7 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Pepaya dan Tipsnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda saat mendengar “daun pepaya”? Pasti kebanyakan orang akan menyebutkan tentang rasanya yang pahit. Namun, tahukah Anda, ada banyak sekali manfaat dari daun tanaman pepaya tersebut, tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan kulit dan wajah. Daun dari tanaman yang berasal dari Meksiko ini memang sudah sangat dikenal akan khasiatnya sehingga meskipun pahit banyak orang yang menyukai masakan yang terbuat dari daun tersebut. Bahkan beberapa orang justru menikmati sensasi pahit saat memakan daun tersebut terlebih setelah mengetahui manfaat dari daun pepaya.

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan

Apa saja tips dan manfaat daun pepaya untuk kesehatan?


Kandungan kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E yang tinggi dalam daun pepaya menjadi salah satu faktor yang membuat daun tersebut memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya itu, dalam daun pepaya juga terkandung lemak, kalsium, fosfor, protein dan juga hidrat arang. Kandungan klorofil dalam daun pahit tersebut juga sangat tinggi. Berikut beberapa manfaat dari daun pepaya serta tips mengenai bagaimana cara mengolahnya agar bisa bermanfaat secara maksimal:

Daun pepaya sebagai Anti kanker

Manfaat pertama dari daun pepaya adalah sebagai anti kanker. Kanker sendiri merupakan salah satu penyakit mematikan yang sampai saat ini belum ada obatnya. Dalam sebuah penelitian yang sudah diterbitkan dalam jurnal Ethnopharmacology menyebutkan jika kandungan zat anti kanker dalam daun pepaya mampu membunuh sel-sel kanker tanpa menimbulkan efek toksik dalam tubuh.

Salah satu tips saat Anda ingin mengolah daun pepaya untuk mengobati kanker adalah dengan memilih daun pepaya yang sudah tua karena senyawa anti kankernya lebih banyak dan lebih kuat. Setelah itu rebus daun tersebut kemudian minum airnya secara rutin dan teratur.

Daun pepaya sebagai Anti malaria

Penyakit malaria memang bukan penyakit ringan sehingga perlu penangan khusus terlebih pada saat kambuh. Umumnya pada saat kambuh, si penderita akan dilanda demam tinggi dan tubuh menggigil. Untuk mengobati itu semua, Anda bisa memberikan air perasan dari daun pepaya. Cara membuatnya:

- Siapkan beberapa lembar daun pepaya cuci bersih

- Tumbuk halus daun tersebut, beri sedikit air untuk mempermudah dalam mengeluarkan sari-sari yang ada

- Setelah halus, peras air hasil tumbukan daun pepaya, jangan lupa untuk menyaring perasan air tersebut sehingga tidak ampas yang terbawa. Peras hingga kurang lebih tersisa 1 gelas saja

- Beri sedikit tambahan garam agar rasanya tidak terlalu pahit

- Minum air perasan tersebut secara rutin khususnya pada saat kambuh

Tidak hanya bisa digunakan sebagai anti malaria, air perasan dari daun pepaya juga bisa digunakan sebagai obat turun panas alami. Untuk dosisnya sendiri, bisa Anda sesuaikan. Misalnya untuk anak-anak cukup setengah gelas saja.

Daun pepaya dapat mengurangi nyeri haid

Apakah Anda sering mengalami nyeri baik sebelum atau pada saat haid? Jika iya, maka Anda bisa memanfaatkan jus dari daun pepaya untuk mengurangi nyeri yang muncul. Untuk bisa membuat jus daun pepaya guna mengurangi nyeri haid, yang perlu dilakukan yakni:

- Siapkan daun pepaya yang sudah tua satu lembar saja, cuci bersih

- Rebus daun tersebut bersama dengan garam dan juga asam jawa dalam satu gelas air bersih

- Tunggu hingga mendidih

- Diamkan hingga hangat kemudian minum secara rutin sebelum dan saat sedang haid.

Daun pepaya dapat membantu proses penyembuhan demam berdarah

Penyakit demam berdarah memang sudah menjadi salah satu penyakit mematikan terlebih jika tidak ditangani dengan benar. Umumnya pada penderita yang terjangkit penyakit demam berdarah akan mengalami jumlah penurunan pada kadar trombosit atau sel darah merahnya. Oleh karena itu, akan sangat baik untuk para penderita penyakit tersebut untuk bisa mengonsumsi segala sesuatu yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, salah satunya adalah daun pepaya.

Untuk bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit demam berdarah, Anda harus membuat jus atau ekstrak dari daun pepaya. Tidak perlu banyak-banyak, cukup sekitar 25 ml ekstrak dari daun pepaya asli untuk diminum pagi dan sore secara rutin setiap hari selama sekitar satu minggu.

Baca juga: Manfaat daun seledri bagi kesehatan dan kecantikan

Beberapa Tips dan Manfaat Dari Daun Pepaya untuk Kecantikan 


Daun pepaya untuk mengurangi ketombe

Ketombe memang selalu datang tanpa diundang, keberadaannya memang sangat mengganggu. Selain membuat kulit kepala gatal, rambut juga terlihat kotor dan juga lepek. Namun tidak perlu khawatir, dengan menggunakan ekstrak dari daun pepaya semua ketombe yang ada di rambut akan hilang dengan sendirinya.

Cara untuk bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat untuk mengurangi ketombe sangatlah mudah. Anda cukup menghaluskan daun pepaya kemudian beri sedikit air agar sari-sari dari daun pepaya mudah dikeluarkan. Peras dan saring daun pepaya yang sudah dihaluskan tadi kemudian oleskan di kulit kepala secara rata lalu bilas hingga bersih. Dengan rutin menggunakan cara ini, ketombe akan hilang tanpa bersisa.

Daun pepaya untuk menghilangkan jerawat

Manfaat lain dari daun pepaya untuk kecantikan adalah untuk menghilangkan jerawat. Keberadaan jerawat memang cukup mengganggu penampilan khususnya jika Anda ingin datang ke sebuah acara. Untuk bisa menghilangkan jerawat dengan daun pepaya, Anda harus menyiapkan:

- Daun pepaya secukupnya

- Air dan madu secukupnya, usahakan untuk menggunakan madu asli

Caranya:

- Haluskan daun pepaya baik itu dengan ditumbuk maupun dengan diblender dengan ditambahkan air agar mudah halus

- Setelah halus, campurkan madu kemudian aduk hingga rata lalu oleskan pada jerawat di wajah. Tunggu hingga mengering kemudian bilas hingga bersih

- Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan masker ini dua sampai tiga kali seminggu.

Daun Pepaya Sebagai conditioner alami

Tidak hanya bisa digunakan sebagai obat penghilang ketombe dan masker untuk menghilangkan jerawat, daun pepaya juga ampuh digunakan untuk menjaga kelembaban rambut atau digunakan sebagai kondisioner alami. Caranya juga sangat mudah yakni:

- Ambil beberapa lembar daun pepaya yang sudah tua kemudian cuci bersih lalu keringkan selama kurang lebih 2 sampai 3 hari hingga benar-benar kering.

- Setelah kering, hancurkan daun pepaya yang sudah kering kemudian simpan di dalam toples atau wadah yang kedap udara

- Saat akan menggunakannya, Anda cukup mengambil satu sendok makan kemudian rebus dengan air secukupnya.

- Masak daun pepaya dan air hingga mendidih, lalu biarkan hingga dingin

- Setelah dingin, Anda bisa menggunakan air rebusan tersebut layaknya kondisioner pada umumnya.

Baca juga: Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan

Setelah menggunakan kondisioner alami yang terbuat dari ekstrak daun pepaya ini, rambut akan lebih lembut. Tidak hanya itu, rambut juga akan lebih mudah untuk diatur serta lebih bercahaya dibandingkan dengan sebelum menggunakan kondisioner alami yang terbuat dari daun pepaya ini. Semoga Manfaat Daun Pepaya dan Tipsnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan bisa bermanfaat untuk anda.