Informasi Kecantikan

Tips dan Cara Masuk PTN Favorit

Tips dan Cara Masuk PTN Favorit

Kuliah di PTN merupakan impian sebagian besar siswa kelas 3 SMA yang hampir atau baru saja lulus dari SMA. Banyak calon mahasiswa yang melakukan segala cara untuk mendapatkan kursi di Perguruan Tinggi Negeri. Mulai dari belajar setiap hari di rumah, hingga ikut bimbingan belajar di sebuah tempat les. Semua upaya ditempuh demi bisa berkuliah di tempat yang bergengsi. Berikut ini ada beberapa tips jitu yang bisa Anda lakukan untuk bisa lolos ujian PTN.

Tips Masuk PTN Favorit


Tips dan Cara Masuk PTN Favorit yang Ampuh

1. Pilih Universitas dan Ketahui PassingGrade
Setelah mengetahui jalur masuk ke PTN, Anda harus menentukan akan kuliah di mana dan jurusan apa. Menentukan kuliah bukan hal yang mudah. Anda sebaiknya menyamakan antara keinginan, kemampuan, dan restu orang tua. Kemampuan dan keinginan yang tinggi takkan cukup jika orang tua tak merestui. Keinginan tanpa kemampuan yang mumpuni juga sama saja dengan bunuh diri. Ketiganya harus seimbang dan selaras.

Saat duduk di bangku SMA, Anda tentu akan dimasukkan dalam jurusan diantaranya IPA, IPS, atau Bahasa. Gunakan pathokan ini untuk memilih jurusan. Semisal jika Anda adalah anak IPS, Anda bisa memilih Akuntansi atau Sosiologi dan jika anak IPA bisa memilih jurusan Teknik Sipil atau biologi. Namun, saat ini banyak pula yang tak berpathokan dengan hal itu. Banyak anak IPA yang akhirnya memilih jurusan IPS dan Bahasa di PTN. Semua ini, tergantung kemantapan hati Anda. Memilih jurusan juga harus melihat dengan PassingGrade. Jika kemampuan Anda tak terlalu tinggi, realistislah. Hindari memilih jurusan favorit di PTN tinggi passing gradenya karena semakin tinggi passing grade, semakin banyak saingannya.

2. Belajar Sedini Mungkin
Belajar akan jadi cemilan sehari-hari para calon mahasiswa. Sebaiknya, buatlah jadwal agar waktu belajar Anda lebih teratur. Agar tidak bosan, Anda bisa belajar di perpustakaan, di kafe, atau bersama teman. Materi ujian juga sebaiknya diatur sedemikian rupa agar Anda tak cepat bosan. Jika letih belajar, luangkan waktu minimal seminggu atau dua minggu sekali untuk refreshing. Untuk materi ujian masuk PTN, jangan ragu menghabiskan uang untuk membeli buku-buku latihan soal-soal. Apabila bisa meminjam, maka akan lebih hemat. Download di internet juga bisa jadi pilihan alternatif yang mudah dan murah.

Waktu terbaik untuk belajar SNMPTN atau Ujian Mandiri adalah seawal mungkin. Belajar H- sebulan sangat tidak dianjurkan karena ini mepet sekali. Selambat-lambatnya adalah 3 bulan sebelum ujian. Ini berlaku jika Anda sudah lumayan menguasai materi-materi ujian. Apabila ada yang belum jelas, maka perbanyaklah belajar dan jika perlu undang tutor atau guru privat ke rumah Anda. Mengikuti bimbingan les khusus masuk PTN juga bisa jadi pilihan yang baik.

3  Jaga Kesehatan
Belajar setiap hari tanpa kenal waktu tidak dianjurkan. Ini akan menyebabkan Anda kelelahan dan beresiko jatuh sakit. Anda tentu tidak ingin sakit di saat ujian masuk ke PTN, bukan? Atur waktu belajar dan istirahat. Jika diperlukan minumlah vitamin agar daya tahan tubuh terjaga. Jangan lupakan olahraga karena terlalu lama duduk saat belajar bisa mengakibatkan sakit punggung. Jaga pola makan juga perlu. Terkadang, calon mahasiswa jadi makan tak teratur karena terlalu asyik belajar. Pola hidup yang salah bisa mengakibatkan kondisi tubuh memburuk. Maka dari itu jagalah selalu kesehatan Anda terutama menjelang ujian masuk.

4. Bersikap Optimis dan Percaya Diri
Jika telah maksimal belajar siang dan malam, hal yang harus dilakukan adalah bersikap optimis.  Ketika ujian, tak perlu takut atau gemetar melihat soal-soal yang sulit. Percaya dirilah dengan kemampuan Anda. Kerjakan yang lainnya yang menurut Anda mudah terlebih dahulu. Lalu kerjakan soal yang sulit jika soal yang mudah sudah terselesaikan. Dengan bersikap percaya diri dan optimis, Anda akan merasa lebih tenang ketika mengerjakan soal-soal SNMPTN.

5. Berdoa
Berdoa pada Tuhan merupakan hal yang harus Anda lakukan setiap hari. Dia-lah tempat meminta petunjuk dan permohonan. Usaha lahir saja belum menjamin Anda akan diterima di PTN favorit. Sebab, semua keputusan ada di tangan Tuhan. Maka dari itu perbanyaklah ibadah dan sedekah. Kekuatan doa disertai usaha yang maksimal akan membuat keinginan Anda cepat terkabul.

Jalur Masuk ke PTN

Sebelum masuk PTN, Anda wajib mengetahui tentang berbagai jalur pendaftaran PTN yang dibuka. Umumnya, terdapat tiga jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. SNMPTN adalah ujian masuk yang mempertimbangkan nilai rapor siswa. Nilai akademik yang digunakan murni dari nilai akademik rapor yang Anda miliki.

Jika berniat menggunakan jalur ini, Anda harus mempersiapkannya sejak duduk di bangku SMA. Selambat-lambatnya saat duduk di bangku kelas dua di semester 2. Rapor yang Anda miliki akan diadu dengan siswa lain dari daerah-daerah lain di Indonesia yang memilih jurusan dan PTN yang sama. Tidak semua siswa di sekolah bisa mendapatkan jalur bergengsi ini.

Jalur yang kedua adalah SBMPTN. SBMPTN adalah jalur tulis yang dilakukan serentak di seluruh daerah Indonesia. Selama dua hari, calon mahasiswa tes tulis untuk mendapatkan kursi di kampus favoritnya. Untuk lokasi ujian, biasanya akan memanfaatkan ruang-ruang kampus ternama dan sekolah-sekolah. Tes ini harus dikerjakan dalam waktu yang ditentukan.

Sebenarnya, Ada trik tersendiri saat mengerjakan ujian SNMPTN. Anda harus memahami jika terdapat penambahan 4 poin pada jawaban benar, 0 pada soal yang tak terjawab, dan pengurangan -1 pada soal yang dijawab salah. Sebaiknya jika ada satu atau 2 soal yang tak tahu sama sekali jawabannya, maka kosongkan saja.

Di hari pertama tes SBMPTN, Anda akan diminta menjawab soal-soal tes dasar yaitu TPA dan tes dasar matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Di hari kedua, Anda akan ujian sesuai bidang yang akan di ambil yaitu ada 3 macam jenis soal: IPA, IPS dan IPC.

Jalur ketiga adalah Ujian Mandiri. Ada banyak istilah dari ujian seperti UM atau Utul. Ada yang hanya menyelenggarakan sekali, ada pula yang 2 kali. Ujian ini merupakan ujian yang dibuat oleh pihak universitas. Jadi ketentuannya akan berbeda masing-masing PTN. Biasanya jalur ini dibuka setelah pelaksanaan SBMPTN dan SNMPTN dilakukan. Selain ketiga jalur ini, masih ada beberapa jalur diantaranya Bibit Unggul dan Program Internasional.

Banyak yang mengira masuk ke PTN itu susah. Padahal hal ini bisa dicapai jika Anda mempersiapkannya sedini mungkin. Sebenarnya bukan hal yang mustahil meraih kursi di perguruan Tinggi Negeri yang Anda inginkan. Anda hanya harus bekerja keras, realistis, dan banyak berdoa. Doa dari orang tua juga penting. Jangan kesampingkan hal ini. Ingat, doa orang tua sangatlah mujarab. Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa meraih impian kuliah di universitas negeri favorit Anda.

Tips dan Cara Masuk PTN Favorit Reviewed by Dunia Tips Kita on 10:25 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Kita © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.