Informasi Kecantikan

15 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa. Bagi anda umat muslim yang telah baliq tentu sudah tidak asing dengan istilah puasa. Salah satu rukun Islam ini wajib dilakukan di bulan Ramadhan bagi seorang yang telah baliq atau menginjak usia dewasa. Pengertian puasa dalam arti kaidah bahasa bisa diartikan sebagai "menahan". Menahan yang dimaksudkan di sini, yaitu menahan diri dari hal-hal yang masuk ke dalam mulut dalam bentuk makanan dan minuman, bahkan juga diartikan menahan dari perbuatan (nafsu) dan bicara.

Manfaat puasa bagi tubuh dan jiwa

15 Manfaat Puasa Bagi kesehatan Tubuh dan Jiwa


Tapi tahukah anda, ternyata aktifitas puasa memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Hal ini disimpulkan para peneliti dunia yang telah mengakui bahwa puasa erat kaitannya dengan proses detoksifikasi tubuh (proses mengeluarkan racun dari tubuh). Bahkan secara psikologis jika puasa benar benar dilakukan dengan benar secara kaedah, puasa sangat membantu meningkatkan kondisi mental dan jiwa seseorang. Bagaimana bisa begitu. Mari simak alasannya.

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh (Jasmani)


1. Membantuk detoksifikasi tubuh
Berpuasa membantu proses mengeluarkan racun dalam tubuh yang menumupuk bertahun tahun. Ini desebabkan ketika anda berpuasa tubuh akan mengambil cadangan energi pada lemak dimana  lemak adalah rumah terbesar sebagian racun dalam tubuh.

2. Menjaga tubuh tetap ideal
Dengan berpuasa tubuh tidak akan punya kesempatan menumpuk lemak-lemak jenuh pada bagian tubuh. Jadi tubuh anda akan terus ideal dan tampil tanpa benjolan lemak yang menumpuk di mana-mana.

3. Membantu menjaga kesehatan jantung
Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang bagik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Penurunan berat badan pada saat berpuasa merupakan salah satu manfaat puasa. Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.

5. Mengontrol berat badan jadi lebih ideal
Berpuasa dapat membuat tubuh untuk lebih mudah menurunkan berat badan. Tidak perlu melakukan diet yang berlebih untuk menurunkan berat badan. Dengan makan makanan secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan yang sehat selama berpuasa.

6. Meningkatkan kesehatan ginjal
Ginjal berfungsi untuk sebagai saringan zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

7. Meningkatkan sistem imun tubuh
Pada saat berpuasa, tubuh akan lemas yang menurut beberapa orang akan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini salah dan ternyata puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus

8. Memaksimalkan tubuh dalam menyerap nutrisi
Metabolisme akan menjadi lebih efisien ketika berpuasa. Metabolisme yang efesien berarti jumlah nutrisi yang akan diserap dari makanan menjadi semakin besar. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan hormon adiponectin yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dengan sahur, sehingga memungkinkan untuk menyerap lebih banyak nutrisi.

9. Mencegah diabetes
Diabetes dapat disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan kegiatan berpuasa konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat terkontrol sehingga pada akhirnya dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya.

Manfaat puasa bagi kesehatan jiwa (mental)


1. Mempercantik dari dalam
Puasa secara alami akan meremajakan kulit sehingga anda akan selalu tampak cerah berseri, bagi kaum wanita dengan berpuasa juga meningkatkan inner beauty. Wajah akan tampak alami bercahaya dan meningkatkan kepercayaan diri.

2. Menurunkan tingkat stress
Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres.

3. Meningkatkan kewibawaan kaum pria
Dengan terlatih berpuasa anda akan terbiasa dengan kesabaran dan hawa nafsu yang menjadikan anda lebih berwibawa. Sangat baik bagi anda yang memiliki relasi banyak seperti pemimpin yang mengayomi anak buahnya. Hal ini dikarenakan saat berpuasa anda menahan dari segala bentuk hawa nafsu dan keinginan, sehingga akan membentuk pribadi yang sabar dan berhati-hati saat mengambil segala keputusan.

4. Meningkatkan kecerdasan spriritual
Berpuasa juga bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan. Peka akan sesuatu permasalahan dan meningkatkan insting naluri.

5. Menenangkan jiwa
saat anda berpuasa dengan kaedah yang benar akan meningkatkan ketenangan jiwa anda. Melatih mental dan psikologis menjadi kuat dan mengurangi kecemasan yang tinggi akan sesuatu hal. Dengan berpuasa jiwa anda semakin kuat terhadap peristiwa dan cobaan.

6. Meningkatkan amal dan mendekatkan diri pada Allah SWT
Dengan meningkatkan amal ibadah anda akan semakin di sayang Allah SWT. Berpuasa juga akan membuat hari-hari anda terasa tenang dan nyaman meski begitu banyak beban hidup dan pekerjaan di hadapan anda, ini disebabkan anda merasa aman dan di lindungi oleh Nya.



Semoga 15 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa di atasbisa bermanfaat untuk anda.
.

15 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa Reviewed by Dunia Tips Kita on 12:30 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Kita © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.