Top Ad unit 728 × 90

Manfaat Belimbing Wuluh dan Tipsnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Belimbing Wuluh dan Tipsnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Buah yang berwarna hijau dan memiliki rasa asam ini sering digunakan sebagai bumbu masakan. Bagi masyarakat luar Jawa sendiri belimbing wuluh sering dijadikan tambahan untuk membuat sambal. Tahukan Anda jika buah kecil ini ternyata memiliki manfaat yang banyak? Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja tetapi juga bermanfaat bagi kecantikan. Berbicara soal kegunaan belimbing wuluh, di bawah ini ada beberapa manfaat serta tips yang bisa Anda lihat.

Tips dan manfaat belimbing wuluh

Pertama di sini akan dibahas tentang manfaat yang dimiliki oleh belimbing wuluh untuk kesehatan dan juga kecantikan. Buah yang banyak mengandung sejumlah nutrisi seperti energi, protein, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C, kalsium serta kalium ini manfaatnya sangat besar bagi tubuh Anda.

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan


Berikut ini ada sejumlah manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan, antara lain adalah:

1. Mengobati batuk dan flu

Sudah dari zaman nenek moyang jika belimbing wuluh itu sangat ampuh digunakan sebagai obat batuk dan flu secara alami. Karena mengandung banyak vitamin C yang tinggi, buah berwarna hijau ini pun sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita flu dan batuk. Usut punya usut buah ini pun berfungsi sebagai ekspektoran yang bisa mengencerkan dahak. Oleh karenanya, belimbing wuluh begitu ampuh mengatasi batuk kering maupun batuk berdahak. Anda sudah tidak perlu mengkonsumsi obat generik yang terbuat dari bahan kimia lagi.

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Anda memiliki tekanan darah tinggi? Atasi saja dengan belimbing wuluh. Buah yang memiliki rasa asam pekat ini mengandung sejumlah zat kalium yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah dan ini sangat baik dikonsumsi oleh para penderita hipertensi. Jika dikonsumsi oleh mereka maka tekanan darahnya akan tetap stabil dan menghindarkan dari komplikasi akibat naiknya tekanan darah.

3. Bermanfaat untuk penderita diabetes

Selain baik bagi penderita hipertensi, belimbing wuluh juga baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki diabetes. Kandungan sejumlah mineral penting di dalamnya membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah dan sebaiknya dikonsumsi secara rutin supaya gula darah selalu normal.

4. Mengobati gigi berlubang

Apabila Anda memiliki masalah gigi berlubang, pakai saja belimbing wuluh untuk mengatasinya. Tercatat ada kandungan kalsium, fosfor dan vitamin C yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mulut utamanya gigi. Dengan menggunakan buah ini secara rutin sebagai obat, masalah gigi berlubang Anda akan segera teratasi.


5. Mengobati sesak nafas atau asma

Kemudian ada manfaat selanjutnya dari belimbing wuluh adalah mengobati sesak nafas atau asma. Buah berbentuk kecil ini ternyata manfaatnya begitu luar biasa untuk kesehatan karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya mampu mengobati asma. Anda cukup mengkonsumsinya secara teratur dan rasakan perbedaannya.

Kelima manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan di atas memang sudah terbukti ampuh dan bahkan resepnya sudah dipakai secara turun-temurun oleh nenek moyang. Kemudian ada pula manfaat lainnya dari buah asam tersebut yaitu manfaat bagi kecantikan. Apa saja manfaatnya? Perhatikan poin-poinnya di bawah ini.

Manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan


1. Belimbing wuluh dapat Mengatasi jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu dan harus segera dihilangkan. Jika tidak maka akan mempengaruhi kepercayaan diri Anda. Manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan yang pertama adalah bisa mengatasi jerawat. Ini dikarenakan buah tersebut mengandung zinc yang berfungsi sebagai anti bacterial. Jerawat sendiri biasanya ditimbulkan karena adanya sejumlah kotoran yang terselip di dalam pori-pori wajah.

2. Belimbing wuluh dapat Menghilangkan panu

Anda memiliki masalah kulit seperti panu? Hal ini tentu sangat memalukan sekali dan Anda pun harus segera mengobatinya. Belimbing wuluh pun ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan panu karena banyak mengandung vitamin C. Panu disebabkan oleh jamur dan dengan kandungan vitamin C tinggi pada buah tersebut mampu mengatasi masalah jamur akibat infeksi dari bakteri.

3. Belimbing wuluh dapat Mengecilkan pori-pori wajah

Selain mampu mengatasi jerawat, belimbing wuluh juga sangat ampuh untuk mengecilkan pori-pori. Pori-pori wajah yang terlalu besar bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan bisa mengakibatkan kulit cepat keriput. Dengan menggunakan buah hijau kecil ini Anda bisa mengecilkan pori di wajah Anda.

4. Belimbing wuluh dapat Menghilangkan komedo

Belimbing wuluh juga bisa digunakan sebagai penghilang komedo secara alami. Bagaimana caranya? Anda tinggal membuat masker dari buah tersebut dan pakai secara rutin.

5. Belimbing wuluh dapat Mencerahkan kulit

Karena buah ini banyak mengandung vitamin A dan C yang juga terdapat senyawa zat antioksidan, belimbing wuluh bisa digunakan sebagai pencerah kulit. Selain itu kandungan antioksidannya juga bisa menutrisi kulit dan melindunginya dari sinar UV. Caranya yaitu dengan menggunakan lulur dari belimbing wuluh.


Tips Membuat Obat dan Masker Kecantikan dari Belimbing Wuluh


Setelah mengetahui beberapa manfaat yang dimiliki oleh belimbing wuluh di atas, tentu Anda merasa penasaran bukan bagaimana cara membuat obat serta masker kecantikannya. Caranya pun mudah dan sangat ekonomis. Yang pertama dibahas adalah cara membuat obat dari belimbing wuluh.

1. Cara membuat obat flu dan batuk dari belimbing wuluh

Siapkan beberapa buah belimbing wuluh yang segar dan cuci bersih. Kemudian Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung supaya khasiatnya benar-benar terasa. Jika Anda merasa kesulitan untuk memakannya secara langsung, buah tersebut bisa diparut dan minum air perasannya tanpa tambahan apapun.

2. Cara membuat obat hipertensi dari belimbing wuluh

Ambil beberapa buah belimbing wuluh yang sudah dicuci bersih kemudian iris kecil-kecil. Setelah itu rebus irisan tadi dengan menggunakan 1 liter air dan biarkan sampai mendidih. Biarkan dingin terlebih dahulu baru diminum dan minumlah setiap hari khususnya pagi hari.

3. Cara mengolah belimbing wuluh untuk obat diabetes

Anda tinggal ambil beberapa biji belimbing wuluh kemudian blender bersama air dingin atau pun es batu. Minum segera jus belimbing wuluh tersebut dan rasakan manfaatnya setiap hari.

Ketiga tips di atas bisa Anda coba untuk memelihara kesehatan Anda. Lebih baik menggunakan bahan yang alami dahulu supaya tidak ada efek sampingnya. Kemudian di bawah ini ada tips untuk membuat masker dan lulur dari belimbing wuluh yang bermanfaat untuk kecantikan.


1. Cara membuat masker belimbing wuluh

Masker ini berkhasiat mengatasi jerawat, komedo dan mengecilkan pori-pori. Caranya ambil 5 buah belimbing wuluh segar dan parut atau bisa ditumbuk sampai halus. Kemudian tambahkan air garam secukupnya dan oleskan di seluruh bagian wajah. Tunggu hingga 5-10 menit baru dibilas.

2. Cara membuat lulur belimbing wuluh

Ambil 10 buah belimbing wuluh yang sudah dibersihkan kemudian haluskan. Setelah itu tambahkan air hangat secukupnya lalu lulur belimbing wuluh siap dipakai. Balurkan di kulit selama 10 menit baru dibilas.

Beberapa manfaat serta Tips dan Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan di atas bisa Anda coba untuk mengobati penyakit Anda dan juga untuk merawat kecantikan kulit. Menggunakan bahan alami tentu lebih hemat dan tidak berbahaya bagi kesehatan.
Manfaat Belimbing Wuluh dan Tipsnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan Reviewed by Dunia Tips Kita on 10:02 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.