Top Ad unit 728 × 90

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Istirahat Saat Sakit

Alasan Mengapa Anda Harus Istirahat Saat Sakit. Istirahat adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang. Dengan beristirahat yang cukup, banyak hal yang akan kita dapatkan. Hal ini utamanya akan memiliki efek positif terhadap tubuh. Orang yang dalam keadaan sehat tetap membutuhkan istirahat yang cukup, apalagi untuk seseorang yang sedang sakit. Bagi orang yang sehat dan tidak memiliki masalah dengan kesehatannya terkadang lebih suka memforsir tubuhnya, seperti bekerja tanpa istirahat. Hal ini juga menjadi tidak baik, karena walau bagaimanapun istirahat adalah hal penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal yang paling jelas dari manfaat istirahat untuk tubuh adalah untuk memberikan waktu pada otot- otot, otak, anggota tubuh yang lain setelah seharian beraktifitas.

Mengapa harus istirahat saat sakit

MENGAPA HARUS ISTIRAHAT SAAT SAKIT ?


Nah, bagi orang yang sedang sakit, istirahat ini adalah sebuah keharusan. Mengapa demikian? Orang yang sedang sakit tentu kondisi kesehatannya sedang menurun. Untuk mengembalikan semuanya seperti saat sehat, orang yang sakit sangat membutuhkan istirahat. Berikut adalah beberapa poin dan penjelasan mengapa harus istirahat saat sakit.

Baca juga: Tips memilih obat flu yang tepat

Tubuh yang kurang produktif

Saat sedang sakit tentunya kondisi tubuh tidak seproduktif seperti saat sedang sehat. Memaksakan diri untuk tetap pergi bekerja ataupun beraktifitas seperti biasanya hanya akan membuat anda semakin merasa sakit. Tidak hanya itu, Hal tersebut juga menyebabkan mudah lelah, sulit untuk berkonsentrasi, mudah stress dan masih banyak lagi hal negatif lainnya. Satu hal yang tidak boleh dilupakan bahwa dengan memaksakan diri, resiko akan menjadikan sakit yang diderita menjadi lebih parah lebih tinggi. Untuk itu, sebaiknya beristirahat dengan cukup jika sedang sakit. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan stamina dan energi. Dengan demikian, produktifitas akan semakin cepat pulih juga.

Mencegah menularnya penyakit

Alasan lainnya mengapa anda harus beristirahat saat sedang sakit adalah dikhawatirkan menularkan virus. Hal ini dapat dicontohkan misalnya sakit flu. Flu memang kelihatannya sakit ringan dan sepele. Namun, sakit flu ini biasanya membuat penderitanya meriang, pening, sakit kepala, suhu badan tinggi, dll. Tidak hanya itu, virus flu ini juga bisa cepat menyebar kepada yang lainnya. Saat anda sedang batuk atau bersin, virus bisa menyebar kemana- mana dan dikhawatirkan bisa menginfeksi orang lain di sekitar anda. Dengan demikian, beristirahat adalah salah satu solusi untuk ini. Jangan terlebih dahulu melakukan interaksi dengan orang lain atau dengan pekerjaan anda.

Memulihkan kembali kesehatan

Saat sedang sakit, kondisi tubuh tentu mengalami penurunan kesehatan. Dalam kondisi yang demikian, istirahat sangat dibutuhkan. Selain karena memang kebutuhan dasar setiap orang, hal ini juga berfungsi untuk memulihkan kembali kesehatan. Dalam hal ini, waktu istirahat setiap orang tentunya berbeda- beda, apalagi saat sedang sakit. Orang yang sedang sakit membutuhkan waktu istirahat atau tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang yang sehat. Saat sedang sakit, kondisi tubuh membutuhkan waktu istirahat lebih lama karena memang berfungsi untuk pemulihan. Namun dalam hal ini tentu tidak mudah untuk mendapatkan istirahat atau waktu tidur yang lama sekaligus nyaman. Pasalnya orang yang sedang sakit merasa tidak nyaman, misal demam, rasa cemas dan takut yang berlebihan, dll. Walaupun demikian, istrahat tetap harus dipaksakan agar semua keluhan saat sakit bisa membaik dan sembuh.

Baca juga: Flu dan Cara Memilih Obat Flu Yang Tepat

Meningkatkan daya tahan tubuh

Ketika dalam kondisi sakit, daya tahan tubuh atau sistem imun tentu mengalami penurunan. Hal inilah yang menyebabkan anda tidak kuat dengan virus sehingga sakit. Untuk mengatasi hal ini, istirahat atau tidur adalah yang paling tepat. Saat sedang tidur, hormon meletonin yang berfungsi sebagai antioksidan akan dihasilkan. Tentunya hormon ini sangat berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Kondisi tubuh yang sedang sakit tentu lemah dalam menangkal virus- virus sehingga dikhawatirkan akan adanya virus baru yang masuk. Jika hal ini terjadi, maka akan menjadikan kondisi tubuh tetap lemah, dan lama pulihnya.

Menghilangkan rasa lelah

Istirahat memang memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa lelah pada seseorang. Istirahat ini tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang sedang sakit. Seseorang dengan kondisi normal dan sehat juga membutuhkan istirahat. Seseorang yang dalam kondisi sakit memang terlihat dan terasa lebih lemah. Untuk mengembalikan energi, salah satu kuncinya yaitu istirahat.

Baca juga: Penyebab Batuk, pengobatan dan pencegahannya

Mengoptimalkan kemampuan otak

Istirahat yang cukup dan teratur dapat menjadikan otak bekerja secara optimal. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang yang sedang sakit, tapi juga untuk yang normal dan sehat. Bagi orang yang sedang, konsentasi tentunya lebih berkurang. Dengan beristirahat, fungsi otak yang kurang optimal tersebut akan dengan cepat bisa pulih. Daya konsentrasi yang meningkat adalah disebabkan oleh adanya hormon kecerdasa otak yaitu noradrenalin dan serotonin yang mana hal ini bisa didapatkan dari manfaatnya istirahat atau tidur. Kedua hormon ini bisa menurun, terlebih untuk orang yang sedang sakit. Maka untuk memulihkannya, beristirahat tidurlah dengan cukup dan baik.

TIPS PENDUKUNG AGAR CEPAT PULIH DARI SAKIT

Istirahat memang sangat penting, terlebih bagi orang yang sedang sakit. Namun, istirahat ini juga harus didukung dengan hal yang lain agar lebih maksimal. Beberapa faktor lainnya yang bisa menjadikan seseorang yang sakit bisa lekas sembuh adalah sebagai berikut.

1. Makan makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi dan kaya nutrisi harus selalu menjadi konsumsi bagi setiap orang. Jika hal ini kuantitasnya kurang, maka akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Seseorang yang dalam keadaan sakit, makanan harus diperhatikan dengan baik. Makanan juga memiliki pengaruh besar terhadap kesembuhannya. Untuk itu, tetap menjaga makan yang teratur dan juga asupan gizinya harus selalu tepat. Dengan makan makanan yang bergizi, secara perlahan bisa mendukung kesembuhan saat sedang sakit. Tidak lupa juga untuk tetap konsumsi sayur dan buah sekalipun anda sakit.

2. Minum air putih yang cukup

Selain makanan yang bergizi, hal lain yang sangat mendukung terhadap kesembuhan seseorang dari sakit adalah minum air putih secukupnya. Banyak orang yang saat sedang sakit tidak minum air putih dikarenakan berbagai alasan. Minum air putih sangat berguna agar tidak kekurangan cairan/ dehidrasi. Dengan air putih yang cukup, badan tidak akan lemas lagi dan tentu akan cepat pulih dari sakit.

Semoga bisa menjawab Alasan Mengapa Anda Harus Istirahat Saat Sakit.
Ini Alasan Mengapa Anda Harus Istirahat Saat Sakit Reviewed by Dunia Tips Kita on 2:02 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.