Manfaat Daun Jambu Biji dan Tipsnya Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan


Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan. Siapa yang tidak tahu dengan buah jambu biji? Buah yang memiliki 2 macam jenis, jambu biji merah dan putih tersebut rasanya sangat enak dan unik. Manfaatnya bagi tubuh pun sangat banyak mulai dari menambah darah, melancarkan pencernaan dan lain-lain. Namun di sini tidak akan dibahas tentang buah tersebut melainkan mengulas tuntas tentang manfaat daunnya. Sama halnya seperti buah sirsak yang tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat tetapi daunnya juga ikut andil besar dalam memelihara kesehatan.

Manfaat daun jambu biji

Sebelum membahas ke manfaat daun jambu biji, ada baiknya jika menengok tentang isi kandungan yang ada di dalamnya. Isi kandungan yang terdapat di dalam daun tanaman itu yang paling banyak adalah vitamin C dan juga zat antioksidan seperti flavonoid. Khusus untuk antioksidan flavonoid, yang paling banyak adalah senyawa quercetin. Namun ada juga kandungan nutrisi penting lainnya yang ada di dalam daun buah tersebut antara lain adalah asam mastinat, kalsium, kadalena, beta sitosterol, klorofil A, klorofil B, limonene dan masih banyak lagi. Terlepas dari nutrisinya, berikut ini ada sederetan manfaat daun jambu biji untuk kesehatan tubuh.


1. Daun Jambu Biji Sebagai obat diare alami

Sudah bukan merupakan rahasia umum lagi jika daun jambu biji memang dikenal sebagai obat diare alami sejak dahulu kala. Daun jambu biji tersebut terbukti ampuh mengobati diare karena bisa membunuh bakteri yang ada di dalam usus penyebab terjadinya diare. Ekstrak daun itu bisa melumpuhkan bakteri dan bisa mengubah feses menjadi tidak encer lagi dan meminimalisir nyeri perut akibat terlalu banyak mengeluarkan tinja. Bakteri yang bisa disingkirkan oleh daun jambu biji adalah Staphylococcus aureus. Dengan meminum ramuan herbal dari daun buah tersebut maka diare akan cepat teratasi.

2. Daun jambu biji dapat Mengatasi diabetes

Karena di dalam daun jambu biji terkandung zat flavonoid yang banyak, maka hal ini bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu daun dari buah jambu biji ini pun sangat ampuh untuk mengatasi diabetes. Zat flavonoid tersebut membuat glukosa darah menjadi lebih rendah sehingga kadar gula tetap stabil. Hal ini karena enzim di dalam daun jambu biji itu membuat karbohidrat di dalam tubuh dikonversi pada saluran pencernaan sehingga glukosa tidak mudah cepat diserap ke dalam darah. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes bisa terapi dengan menggunakan tanaman tersebut.

Baca juga: Manfaat daun seledri bagi kesehatan dan kecantikan

3. Daun jambu biji untuk Mengobati maag

Tahukah Anda jika daun jambu biji juga bisa mengobati maag? Hal ini memang bukan kabar burung karena benar adanya. Ekstrak daun tersebut mampu mengurangi rasa nyeri pada perut sehingga para penderita maag pun bisa memanfaatkannya. Perut melilit karena dinding lambung menjadi luka akibat naiknya asam lambung bisa diredakan oleh daun jambu biji.

4. Daun jambu biji bisa Mengontrol kolesterol

Daun jambu biji juga bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi menjadikan daun buah tersebut bisa membantu menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara rutin. Umumnya untuk menurunkan kolesterol dokter lebih menyarankan untuk dibuat teh herbal.

5. Daun Jambu Biji dapat Meredakan gatal

Punya masalah gatal-gatal di kulit yang disebabkan oleh alergi? Dengan daun jambu biji Anda bisa mengatasinya. Namun di sini daun tersebut khusus untuk pemakaian luar saja bukan untuk diminum.

6. Daun Jambu Biji dapat Mengobati keputihan

Keputihan merupakan hal yang sering dialami oleh wanita. Untuk mengatasinya pun Anda harus mengenali terlebih dahulu jenis keputihan apa yang dialami. Jika itu masih taraf normal dan tidak berbau menyengat, dengan menggunakan daun jambu biji pun bisa disingkirkan. Keputihan umumnya terjadi karena daerah kewanitaan lembab sehingga dipakai untuk bersarang kuman dan jamur penyebab keputihan tersebut. Oleh karena itu, daun buah ini pun sama khasiatnya juga dengan daun sirih sebagai antibiotic alami.

7. Daun Jambu Biji dapat Mengobati ambeien

Memiliki penyakit ambeien memang tidak mengenakkan sekali. Duduk pun serasa tidak nyaman dan saat buang air besar pun juga sangat tersiksa. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya. Jika ingin mengatasi dengan bahan alami, daun jambu biji bisa membantu meredakan ambeien. Obat herbal dari daun buah tersebut ternyata sudah banyak dipakai untuk terapi.

Tips Membuat Obat Herbal dari Daun Jambu Biji

Jika kesehatan Anda mengalami masalah, Anda harus segera mengobatinya supaya bisa pulih kembali. Tetapi jangan langsung lari ke obat-obatan generik yang nota bene terbuat dari bahan kimia. Mengapa? Karena obat generik tersebut umumnya bisa membuat ketergantungan dan lama-lama bisa merusak ginjal. Namun tidak semua obat dari resep dokter itu bisa membuat kesehatan menjadi memburuk. Lebih baik menggunakan bahan yang alami saja supaya tidak ada efek sampingnya. Berikut ini ada beberapa tips membuat obat herbal menggunakan daun jambu biji.

1. Untuk mengobati maag

Saat anggota keluarga mengalami masalah maag, ambillah 8 lembar daun jambu biji kemudian rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih. Tunggu sampai suhunya menjadi hangat lalu minum air rebusannya secara rutin 3 kali sehari. maag pun akan berangsur-angsur sembuh.

2. Untuk mengobati diare

Untuk mengatasi diare, siapkan 6 lembar daun jambu biji yang sudah dibersihkan kemudian tumbuk dan campur dengan secangkir air matang. Lalu peras daun yang sudah ditumbuk tadi dan minum, lakukanlah secara rutin 2 kali sehari dan diare pun akan segera mereda. Anda pun juga bisa memakannya secara langsung sebagai lalapan tetapi harap dicuci terlebih dahulu.

3. Mengatasi keputihan

Khusus untuk mengatasi keputihan, siapkan 7 lembar daun sirih dan daun jambu biji secukupnya. Rebus dengan segelas air sampai mendidih dan saring terlebih dahulu sebelum diminum. Untuk hasil maksimal, minum secara rutin 2 kali sehari sampai keputihan teratasi.

4. Mengobati diabetes

Ambil beberapa lembar daun jambu biji kemudian iris tipis-tipis. Jemur dahulu sampai kering supaya mudah diseduh nantinya, setelah kering maka seduh dengan menggunakan air panas dan minum selagi hangat. Teh herbal dari daun jambu biji tersebut harus diminum secara rutin untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Baca juga: Manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan

5. Untuk mengobati ambeien

Siapkan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda dengan sebuah pisang batu, tumbuk keduanya sampai halus. Kemudian peras dan minum airnya sampai habis, lakukanlah terapi ini secara rutin sampai ambeien benar-benar sembuh.

Kelima tips membuat obat herbal dari manfaat daun jambu biji di atas bisa Anda coba lakukan di rumah. Untuk memelihara kesehatan tak harus mengeluarkan biaya yang mahal karena menggunakan bahan-bahan alami bisa menjadi solusi. Bagi Anda yang mengalami masalah diare, maag, keputihan, gatal-gatal hingga ambeien, memanfaatkan daun jambu biji menjadi pilihan yang tepat. Selain ekonomis, Manfaat Daun Jambu Biji dan Tipsnya Bagi Kesehatan tidak ada bahaya efek samping yang akan ditimbulkan oleh tanaman herbal tersebut. Selamat mencobanya.