loading...

5 Cara Alami Meluruskan Rambut Dengan Permanen

Kenapa harus menggunakan catok dan krim kimia untuk meluruskan rambut kalau 5 Cara Alami ini dapat Meluruskan Rambut dengan Hasil Permanen. Selain tidak memiliki efek samping berbahaya cara dan bahan alami juga tidak merusak rambut kesayangan anda. Wanita mempunyai hasrat untuk tampil maksimal di berbagai kesempatan. Hal tersebut membuat sebagian besar wanita rela melakukan perawatan mahal yang menghabiskan gaji mereka. Salah satu perawatan rutin para wanita adalah perawatan rambut. Rambut dijuluki sebagai mahkota kaum perempuan. Tak heran jika para wanita rela menghabiskan uang mereka untuk merawat rambut. Pasalnya, rambut yang sehat dan lurus alami memang dapat meningkatkan rasa percaya diri para wanita.

cara meluruskan rambut secara alami
Tips dan Cara meluruskan rambut dengan bahan alami

Berkaitan dengan rambut, kecantikan sering diidentikkan dengan wanita berambut lurus nan panjang. Kecantikan wanita akan lebih terpancar jika rambut mereka lurus alami. Oleh karena itu, banyak wanita rela melakukan berbagai cara untuk meluruskan rambut, mulai dari smoothing, rebonding, catok, dan masih banyak treatment lainnya. Akan tetapi, perawatan semacam ini juga memiliki efek samping. Rambut yang terlalu sering dicatok dan diberi beraneka macam bahan kimia akan cepat sekali rusak. Beberapa masalah rambut mulai dari rambut menjadi kering, kusam, berketombe, hingga rambut rontok. Anda tentutidak ingin rambut Anda rusak bukan?

Selain menggunakan cara-cara instan di atas, sebenarnya ada cara alternatif lain untuk meluruskan rambut, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Meluruskan rambut dengan bahan alami tidak mustahil. Meskipun cara ini membutuhkan waktu yang lama, cara ini dinilai paling aman karena tidak menimbulkan efek samping yang negatif. Penasaran bagaimana cara meluruskan rambut dengan bahan alami? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.



5 Cara Meluruskan Rambut Menggunakan Bahan Alami


1. Meluruskan Rambut Menggunakan Minyak Zaitun


Minyak zaitun memang sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak zaitun juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah bisa meluruskan rambut. Dengan penggunaan yang rutin, rambut pun tak hanya lurus alami, tetapi juga akan tampak lebih hitam dan sehat.

Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk meluruskan rambut, caranya sangat mudah.

Caranya:
  1. Pertama-tama, siapkan minyak zaitun secukupnya. 
  2. Setelah itu, panaskan minyak zaitun selama beberapa menit, hanya sampai panas saja, tidak sampai mendidih.
  3. Setelah itu, tambahkan daun rosemary kering sebanyak satu cangkir kemudian remas-remas sampai halus.
  4. Diamkan minyak tersebut sampai dingin.
  5. Setelah itu, gunakan masker rambut alami ini untuk rambut Anda.
  6. Oleskan masker ke seluruh bagian rambut secara merata.
  7. Pijat-pijat sebentar, lalu biarkan selama 30 menit.
  8. Terakhir, bersihkan rambut dengan keramas.
  9. Setelah keramas, Anda bisa juga menggunakan kondisioner.

Perawatan ini bisa dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Sebagai catatan, saat mengeringkan rambut, sebaiknya tutup rambut dengan menggunakan handuk kering. Tutup rambut sampai rambut kering sendiri.


2. Meluruskan Rambut Menggunakan Telur dan Susu


Kolaborasi antara telur dan susu ternyata juga baik untuk rambut Anda. Dua bahan ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dua bahan ini juga bermanfaat untuk meluruskan rambut secara alami, menghilangkan ketombe, dan mengatasi rambut rontok. Buatlah masker rambut dengan bahan telur dan susu untuk meluruskan rambut. Cara membuat masker rambut dengan bahan telur dan susu sangat mudah.

Caranya:
  1. Telur yang digunakan untuk masker ini adalah telur ayam kampung.
  2. Sementara susu yang digunakan adalah susu murni.
  3. Pertama-tama, siapkan satu butir telur, kemudian pisahkan bagian putih telur dan kuning telurnya.
  4. Bahan yang dipakai adalah putih telurnya saja.
  5. Kemudian campurkan putih telur dengan 100 ml susu murni tanpa pemanis.
  6. Kocok sampai kedua bahan tercampur sempurna.
  7. Setelah itu, oleskan masker ini ke seluruh permukaan rambut.
  8. Setelah semua helai rambut terolesi oleh masker ini, segera tutup rambut dengan penutup rambut dan diamkan selama 15 menit.
  9. Setelah itu, bilas dengan air dingin sampai bersih.

Sebagai catatan, perawatan ini dilakukan sehabis keramas. Masker alami untuk meluruskan rambut ini bisa dipakai minimal 3 kali dalam seminggu.


3. Meluruskan Rambut Menggunakan Cuka


Jika Anda ingin meluruskan rambut tanpa rebonding atau smoothing, Anda bisa memanfaatkan cuka. Bahan ini bisa menutrisi rambut dan meluruskan rambut secara alami. Selain dapat meluruskan rambut, perawatan rambut dengan menggunakan cuka bisa membuat rambut Anda tampak lebih licin dan berkilau alami. Cara penggunaannya pun sangat mudah.

Caranya:
  1. Campurkan cuka dengan air jernih (hindari penggunaan cuka langsung ke rambut karena dapat menimbulkan peradangan kulit kepala).
  2. Oleskan campuran cuka dan air ke seluruh rambut.
  3. Diamkan sekitar 30 menit.
  4. Lalu bersihkan rambut dengan keramas.

4. Meluruskan Rambut Menggunakan Minyak Kedelai


Minyak kedelai merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Minyak ini memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi sehingga tidak dilanjutkan untuk digunakan sebagai minyak untuk memasak. Para ahli mengatakan bahwa kandungan omega 3 yang terlalu tinggi dalam minyak kedelai bisa menyebabkan peradangan yang hebat pada tubuh ketika minyak tersebut dimasak. Oleh karena itu, minyak ini tidak digunakan untuk dimasak.

Orang-orang memanfaatkan minyak kedelai untuk digunakan secara langsung, yaitu untuk meluruskan rambut. Anda bisa menambahkan minyak jarak agar rambut lebih cepat lurus. Cara memanfaatkan minyak kedelai dan minyak jarak sebagai bahan untuk meluruskan rambut adalah sebagai berikut.

Caranya:
  1. Campurkan satu sendok minyak kedelai dan 2 sendok minyak jarak.
  2. Setelah itu, oleskan campuran minyak tersebut ke seluruh rambut, helai demi helainya.
  3. Pijat-pijat selama 5 menit. Lalu diamkan selama 30 menit.
  4. Setelah itu, bilas rambut dengan keramas.

5. Meluruskan Rambut Menggunakan Seledri


Seledri memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, serta zat besi yang baik untuk kesehatan rambut. Sudah sejak lama seledri dipakai sebagai salah satu bahan untuk merawat rambut. Selain dapat menjaga kesehatan rambut, bahan alami ini juga sangat ampuh untuk meluruskan rambut. Akan tetapi, caranya memang sedikit agak ribet.

Caranya:
  1. Pertama-tama, siapkan daun seledri secukupnya.
  2. Kedua, haluskan dengan menggunakan blender.
  3. Setelah itu, oleskan ekstrak seledri ini ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala.
  4. Diamkan selama satu malam agar nutrisinya terserap sempurna.
  5. Pada pagi harinya, sisir rambut dengan menggunakan sisir halus, jangan dibilas terlebih dahulu.
  6. Biarkan rambut sampai sore hari.
  7. Pada sore harinya, Anda bisa membilas rambut dengan keramas.

Tips Menjaga Rambut tetap Lurus secara Alami


Menggunakan bahan alami untuk meluruskan rambut memang membutuhkan waktu lama. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin. Lima bahan di atas bisa dijadikan bahan alami untuk meluruskan rambut. Setelah rambut Anda sudah lurus alami, lakukan tips di bawah ini.

1. Jangan terlalu sering mengikat rambut, karena mengikat rambut akan mengubah kontur rambut menjadi bergelombang.

2. Gunakan conditioner setelah keramas. Conditioner berfungsi membuat rambut lebih lembut jadi akan mengurangi resiko rambut kusut dan bergelombang

3. Seringlah menyisir rambut. Menyisir rambut membuat aliran magnetis yang bersentuhan antara sisir dan rambut sehingga membantu menjaga rambut tetap lurus.

4. Jangan tidur dengan rambut terikat.


Demikian adalah beberapa tips mudah untuk meluruskan rambut dengan bahan alami. Perawatan rambut modern bisa membuat rambut menjadi semakin rusak. Dengan bahan alami, diharapkan rambut Anda akan tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.