Top Ad unit 728 × 90

Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi - Tekanan darah tinggi atau sering disebut dengan hipertensi merupakan penyakit umum yang sering diderita oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan.Namun banyak orang tidak mengetahui jika dirinya mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Karena keberadaannya yang sulit terdeteksi maka dari itu penyakit yang satu ini sering disebut dengan “silent killer”. Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama yang akan memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya, diantaranya serangan jantung, stroke serta gagal ginjal. Perlu anda ketahui, tekanan darah tinggi yang kronik akan membuat penderitanya terkena serangan jantung tiba-tiba dan menimbulkan kematian.

Mencegah tekanan darah tinggi


Orang yang memiliki resiko terserang tekanan darah tinggi akan sering mengalami gejala sebagai berikut.

1. Mudah tersinggung dan marah
2. Lebih mudah lelah, letih dan lesu
3. Sulit berkonsentrasi dan sering lupa
4. Sering sakit dikepala bagian belakang ketika beranjak bangun dari tidur
5. Pandangan sering kabur
6. Gelisah
7. Susah tidur
8. Sulit mengendalikan emosi
9. Muka memerah.

Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah merupakan tekanan yang dialami oleh darah pada pembuluh darah arteri ketika jantung memompa darah ke seluruh anggota tubuh. Tinggi rendahnya tekanan darah seseorang tidaklah mudah diketahui, anda harus memeriksakan diri anda terlebih dahulu ke dokter dengan cara mengukur tekanan darah dengan menggunakan sphigmomanometer atau lebih dikenal dengan tensimeter. Beberapa faktor berikut sering dikait-kaitkan dengan timbulnya tekanan darah tinggi yaitu:

1. Kelebihan Berat Badan
Jika anda memiliki berat badan di atas 30% berat badan ideal maka potensi anda terserang hipertensi atau tekanan darah tinggi akan meningkat. Oleh sebab itu tetaplah menjaga berat badan anda agar selalu ideal.

2. Keturunan
Faktor yang satu ini merupakan faktor yang tidak dapat dikendalikan. Jika orang tua anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi maka besar kemungkinan anda juga akan mengalami nasip yang sama, apalagi jika anda tidak menerapkan pola hidup sehat.

3. Usia
Seiring dengan bertambahnya usia maka elastisitas pembuluh darah akan menurun sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. Namun dengan pola hidup yang sehat, anda dapat mengendalikan tekanan darah agar tidak melewati batas normal. Selain itu kondisi emosi yang tidak stabil atau stress juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

4. Garam
Kadar garam yang berlebih di dalam tubuh akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Untuk itu kita harus menjaga asupan garam.

5. Kolesterol
Kolesterol atau kadar lemak LDL yang menumpuk di dalam pembuluh darah dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan aliran darah ke jantung menjadi terhambat. Sehingga jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, hal ini akan menyebabkan tekanan darah meningkat dan memicu timbulnya penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Makanan seperti daging kambing merupakan makanan yang wajib anda hindari.

6. Merokok, kafein dan alkohol
Mengonsumsi kafein dan alkohol yang berlebih serta merokok juga dapat memicu tekanan darah meningkat.

Baca juga: Ramuan dan obat tradisional untuk tekanan darah tinggi

Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Mencegah lebih baik dari mengobati, merupakan kata bijak yang sangat tepat. Sebelum kita terserang tekanan darah tinggi, ada baiknya kita berhati-hati dan menjauhi segala faktor penyebab tekanan darah tinggi. Ada beberapa cara mencegah tekanan darah tinggi yang dapat anda terapkan dalam menjalani hidup anda, yaitu:

1. Olahraga Secara Teratur

Dengan melakukan olahraga secara teratur maka tekanan darah kita akan selalu terkontrol. Melalui olahraga akan membantu jantung agar lebih efisien dalam penggunaan oksigen sehingga jantung tidak perlu bekerja ekstra untuk memompa darah. Orang yang rutin berolahraga akan memiliki peluang yang lebih kecil terkena tekanan darah tinggi dikarenakan sistem sirkulasi darah berjalan lancar.

2. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebih merupakan salah satu faktor yang akan memicu tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu menjaga berat badan anda agar tetap dalam keadaan normal merupakan sebuah cara yang paling efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi. Jika berat badan anda berlebih segeralah periksakan diri anda ke dokter, dan mulailah berdiet dan berolahraga yang rutin untuk menurunkan berat badan anda.

3. Diet Seimbang

Menjaga pola makan agar tetap stabil dan terkontrol merupakan cara mencegah munculnya tekanan darah tinggi lainnya. Mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan yang kaya potasium serta membatasi asupan kalori sangat di anjurkan agar anda terhindar dari tekanan darah tinggi. Potasium merupakan senyawa yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Setiap harinya kita dianjurkan untuk mengkonsumsi sebanyak 3,510 mg potasium. Beberapa makanan yang tinggi potasium adalah kacang-kacangan, blewah dan melon.

4. Membatasi Konsumsi Garam dan Lemak Jenuh

Garam dan lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, namun asupannya yang berlebih akan memicu tekanan darah anda meningkat. Oleh sebab itu rutinlah untuk melakukan pengecekkan kolesterol dan tekanan darah setiap 6 bulan sekali.

5. Berhenti Merokok dan Kendalikan Diabetes Anda.

6. Kurangi Mengkonsumsi Durian dan Daging Kambing


Itulah beberapa tips dan cara mencegah tekanan darah tinggi yang dapat anda lakukan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat maka semua penyakit akan dapat diatasi.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Gejala, Komplikasi dan Pengobatan

Jenis Makanan Pantangan Penderita Tekanan Darah Tinggi

Jika anda sudah terlanjur mengalami tekanan darah tinggi maka anda harus berhati-hati. Karena tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi merupakan suatu penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini hanya dapat dikendalikan memalui gaya hidup sehat. Yang paling penting adalah menjaga pola makan anda, agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi.

1. Makanan Berlemak
Makanan yang mengandung lemak yang tinggi seperti gorengan adalah makanan pantangan bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi. Karena semakin banyak asupan lemak atau kolesterol dalam tubuh maka tekanan anda akan semakin meningkat.

2. Makanan Asin
Bagi anda penderita darah tinggi atau hipertensi, jenis makanan ini menjadi pantangan buat anda. Konsumsi makanan asin yang berlebih akan membuat otak menjadi lambat berfikir dan tekanan darah anda meningkat sehingga penyakit darah tinggi anda akan kumat.

3. Makanan Kaleng
Makanan kaleng atau makanan cepat saji merupakan makanan yang paling praktis untuk dikonsumsi. Namun mengkonsumsi makanan ini dalam waktu yang berkepanjangan akan berdampak buruk bagi kesehatan anda terutama bagi anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Makanan jenis ini akan memicu tekanan darah tinggi anda kumat.

4. Makanan Manis
Makanan manis merupakan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Makanan manis akan menyebabkan penyakit diabetes atau kencing manis serta dapat memicu kumatnya penyakit tekanan darah tinggi anda. Jadi bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi harus berjaga-jaga dalam mengkonsumsi makanan yang manis.


Itulah Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi semoga bisa menjadi pertimbangan untuk mengatasi penyakit darah tinggi anda.



Cara Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi Reviewed by Dunia Tips Kita on 11:53 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.