Top Ad unit 728 × 90

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun seledri

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dipakai untuk masakan. Sayuran yang memiliki nama latin ApluGraveolens ini memiliki banyak sekali manfaat seledri bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk bisa mendapatkan khasiat dari seledri, Anda bisa mengolahnya menjadi jus sayur seledri. Jus seledri pun akan lebih enak dan bergizi bila dicampur dengan buah maupun sayuran lainnya. Mengapa harus dicampurkan? Alasannya adalah agar jus tersebut bisa memberikan nutrisi dan gizi yang lengkap untuk kesehatan tubuh Anda. Bagi Anda yang penasaran bagaimana tips mengolah seledri untuk dijadikan jus, mari simak ulasannya dibawah ini.


Tips dan Cara Mengolah Seledri Menjadi Jus untuk Kesehatan dan Kecantikan


Olahan jus daun seledri


1. Jus Seledri Campur Pisang dan Melon

Tips mengolah seledri menjadi jus untuk pembersih ginjal cukup mudah. Anda cukup menyiapkan satu ikat daun seledri segar, 1 buah pisang dan dan melon. Ambil sari dari seledri dan melon dengan menggunakan juicer. Lalu sari dari keduanya tersebut dimasukkan ke dalam blender dan campurkan dengan pisang yang sudah dipotong. Blender bahan-bahan tersebut sampai halus dan minumlah. Seledri sangat baik untuk mengurangi asam urat sedangkan pisang dan melon berguna untuk mengeluarkan asam urat yang berlebihan. Jadi campuran jus seledri ini sangat baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya batu ginjal karena endapan Kristal asam urat.


2. Jus Seledri Campur Tomat dan Wortel

Bagi Anda yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi maupun kolesterol maka disarankan untuk mengkonsumsi jus daun seledri yang dicampur dengan tomat dan wortel. Cara mengolah ketiga bahan tersebut yaitu dengan membelah tomat menjadi beberapa bagian lalu hilangkan bijinya. Setelah itu masukkan daun seledri, tomat dan wortel yang telah dipotong ke dalam blender. Jus seledri akan lebih nikmat lagi bila ditambah dengan madu dan es batu. Kesegaran dari sayuran dan buah-buahan bisa Anda rasakan ketika meminumnya.


3. Jus Seledri Campur Mentimun dan Belimbing

Sama halnya dengan campuran jus seledri diatas, mentimun dan belimbing juga bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cara mengolah ketiga bahan tersebut adalah dengan cara memotong mentimun dan belimbing menjadi beberapa bagian, jangan lupa untuk membuang bijinya lalu masukkan ke dalam blender. Masukkan juga daun seledri yang telah dicuci bersih. Untuk menambah rasa manis pada jus, Anda bisa memberikan madu secukupnya. Blender semua bahan tersebut hingga halus. Jika Anda ingin meminumnya dalam keadaan dingin, bisa memasukkannya terlebih dahulu ke dalam kulkas atau menambahkan es batu.

Baca juga: Manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan


4. Jus Seledri Campur Lobak dan Apel Hijau

Tips mengolah daun seledri menjadi jus adalah dengan mencampurkannya dengan sayuran lobak dan apel hijau. Anda juga bisa menambahkannya dengan buah jeruk keprok jika mau. Cuci jeruk keprok hingga bersih lalu kupas kulitnya. Tumbuk daun seledri hingga halus lalu peras dan ambil airnya. Masukkan apel hijau, lobak, air daun seledri dan jeruk keprok yang telah dibuang kulitnya tadi ke dalam blender. Jika Anda ingin rasanya manis bisa menambahkan gula atau madu secukupnya. Olahan jus seledri ini berguna untuk mengobati jantung coroner, menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan ibu hamil.


5. Jus Seledri Campur Nanas

Bagi Anda yang merasa cepat lelah, sering pusing, mudah lupa dan jantung sering berdebar mungkin saja itu merupakan gejala dari anemia. Maka dari itu sebaiknya diobati dengan mengkonsumsi jus seledri yang dicampur dengan nanas. Caranya adalah dengan memotong nanas menjadi dadu agar nanti mudah halus bila di blender. Lalu masukkan daun seledri yang telah dicuci bersih bersama potongan nanas ke dalam blender, lalu blender hingga halus. Agar rasanya lebih enak, Anda bisa menambahkan beberapa sendok madu dan susu segar. Jika Anda ingin mengatasi anemia, maka rutinlah minum jus seledri.

Jadi tentunya kita tahu bahwa daun seledri tidak hanya bisa diolah sebagai bahan masakan saja namun juga bisa dijadikan sebagai minuman jus yang kaya akan manfaat. Berbicara soal manfaat dari daun seledri memang banyak. Bahkan daun seledri pun bisa menjadi obat herbal yang mujarab. Penasaran apa saja manfaat dari daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan? Mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Inilah 7 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Mengobati Rematik

Penyakit rematik disebabkan karena kelebihan asam urat dan si penderita akan terus merasakan sakit. Bagi Anda yang mengalami rematik disarankan untuk sering mengkonsumsi daun seledri dengan cara dimakan langsung. Anda bisa menjadikan seledri sebagai lalapan makan atau camilan.


2. Mengobati Asma

Penyakit asma biasanya disebabkan oleh faktor genetik yang merupakan bawaan dari lahir. Penyakit tersebut bisa saja ditularkan melalui darah ibunya. Orang penderita asma akan mengalami sesak nafas, nafas terasa pendek, dan ketika bernafas akan bunyi. Untuk mengobati asma tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan, cukup dengan mengkonsumsi daun seledri secara rutin maka penyakit asma pun dapat terobati.


3. Mengobati Batuk

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa daun seledri juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit batuk. Penyakit batuk bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Cara praktis dalam mengobati batuk memang dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dibeli di apotek. Namun, alangkah baiknya jika mencoba untuk menggunakan bahan tradisional seperti daun seledri. Di dalam daun seledri terdapat kandungan senyawa kimia asam yang berguna untuk mengobati penyakit batuk. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara merebus daun seledri dan meminumnya.


4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin K yang ada di daun seledri ternyata memiliki manfaat untuk membekukan darah sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain dapat mempercepat penyembuhan luka, vitamin K pada daun seledri juga sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

5. Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah yang berminyak tentunya akan mudah berjerawat dan hal ini menjadi permasalahan yang cukup ditakutkan oleh setiap orang khususnya wanita. Namun, bagi Anda yang ingin memiliki wajah bebas jerawat maka bisa dengan menggunakan daun seledri sebagai masker.

Baca juga: Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan


6. Menghitamkan dan Menyuburkan Rambut

Setiap wanita tentunya ingin memiliki rambut yang hitam dan sehat. Untuk bisa mendapatkan rambut yang lebat dan hitam, Anda bisa menggunakan daun seledri yang telah ditumbuk halus sebagai masker rambut. Lakukan metode tersebut secara rutin agar mendapatkan rambut yang diidamkan.


7. Membuat Wajah Awet Muda

Daun seledri merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menjaga kekencangan kulit Anda. Bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang kenyal, kencang dan selalu terlihat awet muda maka rutinlah minum jus seledri.


Demikianlah tips dan manfaat daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal.
Manfaat Seledri Bagi Kesehatan dan Kecantikan Reviewed by Dunia Tips Kita on 10:33 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.