Top Ad unit 728 × 90

Gejala Penyebab Asam Urat dan Cara Alami Mengobatinya

Gejala Penyebab Asam Urat dan Cara Alami Mengobatinya


Gejala Penyebab Asam Urat dan Cara Alami Mengobatinya. Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang sangat sering muncul pada orang dewasa khususnya yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Meskipun penyakit sendi yang satu ini tidak berbahaya namun jangan pernah menganggap penyakit tersebut adalah penyakit yang ringan karena saat sedang kambuh maka Anda akan merasakan rasa sakit yang luar biasa khususnya pada bagian persendian. Sebenarnya setiap orang memiliki kadar asam urat dengan kadar yang berbeda-beda sehingga ada baiknya mulai memperhatikan pola hidup dan pola makan Anda sekarang sebelum kadar asam urat Anda menjadi melebihi ambang batas normal.


Asam urat dan cara alami mengobatinya

Apa saja gejala dari penyakit asam urat?


Penyakit asam urat memang bisa menjangkiti siapa saja dari berbagai kalangan, umumnya penyakit ini menyerang bagian persendian khususnya pada bagian jempol kaki. Salah satu ciri dari munculnya penyakit asam urat adalah adanya pembengkakan dengan warna kemerahan. Penyakit ini sebenarnya muncul karena adanya natrium urat yang mengkristal baik pada bagian dalam sendi maupun di bagian sekitar sendi. Sehingga bagi para penderita penyakit ini akan merasakan rasa sakit yang sangat khususnya pada bagian sendi.

1. Gejala umum


Gejala umum dari penyakit asam urat bisa dibilang sangat cepat bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Umumnya, gejala umum yang dirasakan adalah rasa linu atau pegal pada bagian sendi yang sangat dan berlangsung hingga beberapa jam hingga beberapa hari. Beberapa orang bahkan mengalami pembengkakan dan warna kulit di sekitar sendi yang sakit akan berubah kemerahan. Pada saat gejala ini muncul, para penderita tidak akan mampu menggerakkan bagian tubuhnya khususnya di bagian yang sakit dengan bebas. Biasanya puncak rasa sakit saat gejala penyakit dengan nama lain penyakit Gout ini akan berlangsung pada 6 sampai 40 jam pertama.

Biasanya rasa sakit akan menghilang setelah 3 sampai 10 hari namun hal itu bukan berarti rasa sakit yang muncul sebagai gejala umum dari penyakit asam urat hilang. Memang setelah 10 hari, baik rasa sakit, pembengkakan hingga warna kulit yang kemerahan tidak akan muncul lagi namun tidak berarti Anda sudah terbebas dari penyakit peradangan sendi tersebut. Jika kadar asam urat dalam tubuh Anda sedang tinggi maka baik rasa sakit, pembengkakan maupun kulit yang memerah akan muncul kembali, bahkan bisa dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: Tekanan darah tinggi Gejala, Komplikasi dan pengobatannya

2. Gejala lain yang kadang muncul


Selain memiliki gejala umum atau gejala utama, Anda juga bisa mengenali munculnya penyakit asam urat dari gejala lainnya yang sering muncul. Contohnya seperti:

a. Sendi sering mengalami kesemutan atau sekadar muncul rasa linu dan juga nyeri

b. Munculnya rasa nyeri pada bagian sendi dan berlangsung hingga berkali-kali

c. Rasa nyeri pada bagian sendi sering muncul pada pagi atau malam hari saat udara sedang dingin

d. Jika bagian sendi pada tumit, siku, jari tangan, pergelangan tangan, jari kaki, atau dengkul sering terasa ngilu dan sakit yang sangat maka itu bisa jadi tanda dari munculnya penyakit asam urat

e. Saat sedang kambuh, bagian sendi yang sakit sama sekali tidak bisa digerakkan

Jika sudah muncul gejala-gejala tersebut baik yang gejala umum maupun gejala lain sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut di laboratorium rumah sakit terdekat. Dengan mengetahui dengan pasti, apakah gejala yang selama ini dialami merupakan tanda dari penyakit asam urat, tentunya akan sangat membantu Anda kedepannya.

Hal-hal yang Menjadi Penyebab Munculnya Asam Urat


Setiap orang memang memiliki kadar asam urat dalam tubuh, asam urat sendiri sebenarnya adalah limbah yang dihasilkan dari pemecahan zat purin yang terjadi di dalam sel tubuh manusia. Sehingga justru akan aneh jika ada orang yang tidak memiliki asam urat. Sebenarnya limbah dari pemecahan zat purin bernama asam urat ini akan dibuang secara rutin setiap harinya melalui ginjal.

Penyebab asam urat


Sayangnya, kadangkala jumlah limbah zat purin yang dibuang tidak sebanyak yang dihasilkan sehingga mau tidak mau asam urat akan menempel pada bagian sendi dan menimbulkan pengkristalan. Jika terus dibiarkan maka akan mengakibatkan adanya peradangan sendi dan muncul penyakit dengan nama Asam Urat.

Terdapat beberapa penyebab lain yang juga bisa menjadi pemicu munculnya penyakit asam urat. Ada baiknya mulai dari sekarang untuk mulai menghindari beberapa hal yang menjadi penyebab atau pendukung munculnya penyakit asam urat dalam tubuh. Penyebab lain yang merangsang datangnya penyakit asam urat seperti:

1. Mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko munculnya penyakit asam urat. Tidak hanya bisa memicu asam urat, dengan terlalu sering mengonsumsi alkohol, sistem pencernaan juga akan bermasalah, begitu juga bagian ginjal.

2. Mengonsumsi obat-obatan terlalu sering

Mengonsumsi obat saat sedang sakit memang menjadi hal yang wajib, namun jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan merusak tubuh dan menjadi penyebab munculnya penyakit asam urat. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan asam urat diantaranya seperti obat-obatan diuretik, levopoda, obat-obatan anti-penolakan, aspirin baik dalam dosis kecil maupun dalam dosis besar, obat-obatan yang mengandung niacin, dan lain sebagainya.

3. Diet yang tidak sehat

Melakukan diet yang salah ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya asam urat. Hal ini dikarenakan kebanyakan makanan diet mengandung zat purin yang tinggi sehingga limbah yang dihasilkan juga akan semakin banyak. Jika tidak bisa dikeluarkan semuanya melalui ginjal maka akan menumpuk di bagian sendi.

4. Mandi malam

Penyebab munculnya asam urat selanjutnya adalah sering mandi malam. Orang tua jaman dahulu selalu melarang anak-anaknya untuk mandi di malam hari. Hal ini dikarenakan udara dingin memang bisa memicu naiknya kadar asam urat dalam tubuh. Tidak hanya itu, mandi malam ternyata juga bisa menurunkan kemampuan metabolisme tubuh dan menimbulkan penyakit rematik.

5. Sering mengkonsumsi minuman yang terlalu manis

Sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung fruktosa tinggi ternyata mampu meningkatkan resiko munculnya penyakit asam urat. Sehingga bagi Anda yang menyukai minuman manis sebaiknya untuk mulai mengurangi kadarnya mengingat dengan sering mengonsumsi yang manis-manis juga bisa mengakibatkan munculnya penyakit diabetes.

6. Faktor keturunan

Bagi Anda yang memiliki orang tua yang mengidap penyakit asam urat sebaiknya berhati-hati. Pasalnya penyakit ini bersifat turunan sehingga sebaiknya mulai berhati-hati.

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya penyakit asam urat tentunya Anda bisa mengetahui bagaimana cara untuk meminimalisir hal-hal yang mampu memicu munculnya naiknya kadar asam urat dalam tubuh Anda. Selain itu, terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan jika persentase pria untuk terjangkit penyakit peradangan sendi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan. Oleh karena itu, bagi Anda khususnya para pria sebaiknya perhatikan pola makan dan pola hidup Anda mulai dari sekarang.

Tips dan Cara Alami Mengobati Asam Urat


Penyakit asam urat memang merupakan salah satu penyakit yang sudah umum terjadi pada orang dengan kisaran usia lebih dari 30 tahun baik pria maupun wanita. Penyakit yang dikarenakan adanya pengkristalan asam urat pada sendi ini memang bukan penyakit yang bisa dianggap remeh. Pasalnya rasa sakit saat penyakit tersebut kambuh bisa membuat si penderita tidak bisa bergerak sama sekali. Sehingga bagi Anda yang belum terkena penyakit ini sebaiknya harus lebih berhati-hati dan hindari hal-hal yang bisa memicu timbulnya penyakit tersebut.

Namun bagi Anda yang sudah terkena penyakit ini, tidak perlu risau. Pasalnya sudah banyak pengobatan baik itu secara alami atau secara medikal yang mampu menyembuhkan penyakit dengan nama lain penyakit Gouw tersebut. Rasa sakit dari asam urat memang hanya akan terasa pada saat kambuh saja namun rasa sakit tersebut sangat parah sehingga tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui cara mengobati asam urat baik pada saat kambuh atau saat rasa sakitnya hilang.

Bagi Anda yang kini sedang dalam proses penyembuhan penyakit asam urat, ada beberapa tips dan cara dalam mengobati penyakit tersebut yang alami. Satu kunci keberhasilan jika Anda memilih menggunakan cara alami adalah Anda harus telaten dan melakukan pengobatan secara rutin. Jika tidak maka semua pengobatan yang sudah Anda lakukan akan sia-sia.

Berikut beberapa tips dan cara alami yang bisa Anda lakukan jika ingin mengobati asam urat:

1. Pada saat asam urat kambuh

Saat penyakit asam urat kambuh pasti rasanya sangat sakit hingga Anda tidak bisa menggerakkan bagian sendi yang sakit tersebut bukan? Jika memang demikian, jangan paksakan bagian yang sakit tersebut untuk bergerak. Usahakan untuk tetap tenang dan segera mencari posisi yang nyaman untuk beristirahat.

Pada saat asam urat kambuh, usahakan untuk mengistirahatkan diri dan mengompres bagian sendi yang sakit dengan es batu. Gunakan handuk untuk membungkus es batu tersebut karena jika langsung menggunakan es batu maka akan merusak permukaan kulit Anda dan dikhawatirkan akan menimbulkan infeksi. Lakukan pengkompresan kurang lebih selama 20 menit hingga rasa sakitnya mereda. Anda bisa melakukan cara ini kapan pun terutama jika asam urat Anda sedang kambuh.

2. Pada saat proses penyembuhan

Pengobatan tidak hanya dilakukan pada saat penyakit asam urat kambuh saja melainkan sampai penyakit ini benar-benar sembuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati asam urat. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi berbagai ramuan herbal yang bahan-bahannya sangat mudah untuk ditemukan.

Beberapa bahan yang biasanya digunakan sebagai bahan baku obat alami untuk pengobatan asam urat seperti daun sirsak, bunga rosella, jahe, buah cherry, dan daun seledri. Salah satu tips bagi Anda yang ingin menggunakan cara alami ini adalah Anda harus bisa mau mengonsumsi ramuan alami tersebut dengan rutin.

Selain itu, Anda juga bisa memadukan ramuan yang ada dengan beberapa terapi mudah seperti terapi air hangat yang dipercaya akan mempercepat proses penyembuhan dari penyakit asam urat tersebut. Untuk melakukan terapi air hangat tersebut tidaklah sulit, yang Anda lakukan hanya merendam bagian yang terkena asam urat ke dalam air hangat kurang lebih selama 10 menit. Jika dilakukan secara rutin pagi dan sore maka hasilnya bisa Anda rasakan sendiri.

Baca juga: Tips dan cara alami menurunkan darah tinggi dengan cepat

Ramuan Alami untuk Mengobati Penyakit Asam Urat


Bahan-bahan untuk membuat ramuan alami untuk mengobati penyakit asam urat terbilang sangat simpel dan sangat mudah untuk ditemukan. Bahkan mungkin saat ini di pekarangan rumah Anda sudah ada bahan-bahan yang nantinya akan digunakan sebagai obat alami dari penyakit peradangan sendi tersebut. Berikut beberapa obat yang bisa Anda gunakan sebagai obat alami penyakit asam urat:

Ramuan alami untuk asam urat


1. Daun Sirsak

Dalam daun sirsak terkandung bayak sekali vitamin A dan juga vitamin C, keduanya memang sangat ampuh untuk digunakan sebagai obat detox alami yang akan mengeluarkan racun dalam tubuh. Tidak hanya itu, daun dari buah berduri ini juga mampu mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh pembengkakan yang terjadi akibat asam urat.

Untuk bisa membuat ramuan alami untuk mengobati asam urat dari daun sirsak juga sangat mudah, yakni:

a. Rebus 6 – 10 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih kemudian potong menjadi beberapa bagian dalam dua gelas air

b. Rebus daun sirsak tersebut hingga tersisa satu gelas saja, minum secara rutin di pagi dan malam hari

2. Bunga rosella

Bagi Anda yang tidak suka ramuan dengan aroma dan rasa yang aneh sebaiknya cobalah mencoba ramuan dari bunga rosella. Dalam bunga tersebut terdapat banyak kandungan vitamin C, protein esensial, legnin dan asam amino yang sangat berguna untuk tubuh. Untuk bisa membuat obat asam urat dari bunga rosella, Anda harus:

a. Siapkan 5 buah rosella kering dan sudah dicuci bersih

b. Seduh dengan air panas sekitar 200 cc

c. Sebaiknya tambahkan madu secukupnya dari pada menggunakan gula

d. Minum selagi hangat serta minum secara rutin

3. Jahe

Jahe memang sudah dikenal karena memiliki khasiat yang sangat berlimpah, salah satunya sebagai obat asam urat. Tidak hanya itu, jahe juga bermanfaat sebagai anti nyeri, mampu memperlancar sistem pencernaan dan juga pernapasan serta mampu melancarkan sirkulasi darah. Untuk menjadikan bahan kaya manfaat ini sebagai obat asam urat, Anda bisa menyeduhnya secara langsung atau membuat sup menggunakan jahe. Manfaat dari jahe ini akan sangat Anda rasakan terlebih jika Anda mengkonsumsinya secara rutin.

4. Buah ceri

Bahan baku selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai obat asam urat adalah buah ceri. Dalam buah imut berwarna merah ini, terdapat banyak sekali kandungan magnesium yang baik untuk melawan penyakit asam urat. Yang perlu Anda lakukan untuk bisa memperoleh hasil maksimal buah ceri sebagai obat asam urat adalah Anda cukup mengonsumsi 7 buah ceri setiap hari secara rutin, enak bukan?

5. Biji seledri

Anda tentu tahu biji seledri bukan? Daun yang biasanya menjadi salah satu bumbu masakan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Dalam biji tersebut terdapat kandungan klorin, inositol, asam lemak esensial, sulfur, potasium, folat, mangan, selenium, fosfor, vitamin A, vitamin B1 dan juga seng. Dengan banyaknya kandungan zat tersebut, tidak mengherankan jika biji ini juga bisa digunakan sebagai obat asam urat.

Untuk memanfaatkan biji seledri sebagai obat asam urat, Anda harus:

a. Menyiapkan 2 gram biji seledri, cuci bersih

b. Rebus biji tersebut dalam 110 m air hingga biarkan selama 15 menit atau tunggu hingga mendidih

c. Saring air rebusan tersebut lalu minum air rebusan tadi cukup satu kali setiap hari. Lakukan secara rutin jika ingin memperoleh hasil yang maksimal.

Langkah dan cara di atas harus anda lakukukan secara rutin untuk mendapatkan efek penyembuhan yang maksimal, mengingat pengobatan menggunakan bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping sehingga diperlukan waktu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Semoga artikel Gejala Penyebab Asam Urat dan Cara Alami Mengobatinya bermanfaat.
Gejala Penyebab Asam Urat dan Cara Alami Mengobatinya Reviewed by Dunia Tips Kita on 9:41 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.