena bisa menyebabkan penyakit diabetes.

3. Kentang goreng

Karena pembuatan kentang goreng dengan cara digoreng memakai minyak. Makanya bisa menyebabkan darah tinggi naik atau kambuh. Jadi bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi ini, harus menjauhi makanan yang satu ini, agar tekanan darah tinggi tidak kambuh dan naik.

4. Makanan asin

Makana asin merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Karena mengandung sodium pada garam, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah dengan begitu cepat. Maka dari itu, sebaiknya penderita penyakit darah tinggi mengindari makanan asin, agar cepat sembuh dan penyakitnaya tidak kambuh.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Gejala, Komplikasi dan Pengobatan

5. Makanan yang tinggi lemak jenuh

Makanan yang mengandung tinggi lemak separti daging sapi dan domba merupakan makanan yang dilarang bagi penderita penyakit darah tinggi. Asupan lemak jenuh yang berlebihan akan meningkatkan resiko obesitas sehingga dapat memicu tekanan darah tinggi. Untuk anda yang terkena darah tinggi, segeralah jauhi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, agar tidak memicu kambuhnya munculnya penyakit darah tinggi.

6. Acar

Acar merupakan suatu makanan yang memiliki rendah kalori dan baik bagi tubuh. Namun didalam acar terkandung sodium yang tinggi, seperti di dalam acar mentimun bisa mengandung sepertiga dari jumlah maksimum sodium perhari. Sehingga membuat penderita penyakit darah tinggi naik dan kambuh.

7. Pizza

Pizza merupakan makanan yang sangat lezat dan mahal. Akan tetapi didalam pizza terdapat berbagai jenis campuran bahan makanan seperti daging merah, keju, roti dan lain sebagainya yang sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi. Karena berbagai jenis campuran tersebut akan meningkatkan resiko yang lebih besar bagi penderita darah tinggi. Tidak hanya itu saja, didalam pizza juga mengandung garam yang sebaiknya dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi.

8. Makanan instan

Makanan instan merupakan makanan yang didalamnya terdapat kandungan garam yang banyak sehingga bisa membuat makanan tersebut bertahan lama. Maka dari itu, makanan instan tidak baik di makan oleh penderita tekanan darah tinggi, yang nantinya bisa menyebabkn kenaikan pada penderita darah tinggi.

9. Sate atau kulit ayam

Memakan sate atau kulit ayam akan menyebabkan penderita darah tinggi naik dan muncul. Maka dari itu, bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi agar menghindari makanan yang satu ini, untuk bisa menjaga kesehatan tubuh anda. Dan agar penyakit darah tinggi ini tidak akan menyerang tubuh atau badan anda, karena pada dasarnya penyakit darah tinggi sangat membahayakan.


Kebiasaan dan aktifitas yang harus dihindari penderita darah tinggi


1. Minum alkohol

Minuman alkohol merupakan suatu pantangan besar untuk penderita tekanan darah tinggi. karena alkohol akan merusak dinding arteri, sehingga bisa meningkankan resiko terkena penyakit jantung. Jika anda penderita darah tinggi dan sudah menjadi kebiasaan meminum alkohol, maka akan menyebabkan berbagai masalah dalam kehatan yang lebih serius.

2. Merokok

Bagi penderita darah tinggi yang masih merokok akan mempunyai resiko terkena penyakit yang lebih berbahaya seperti penyakit stroke dan jantung. Maka dari itu, untuk meningkatkan kesehatan jantung, anda harus membiasakan agar tidak merokok lagi.

3. Minum kopi

Kopi memang minuman yang sangat enak, akan tetapi tidak baik dikonsumsi jika terlalu banyak. Karena kopi merupakan minuman yang mengandung tinggi cafein sehingga dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. bagi penderita tekanan darah tinggi, jika terlalu banyak mengonsumsi kopi akan menyebakan kenaikan tekanan darah dalam jangka waktu yang sangat cepat.

4. Susu

Susu memang baik untuk dikonsumsi. Namun tidak baik bagi penderita darah tinggi, karena di dalam susu terdapat lemak yang tinggi. Didalam segelas susu bisa terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh, sehingga sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

5. Olahraga angkat beban

Olahraga angkat beban harus dihindari bagi penderita darah tinggi, karena bisa meningkatkan tekanan darah tinggi dalam jangka waktu yang sangat cepat. Memang olahraga sangat penting bagi penderita darah tinggi, namun jika penderita darah tinggi ingin melakukan olahraga sebaiknya dalam skala yang lebih ringan yang membuat tubuh tidak terlalu dipaksakan dan santai.

6. Menyelam

Bagi penderita darah tinggi, menyelam merupakan suatu hal yang harus dihindari karena sangat berbahaya. Namun jika penderita darah tinggi memang harus menyelam maka harus didampingi oleh pelatih yang profesional.

7. Terjun payung

Terjun payung merupakan salah satu aktifitas yang juga harus dihindari untuk penderita darah tinggi, karena terjun payung bisa meningkatkan resiko penyakit darah tinggi naik dan muncul. Terjun payung juga bisa menyebabkan serangan jantung, jadi sebaiknya bagi anda penderita penyakait darah tinggi menghindari olahraga terjun payung ini.

Itulah bebera makanan dan kebiasaan yang harus dihindari penderita tekanan darah tinggi yang sangat bermanfaat bagi anda. yang berguna untuk bisa menjaga kesehatan dengan baik dan menjaga tekanan darah tinggi agar tidak naik dan muncuk kembali.
Makanan dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi Reviewed by Dunia Tips Kita on 12:45 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.