Informasi Kecantikan

Mengenal Sariawan Dan Obat-obatnya, Dari Apotek ataupun Alami

Apa itu Sariawan?

Sariawan adalah merupakan suatu kelainan pada selaput lendir dalam mulut kita (dalam dunia medis disebut stomatitis), biasanya berbentuk oval dan cekung dengan warna pucat atau bercak putih dengan bagian pinggir berwarna merah. Warna merah pada pinggir kawah sariawan adalah akibat peradangan dan disertai rasa perih saat mengalami kontak dengan makanan atau minuman bahkan dengan bagian mulut itu sendiri seperti lidah dan gigi. Menurut penelitian 10 % dari penduduk bumi pernah mengalami sariawan dan perempuan lebih mudah terkena sariawan ketimbang pria.

Sariawan

Penderita sariawan akan sangat tersiksa dengan rasa perih, bahkan akan mempengaruhi nafsu makan dan keinginan berbicara pun menjadi sangat malas.

Sebenarnya sariawan bukanlah penyakit berbahaya, namun apabila dalam 14 hari hingga 30 hari sakit sariawan anda bisa jadi itu menjadi indikasi atau gejala penyakit kronis lain seperti kangker mulut. Jadi segerakan berobat ke dokter jika sariawan tidak kunjung sembuh dalam waktu tersebut.

Jenis-jenis Sariawan Secara Medis Berdasarkan Penyebabnya

1. Stomatitis Afthosa
Sariawan yang disebabkan oleh luka tergigit sendiri ataupun kontak dengan benda keras yang masuk ke mulut kita, misalnya saat menyikat gigi atau saat mengunyah makanan keras seperti kripik singkong yang rawan melukai rongga mulut sehingga menimbulkan sariawan
2. Oral Thrush/Moniliasis
Sariawan yang disebabkan oleh jamur candida albicans, biasanya sering terjadi pada sariawan yang timbul di lidah.
3. Stomatitis Herpetic
Sariawan yang disebabkan oleh virus herpes kompleks, biasanya sariawan yang timbul di area dekat rongga tenggorokan

Penyebab Sariawan pada Umumnya

- Tergigit secara tidak sengaja  baik itu saat mengunyah makanan atau saat berbicara. Luka bekas tergigit kemungkinan akan menjadi sariawan pada umumnya tergantung kondisi kekebalan tubuh.

- Sistem kekebalan tubuh yang menurun yang disebabkan kurangnya asupan gizi nutrisi seperti zat besi, vitamin B12 dan vitamin C

- Ketidakcocokan menggunakan produk pembersih mulut seperti pasta gigi dan mothwash. Mouthwash biasanya memiliki kandungan alkohol yang memiliki efek panas pada mulut dan menyebabkan selaput lendir terluka.

- Sikat gigi yang sudah rusak, kondisi sikat gigi dengan bulu sikat yang sudah melebar dan tidak rapi akan mudah melukai gusi dan bibir sehingga menyebabkan sariawan.

- Efek samping obat tertentu. Tidak jarang obat-obat dari kedokteran juga menimbulkan efek samping sariawan, meskipun tidak secara langsung.

- Sariawan bisa terjadi akibat virus, bakteri dan jamur. Jamur dan virus bisa tanpa sengaja kita hirup melaui udara ataupun makanan. Faktor ini lebih mengarah kepada sistem kekebalan tubuh itu sendiri.

- Adanya ketidakseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat dalam tubuh

- Tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik akan mengakibatkan bakteri berkembang biak dan segera menginfeksi luka-luka kecil pada dinding mulut sehingga timbul sariawan.

- Adanya gigi berlubang yang tidak terawat juga menjadi faktor timbulnya sariawan. Karena gigi yang berlubang merupakan sarang bakteri.

- Penggunaan gigi palsu juga bisa menjadi faktor penyebab timbulnya sariawan, meskipun manfaat gigi palsu sangat besar untuk proses pengunyahan makanan tapi tidak jarang juga gigi palsu sering melukai gusi asli karena ukuranyang tidak sesuai.

- Pemasangan kawat gigi yang tidak sempurna juga akan melukai bibir dan pipi bagian dalam hingga menyebabkan sariawan

Tips Mencegah Sariawan

Selain disebabkan oleh bakteri virus dan jamur, faktor paling besar adalah menurunnya kondisi kekebalan tubuh apalagi saat musim pancaroba dimana kondisi kekebalan tubuh sangat ekstra bekerja agar anda tidak sakit. Sariawan akan lebih mudah timbul pada mereka dengan kondisi kekebalan tubuhnya menurun.
Selain kekebalan tubuh, sariawan bisa dicegah dengan tips-tips sederhana di bawah ini:

Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh
Nutrisi tubuh yang paling ampuh adalah dari sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk sistem imun tubuh. Konsumsilah sayur dan buah setiap hari meskipun anda tidak ingin.

Cukupi kebutuhan minum air putih
Jangan biarkan rongga mulut anda mengering terlalu lama. Mulut kering disebabkan oleh kurangnya produksi air liur pada kelenjar ludah dan berdampak lapisan selaput lendir pada dinding bibir dan dinding dalam pipi mengering dan rawan pecah-pecah yang akhirnya menimbulkan sariawan. Jadi mulailah teratur minum air putih setiap 1 jam meskipun sedikit sekedar membasahi rongga mulut anda. Hal ini bisa mencegah sariawan.

Jaga kebersihan mulut anda
Bersihkan mulut dengan sikat gigi atau berkumur dengan antiseptik secara rutin. Paling tidak Sehari 2 kali. Dan usahakan berkumur setelah makan untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tersisa seusai makan. Menjaga kebersihan mulut akan mencegah berbagai penyakit seperti sariawan dan bau mulut.


Obat Sariawan yang Bisa Dibeli di Apotek

Obat Sariawan dari Apotek
Namun, jika sudah berusaha menjaga kesehatan mulut dan sebisa mungkin menghindari berbagai penyebab sariawan di atas dan tetap terkena sariawan. Maka anda bisa mengobati sariawan dengan menggunakan obat-obatan sariawan yang dijual di apotek. Berikut 10 obat sariawan yang dijual di apotek.

1. Kortikosteroid
Kortikosteroid merupakan obat apotik yang mempunyai fungsi sebagai anti peradangan. Kortikosteroid memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan membantu mempercepat penyembuhan. Obat ini tersedia dalam bentuk obat kumur dan semprotan.
Perhatian : obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang panjang

2. Obat Kumur Antimikroba
Obat kumur ini membantu membunuh virus, bakteri dan jamur yang menyebabkan infeksi pada mulut, sehingga bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Obat kumur yang sering digunakan adalah Chlorhexidine glukonat.
Perhatian : Chlorhexidine glukonat biasanya digunakan 2 kali dalam sehari

3. Borax Glyserin (GOM)
Borax Glyserin adalah obat tetes sariawan yang digunakan untuk meredakan nyeri akibat sariawan. Selain itu, obat ini juga berfungsi untuk mengobati luka pada puting susu, serta cairan pembersih mulut bagi orang yang tidak sadarkan diri.

4. Gentian Violet 1%
Obat Gentian Violet 1% merupakan jenis obat tetes yang berwarna biru untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan sariawan. Cukup oleskan obat ini pada area mulut atau bibir yang terkena sariawan.
Perhatian : obat ini tidak boleh ditelan

5. Policresulen (Albothyl)
Albothyl merupakan salah satu obat sariawan yang banyak dikenal. Obat ini memiliki khasiat untuk membunuh kuman, mencegah infeksi, menghentikan pendarahan, menciutkan dan menutup luka.

6. Kuldon Sariawan
Kuldon sariawan adalah salah satu obat sariawan di apotik yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan sariawan. Obat ini terbuat dari daun saga, alang-alang dan bunga krisan. Dalam setiap kemasan Kuldon Sariawan terdiri atas 4 tablet yang bisa diminum langsung atau dikunyah terlebih dahulu sebelum ditelan.

7. Candistin Drops
Candistin Drops merupakan obat sariawan yang berfungsi sebagai anti jamur. Selain itu, anda bisa menyembuhkan sariawan yang anda alami dengan Candistin Drops yang bisa di dapatkan di apotik langganan anda.

8. Efisol Liquid
Obat sariawan di apotik lain yang bisa digunakan adalah Efisol Liquid. Di dalam kemasannya terkandung Dequalinium Cl 5 mg dan thymol 2.5 mg yang bisa membantu mengatasi infeksi pada selaput lendir mulut atau sariawan. Untuk mengobati sariawan, cukup oleskan langsung tanpa harus diencerkan terlebih dahulu.

9. Septadine
Septadine obat kumur merupakan obat sariawan yang mengandung povidone iodine yang bisa mencegah infeksi pada gusi, tenggorokan, mulut dan gigi. Anda juga bisa mengatasi bau mulut dengan menggunakan obat ini. Cara pakainya, cukup dengan berkumur selama 30 detik tanpa diencerkan terlebih dahulu.

10. Betadine Gargle

Betadine gargle memiliki manfaat yang baik dalam mengatasi bakteri, virus dan jamur yang menyebabkan sariawan dalam mulut. Selain bisa digunakan untuk mengatasi sariawan, obat ini bisa digunakan untuk gingivitis dan tukak mulut.

Obat Sariawan Alami

Obat Alami Sariawan

Adapun jika anda tidak menyukai mggunakan obat-obatan medis yang mengandung bahan kimia, anda bisa memilih metode menggunakan pengobatan sariawan alami di bawah ini. Ada 20 bahan alami untuk menyembuhkan sariawan yang bisa ditemukan di sekitar rumah anda:

1. Air Kelapa
Ambillah air kelapa, misalnya ada air kelapa hijau. Pakai untuk kumur serta dapat pula ditelan. Ini merupakan cara mengobati sariawan yang paling mudah sekaligus enak tapi juga ampuh.

2. Jambu Air
Ambillah kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang tetap muda), bersihkan serta tumbuk halus makin 1/2 gelas air masak, saring. Pakai air saringan itu untuk kumur.

3. Kopi Bubuk
Ambillah sedikit bubuk kopi lalu berikan di bagian yang sariawan, biarlah berapa menit, lalu kumurlah dengan air bersih. Sampai pulih. Insaalah dapat pulih lebih kurang 2 – 3 hari.

4. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat yang di gabung garam tiga kali satuhari sanggup mengobati luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam sanggup menarik cairan pada luka sariawan jadi sanggup mempercepat pengobatan.

5. Minum yogurt
Yogurt menolong keseimbangan bakteri di mulut serta badan. Hal tersebut dapat mempercepat pengobatan serta menolong menghindar sariawan. Buat rasakan akhirnya, yakinkan yogurt memiliki kandungan acidophilus hidup.

6. Basuh mulut dengan obat tradisional
Basuh mulut dengan satu diantara dari berapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, juice plum, tea tree oil serta air hangat dengan garam.

7. Berikan luka dengan bawang serta pepaya
Menggunakan segera obat ke luka sariawan bisa juga mempercepat sistem pengobatan. Pakai bawang mentah, pepaya atau kantong teh segera pada luka sariawan.

8. Tomat
Cara mengatasi Sariawan yang selanjutnya yaitu memanfaatkan tomat. Makan tomat mentah sebagai obat untuk menanggulangi sariawan. Atau dapat pula, kumur memakai juice tomat.

9. Daun Kemangi serta Kunyit
Cara mengobati sariawan dengan menggunakan daun kemangi. Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi serta air minum. Cara barusan efisien untuk meredakan nyeri sariawan serta selekasnya mengobati. Dapat juga mengulaskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit di gabung dengan satu sendok teh gliserin. Berikan pasta ini di bagian luka.

10. Cobalah baking soda
Obat sariawan alami yang berikutnya dengan menggunakan baking soda. Campur baking soda dengan air yang jadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda dapat menolong melenyapkan bakteri didalam mulut serta kurangi rasa sakit.

11. Temulawak
Temulawak banyak digunakan pada ramuan jamu tradisional, terutama untuk jamu penambah nafsu makan. Tapi ternyata rimpang ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Bahannya adalah satu buah rimpang temulawak, iris tipis, satu buah asam jawa dan sedikit gula aren. Rebus dengan 2 gelas sampai airnya menyusut setengahnya. Saring dan minum 2 kali sehari.

12. Kaki kuda, pegagan, antanan
Ketiga nama tersebut merujuk pada jenis tanaman yang sama dan dapat digunakan untuk obat sariawan. Sediakan satu genggam daun taman kering, kemudian direbus selama 15 menit dan airnya diminum. Selain ampuh mengatasi sariawan ramuan ini juga berkhasiat untuk obat disentri, sakit perut, radang usus, batuk dan peluruh air seni.

13. Temu kunci
Rimpang temu kunci secukupnya, cuci bersih kemudian dikunyah-kunyah dan telan. Bentuk rimpang temu kunci agak berbeda dari rimpang lainnya seperti temulawak, jahe, lengkuas, dsb. Kalau dilihat-lihat lebih mirip wortel yang tumbuhnya vertikal ke bawah.

14. Delima putih
Buah delima secara garis besar dibedakan menjaid ua berdasarkan warnanya, yaitu delima putih dan delima merah. Delima putih bisa digunakan sebagai obat untuk sariawan. Caranya 2 buah delima putih diambil bijinya tumbuk hingga halus. Rendam dalam segelas air selama 2 hari, gunakan untuk berkumur.

15. Kembang sepatu
Daun bunga sepatu direbus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring lalua airnya diminum.

16. Daun sirih hijau
Dua lembar daun sirih hijau dibersihkan lalu dikunyah hingga lumat di mulut. Biarkan sebentar lalu buang. Jangan dimakan yah.

17. Daun jambu biji
Salah satu manfaat daun jambu biji adalah mengobati sariawan. Caranya mudah, sediakan segenggam daun jambu biji serta sepotong kulit batangnya, cuci bersih. Rebus dengan satu liter air bersih hingga tersisa kurang lebih satu gelas. Setelah dingin airnya disaring lalu diminum sekaligus.

18. Mentimun
Mungkin tak banyak yang tahu bagaimana cara mengobati sariawan dengan mentimun . Kebanyakan orang mengetahui kegunaan mentimun sebagai masker wajah atau penurun tekanan darah tinggi. Ambil mentimun yang sudah tua tapi masih segar. Cuci bersih, iris-iris lalu dimakan. Habiskan 2 buah mentimun setiap harinya.

19. Tanaman adas
Siapa yang menyangka kalau tanamn adas juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan tradisional ayng super ampuh. Cara membuat ramuannya adalah 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, semua dihaluskan. Beri sedikit garam lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin airnya diminum, tapi jangan langsugn ditelah ke kerongkongan. air harus membasahi bagian mulut yang terkena sariawan. Ramuan herbal ini juga dapat mengetasi baumulut.

20. Asam jawa
Obat sariawan yang terakhir adalah daun asam jawa dan kunyit. Keduanya direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan gula enau. Airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore setelah makan. Lakukan secara rutin biar cepat sembuh.

Demikian artikel Mengenal Sariawan Dan Obat-obatnya, Dari Apotek ataupun Alami semoga sariawan anda cepat sembuh. Jika dalam 2 minggu sariawan anda tidak kunjung membaik sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Mengenal Sariawan Dan Obat-obatnya, Dari Apotek ataupun Alami Reviewed by Dunia Tips Kita on 12:30 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Kita © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.