Top Ad unit 728 × 90

Jenis Jenis Jus dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jenis Jenis Jus dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Jus merupakan suatu minuman yang dibuat dari bahan alami, bisa buah-buahan atau pun sayuran. Terkadang ada pula jus yang terbuat dari campuran kedua bahan tersebut yaitu buah dicampur dengan sayuran. Kebanyakan minuman itu dimanfaatkan untuk diet karena memang khasiatnya begitu terasa. Berbicara tentang minuman menyegarkan dan alami, di sini ada beberapa jenis jus yang memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Jenis jenis jus

Jenis-Jenis Jus yang Bisa Dibuat


Selain air putih, minuman sehat salah satunya adalah jus. Manfaat jus buah dan sayur pun begitu banyak karena terbuat dari bahan alami dan juga memiliki banyak nutrisi. Karena kandungan gizinya itulah yang membuat minuman tersebut banyak digemari baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Berikut ini ada 3 jenis jus yang bisa Anda buat, 3 jenis jus tersebut memiliki manfaat besar bagi kesehatan.


1. Jus Buah

Semua orang pasti sudah tahu jika jus kebanyakan terbuat dari buah-buahan. Memang masyarakat pada umumnya mengolah buah menjadi minuman segar tersebut karena selain rasanya enak, khasiatnya bagi kesehatan begitu terasa. Untuk kandungan gizinya pun cukup tinggi antara lain mineral, vitamin dan serat. Apabila minuman sehat tersebut dikonsumsi setiap hari maka manfaatnya akan sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan.


2. Jus Sayuran

Mendengar namanya pasti agak sedikit aneh, sayuran dibuat jus? Bagaimana nanti rasanya? Tentu enak bila dibuat dengan berbagai macam bahan. Jus sayuran memang tidak banyak peminatnya bila dibandingkan dengan jus buah karena rasanya yang sedikit aneh dan cenderung tidak enak. Tetapi jangan salah, jus yang terbuat dari sayur-sayuran itu malah manfaatnya begitu luar biasa dan sering dimanfaatkan sebagai obat diet alami. Membuatnya pun juga cukup mudah seperti halnya membuat jus buah. Yang terpenting adalah bahan yang dipakai masih segar dan tidak busuk kemudian jauh dari pestisida.


3. Jus Buah Campur Sayur (mix)

Yang terakhir ada jus buah dicampur dengan sayuran. Hal ini sudah lumrah dan banyak ditemui bila buah dicampur dengan sayuran tertentu untuk dibuat jus. Rasanya pun sangat enak dan tidak aneh malah cenderung lebih segar karena banyak mengandung vitamin. Contohnya, Anda bisa membuat minuman sehat dari wortel dan jeruk atau pun brokoli dengan apel atau pun jeruk.


Manfaat Jus Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan


Terlepas dari jus buah atau sayuran, keduanya sama-sama memiliki kandungan vitamin serta mineral yang banyak. Anda pun bisa mendapatkan manfaatnya apabila selalu rutin mengkonsumsinya. Berikut ini ada beberapa poin manfaat dari jus baik itu dari buah-buahan maupun sayuran bagi kesehatan.


1. Menurunkan berat badan

Buah dan sayur itu kaya akan nutrisi serat jadi tak heran bila manfaat yang pertama adalah membantu menurunkan berat badan. Jus yang sangat ampuh untuk menurunkan berat badan antara lain adalah jus apel, jus pepaya, jus mangga, jus kiwi, jus strawberry, jus blueberry, jus jeruk, jus pisang dan jus semangka. Dari deretan jus buah tersebut Anda bisa memilih salah satu dan dikonsumsi secara rutin supaya bisa membantu mendapatkan berat badan dan ideal. Misalnya pada jus mangga, mangga sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, serat, kalsium serta zat besi. Sebaiknya dikonsumsi 30 menit sebelum makan supaya sistem pencernaan menjadi lancar dan juga bisa menekan nafsu makan Anda.


2. Melancarkan pencernaan/mencegah sembelit

Anda memiliki masalah pencernaan tidak lancar atau sembelit? Jangan langsung meminum obat pencahar tetapi gunakan saja jus. Anda bisa memilih jus buah atau pun jus sayuran untuk melancarkan sistem pencernaan. Di dalam buah dan sayur tersebut selain terdapat serat ada juga kandungan air sehingga bisa membantu mendorong ampas makanan keluar dari usus. Lancarnya sistem pencernaan akan membuat perut Anda lebih nyaman dan tidak buncit tentunya.


3. Membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh

Manfaat luar biasa selanjutnya dari minuman jus adalah membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Bagaimana bisa? Hal ini karena di dalam sayuran dan buah terkandung zat antioksidan dan kadar air yang membantu tubuh menyaring zat racun dan nantinya akan dikeluarkan lewat urine.


4. Mencegah penuaan dini

Siapa bilang minum jus hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh saja? Ternyata rutin mengkonsumsi jus dapat mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin seperti vitamin C dan E serta zat antioksidan yang terdapat di dalam jus buah membantu menyehatkan kulit dan senantiasa mencegah kulit tidak keriput dan kering. Yang paling digemari untuk merawat kulit adalah jus alpukat, jus strawberry dan jus pepaya. Anda bisa mengkonsumsi setiap hari buah-buahan tersebut untuk mendapatkan kulit yang sehat karena asupan vitaminnya cukup.


5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Apabila Anda ingin meningkatkan daya tahan tubuh, minum saja jus buah yang lebih alami dibandingkan dengan minuman suplemen. Minuman seperti jus buah jauh lebih sehat dan tidak akan menimbulkan bahaya gagal ginjal seperti suplemen lainnya. Jus yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah jus jeruk atau jus lemon.


6. Membantu memperlancar tekanan darah

Bagi penderita anemia maupun hipertensi memang tidak boleh mengkonsumsi beberapa makanan tertentu karena bisa mempengaruhi tekanan darah. Contohnya pada penderita hipertensi, bila terlalu banyak mengkonsumsi garam atau pun daging kambing maka tekanan darah akan cepat naik dan itu sangat berbahaya karena bisa memicu terjadinya stroke. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi jus buah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah misalnya jus semangka, jus melon atau pun jus ketimun. Ketiga buah-buahan tersebut sangat ampuh dalam membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki kandungan kalium di dalamnya. Jadi bagi penderita hipertensi sangat baik bila mengkonsumsi jus buah tersebut setiap hari. Dan khusus penderita anemia, jus buah naga merah sangat dianjurkan karena banyak mengandung zat besi.


7. Membantu menyembuhkan penyakit (panas dalam,flu dan batuk)

Tahukah Anda jika minuman jus itu manfaatnya juga bisa membantu menyembuhkan penyakit seperti flu, batuk dan panas dalam? Jus buah yang berkhasiat untuk ketiga penyakit tersebut antara lain jus nanas, jus jeruk dan jus belimbing wuluh. Buah tersebut banyak mengandung vitamin C yang mampu mengalahkan virus dan bakteri serta bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.


Ketujuh manfaat di atas akan Anda dapatkan bila rutin mengkonsumsi jus. Baik itu jus dari buah atau pun sayuran semua memiliki manfaat yang sama. Hal ini dikarenakan buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral kemudian juga terdapat kandungan seratnya. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan disarankan juga untuk selalu mengkonsumsi jus utamanya jus pepaya dan jus mangga. Kedua buah tersebut tercatat memiliki kandungan serat tinggi yang bisa melancarkan pencernaan dan pilihlah buah dan sayur yang bebas dari pestisida.
Jenis Jenis Jus dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Reviewed by Dunia Tips Kita on 1:46 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.