Top Ad unit 728 × 90

Ide Jenis Usaha Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Ide Jenis Usaha Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa



Masih berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan uang. Jika Anda jeli melihat peluang usaha yang ada di sekitar, Anda pun bisa menghasilkan banyak uang meskipun masih pelajar. Kuncinya hanya satu, niat yang kuat. Setelah itu, Anda harus menekuni pekerjaan yang Anda pilih tanpa harus meninggalkan sekolah atau kuliah Anda. Keseimbangan antara prestasi dalam pelajaran dan prestasi dalam berusaha harus bisa dipertahankan. Jangan sampai Anda hanya sukses pada salah satu di antara dua hal yang Anda jalani tersebut. Simak beberapa ide usaha yang bisa Anda jalani selama masa sekolah atau kuliah.

IDe usaha untuk pelajar dan mahasiswa


Ide Usaha untuk Pelajar dan Mahasiswa


Pekerjaan sampingan bagi para pelajar dan mahasiswa sebaiknya adalah pekerjaan yang tidak berat. Waktu bekerja juga harus fleksible. Dengan begitu, para siswa bisa mempertahankan prestasinya dalam belajar dan dalam bisnis yang sedang mereka jalankan. Berikut ini adalah 7 ide bisnis untuk para siswa dan mahasiswa.


1. Bisnis Jasa Foto atau Video

Ide bisnis yang satu ini cocok dengan para siswa dan mahasiswa yang memiliki hobi fotografi. Menghasilkan uang dari apa yang menjadi hobi kita tentu menyenangkan. Untuk kamu yang sedang mengambil kuliah di jurusan fotografi atau yang ada kaitannya dengan fotografi, bisnis jasa foto dan juga video ini juga bisa dijadikan sebagai lahan praktikum untuk Anda. Yang jelas, usaha ini cukup berprospek karena ada banyak orang selalu membutuhkan jasa foto atau video.


2. Bisnis Private atau Kursus

Ide bisnis sampingan yang selanjutnya adalah bisnis private atau kursus. Usaha ini tidak membutuhkan modal. Anda hanya perlu memperbanyak relasi sehingga bisa mencari siswa atau adik kelas untuk diberikan les private. Menjelang ujian, pasti ada banyak siswa yang mencari guru les privat. Jika Anda tidak bisa mencari murid sendiri, Anda bisa mencari lembaga bimbingan belajar. Lembaga tersebut nantinya akan mencarikan murid untuk Anda dan feedari menjadi guru privateakan ditentukan oleh pihak lembaga.


3. Bisnis Penulis Online

Bagi Anda yang punya hobi menulis, usaha jasa penulis online adalah pilihan yang terbaik untuk pelajar atau mahasiswa. Kelebihan dari usaha ini adalah tidak terikat dengan waktu. Anda bisa menulis di sela-sela kesibukan Anda. Ada ribuan website yang menunggu tulisan Anda. Peluang bisnis jasa penulis artikel cukup menjanjikan. Selama Anda tekun, pundi-pundi rupiah pun bisa Anda kumpulkan untuk menambah uang jajan.


4. Bisnis Penerjemah

Untuk Anda yang berada di jurusan bahasa, menjadi penerjemah adalah pilihan terbaik. Bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal. Sementara itu, selalu ada orang-orang yang membutuhkan jasa penerjemah, entah dari bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa arab, atau bahasa asing lainnya untuk diubah ke dalam bahasa Indonesia. Jika Anda menguasai salah satu bahasa asing tersebut, tidak ada salahnya untuk menguji kompetensi Anda dengan menjadi penerjemah. Selain dapat mendatangkan uang, usaha ini juga akan meningkatkan kemampuan berbahasa Anda.


5. Bisnis Desain Grafis

Untuk Anda yang suka main Corel Draw atau Photoshop, saatnya mengaplikasikan kemampuan Anda untuk membuka jasa desain grafis. Usaha ini pasti akan laku keras di pasaran. Setiap acara di lingkungan kampus atau sekolah membutuhkan media publikasi berupa pamflet atau banner yang menarik. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan pamflet. Tak hanya mendesain pamflet acara, Anda juga membuka jasa desain undangan, edit foto, desain kaos, dan lain sebagainya,


6. Bisnis Toko Online

Jika Anda tidak memiliki keahlian khusus seperti menulis, memotret, atau membuat desain, ada ide usaha lain yang bisa Anda tekuni. Ide bisnis tersebut adalah bisnis toko online. Anda bisa menjadi reseller barang-barang tertentu, seperti baju, aksesoris, atau apa pun. Kemudian pasarkan barang-barang tersebut di media sosial Anda. Buatlah toko online di FB, BBM, atau Instagram. Jika Anda menekuninya, Anda tidak akan susah mencari pelanggan. Uang pun akan cepat terkumpul.


7. Bisnis Jualan Pulsa

Bisnis jualan pulsa menjadi ide usaha yang paling sederhana. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha pulsa ini tidak besar. Dengan modal Rp 100.000 saja, Anda bisa mulai berbisnis pulsa. Selain itu, bisnis ini juga sangat gampang dijalankan. Anda bisa menjual pulsa ke teman-teman Anda. Akan tetapi, pastikan Anda menjalankan bisnis ini dengan strategi yang benar. Jangan sampai usaha ini gulung tikar karena terlalu banyak teman Anda yang berhutang ke Anda.


Kiat Sukses Memulai Bisnis untuk Para Siswa dan Mahasiswa



1. Tentukan Bisnis Sesuai dengan Passion

Ada banyak peluang bisnis di sekitar Anda. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pilih bisnis sesuai dengan passionAnda. Jika Anda memiliki minat di bidang fotografi, Anda bisa menjadi freelance fotografer. Jika Anda memiliki minat di bidang baca-tulis, Anda bisa membuka usaha jasa pembuat artikel. Usaha sampingan yang sesuai minat akan membuat Anda nyaman dan tidak terbebani. Ingat, walau bagaimanapun, tugas Anda sebagai pelajar tidak boleh dikesampingkan.


2. Tekuni dengan Baik

Usaha apa pun yang sudah Anda pilih harus ditekuni dengan baik. Teguhkan niat dan siapkan mental Anda karena biasanya memulai bisnis selama menjadi mahasiswa tidak mudah. Waktu Anda untuk bersenang-senang bersama teman-teman akan sedikit berkurang. Untuk itu, sebisa mungkin pegang teguh niat Anda. Ingat, jika Anda bisa sukses di bidang pendidikan dan bisnis sekaligus, tentu akan sangat membanggakan. Sesekali, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan sahabat Anda.


3. Manajemen Waktu

Menjalankan dua peran sekaligus memang membutuhkan manajemen waktu yang baik. Di satu sisi, Anda punya kewajiban untuk menjaga nilai dan prestasi Anda. Di sisi lain, Anda juga punya kewajiban untuk menjalankan bisnis yang sudah Anda pilih. Agar dua-duanya bisa berjalan secara seimbang, kemampuan Anda dalam memanajemen waktu sangat diperlukan. Jangan sampai Anda terlalu sibuk bekerja sehingga nilai Anda turun. Sebaliknya, jangan sampai aktivitas Anda di sekolah atau di kampus membuat Anda melalaikan bisnis yang sudah Anda mulai. Keduanya harus bisa berjalan beriringan.


4. Semangat dan Pantang Menyerah

Usaha yang Anda jalankan tidak selalu berada di posisi atas. Ada kalanya, kehidupan pendidikan dan bisnis Anda berada di posisi yang tidak menguntungkan. Jangan buru-buru menyerah dengan keadaan. Ingat-ingat lagi mengapa Anda memilih menjalankan dua profesi ini sekaligus. Bangun kembali semangat Anda. Jangan sampai posisi yang tidak menguntungkan ini membuat Anda menyerah. Biasakan diri Anda untuk bersikap gigih dan pantang menyerah. Dengan begitu, kesuksesan Anda pun akan segera Anda raih.

Demikian adalah 7 ide usaha yang pas untuk para siswa dan mahasiswa. Informasi di atas juga dilengkapi dengan beberapa kiat sukses yang bisa Anda ikuti untuk menjalankan dua profesi sekaligus. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.
Ide Jenis Usaha Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa Reviewed by Dunia Tips Kita on 2:04 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.