Top Ad unit 728 × 90

6 Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh untuk Gigi Berlubang

Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh untuk Gigi Berlubang. Meskipun terdengar sepele, sakit gigi nyatanya sangat menyiksa dan menyakitkan. Sakit gigi merupakan rasa nyeri pada daerah sekitar rahang dan gigi karena adanya kerusakan. Penderita sakit gigi biasanya tidak bisa tidur nyenyak dan merasa pusing. Hal inilah yang membuat penderita mudah marah ketika situasi di sekitarnya gaduh atau berisik. Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari gigi yang rusak, gigi retak, sakit gusi atau kekeroposan. Pada beberapa kasus, sakit gigi juga bisa dijadikan pertanda dari gejala ringan penyakit stroke dan jantung. Penyebab paling umum sakit gigi adalah adanya bakteri di gigi yang seiring dengan berjalannya waktu dapat mengakibatkan gigi berlubang

Obat sakit gigi alami


Menggunakan obat di apotek untuk mengobati sakit gigi memang lebih mudah dan cepat. Tapi pada dasarnya, memakai bahan kimia untuk mengobati sakit gigi kurang begitu dianjurkan karena ada beberapa orang yang memiliki gigi sensitif sehingga tidak bisa diobati dengan obat sakit gigi berbahan kimia.

Bahkan ada beberapa kasus yang membuat rasa sakit gigi justru semakin parah. Selain itu, bahan kimia pada obat sakit gigi biasanya juga tidak dianjurkan untuk penderita penyakit tertentu seperti hipertensi, gangguan ginjal, hati, wanita hamil dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menggunakan obat gigi alami yang lebih aman dari efek samping berbahaya. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi berlubang.

Baca juga: 7 Tips dan Cara Alami Mengatasi Gigi Ngilu

6 Bahan Alami untuk Obat Sakit Gigi Berlubang


1. Mengobati sakit gigi dengan Daun Peppermint


Daun Peppermint adalah salah satu bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi yang berlubang. Daun ini memiliki kandungan anestesi yang tinggi sehingga sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu, kandungan dalam daun peppermint ini juga berfungsi untuk menyingkirkan bakteri penyebab sakit gigi dan infeksi yang ada di dalam mulut. Cara penggunaan daun peppermint sebagai obat sakit gigi sangatlah mudah.

Anda hanya perlu menggosokan minyak pappermint pada gigi yang sakit. Atau, Anda juga bisa mencampurkan daun peppermint kering sebanyak 1 sendok teh pada secangkir air panas lalu tutup dan biarkan daun peppermint terendam selama kurang lebih 15 menit. Gunakan air rendaman peppermint kering untuk kumur-kumur sekitar 30 detik lalu buang. Lakukan cara ini sampai rasa sakit gigi semakin berkurang.


2. Mengobati sakit gigi dengan Daun jambu biji


Cara mengobati sakit gigi yang kedua adalah menggunakan dan jambu biji. Daun jambu biji mengandung zat anti nyeri dan anti mikroba yang sangat tinggi. Kandungan tersebutlah yang membuat daun jambu biji sangat bagus untuk mengobati sakit gigi. Daun ini juga mengandung senyawa anti peradangan sehingga gusi yang bengkak bisa segera kempes.

Cara penggunaannya adalah Anda rebus daun jambu biji lalu diamkan sampai terasa hangat. Lalu, gunakan air rebusan untuk berkumur-kumur. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan daun jambu biji dengan mengunyahnya secara langsung sampai cairan dalam daun jambu biji keluar. Lakukan hal ini secara rutin sampai rasa sakit gigi menghilang.


3. Mengobati sakit gigi dengan Bawang merah


Bahan alami selanjutnya adalah bawang merah. Bawah merah selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, ternyata juga berguna untuk mengobati sakit gigi yang berlubang secara alami. Hal ini dikarenakan bawang merah mengandung senyawa anti mikroba dan anti septik yang dapat mengurangi rasa sakit pada gigi yang disebabkan karena infeksi saat gigi berlubang. Cara menggunakannya adalah Anda taruh bawang merah mentah yang sudah diiris pada area gigi yang sakit sampai rasa sakitnya berkurang.


4. Mengobati sakit gigi dengan Bawang putih

Selain bawang merah, bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati rasa sakit gigi. Bawang putih mengandung senyawa anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat meringankan sakit dan nyeri pada gigi. Cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi masalah sakit gigi adalah haluskan bawang putih lalu tambahkan dengan sedikit garam. Selanjutnya, oleskan pada gigi yang terasa sakit. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai rasa sakit pada gigi perlahan menghilang.


5. Mengobati sakit gigi dengan Cengkeh

Cengkeh adalah bahan alami yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada gigi yang berlubang karena kuman atau masalah lainnya. Di dalam cengkeh, terdapat senyawa analgesik dan anestesi yang berfungsi untuk menghentikan rasa sakit pada gigi. Tak hanya itu, cengkeh juga mengandung senyawa antibakteri dan antiseptik yang berguna untuk mencegah terjadinya infeksi pada gusi karena kuman dan bakteri pada mulut dan gigi.

Baca juga: 7 Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan kapas kecil untuk membalurkan beberapa tetes minyak cengkeh pada gigi dan gusi yang terasa sakit. Lakukan cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari agar hasilnya bisa cepat terasa.


6. Mengobati sakit gigi dengan Jeruk Nipis

Di dalam jeruk nipis terkandung vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang. Caranya adalah dengan meneteskan perasan air jeruk nipis langsung pada gigi yang terasa sakit secara rutin setiap 10 menit.

Jeruk nipis juga obat loh. caranya teteskan sesendok demi sesendok pada bagian gigi yang sakit setiap 10 menit, sampai sari jeruknya habis. Vitamin C pada sari jeruk juga bisa meredakan sakit gigi dan itulah jeruk nipis menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi berlubang


7.Mengobati sakit gigi dengan  Lada

Lada adalah salah satu bahan alami yang juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi, terutama untuk gigi yang sangat sensitif. Cara menggunakan lada untuk mengobati sakit gigi adalah campurkan merica (lada bubuk) dengan garam dan beberapa tetes air sampai membentuk pasta. Kemudian, balurkan pada gigi yang terasa sakit, biarkan selama beberapa menit. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai sakit gigi berkurang.


Tips Agar Gigi Tidak Sakit Lagi


Apabila rasa sakit gigi sudah mulai menghilang, hal yang perlu Anda lakukan adalah merawatnya dengan benar dan teratur. Rajinlah menggosok gigi menggunakan pasta yang benar-benar cocok untuk gigi Anda. Jangan lupa berkumur setelah makan agar tidak ada makanan yang tersisa pada gigi. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis seperti coklat, permen dan es krim. Jika Anda memiliki gigi sensitif, gunakanlah pasta gigi yang memang diperuntukkan untuk gigi sensitif. Mengkonsumsi air putih secara teratur dan menghindari stress juga bermanfaat untuk menghindarkan diri dari sakit gigi.

Perlu diingat bahwa bahan-bahan alami di atas hanya bisa mengobati atau mengurangi rasa sakit gigi untuk sementara waktu. Jadi jika Anda benar-benar ingin sembuh, sangat dianjurkan untuk mengunjungi dokter gigi dan konsultasi secara langsung untuk solusi terbaik. Umumnya, dokter akan merekomendasikan pasien sakit gigi berlubang untuk menambalnya jika lubang tidak terlalu besar atau mencabutnya apabila lubang gigi sudah terlalu besar. Sekian informasi terkait obat sakit gigi alami yang ampuh, semoga bermanfaat.
6 Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh untuk Gigi Berlubang Reviewed by Dunia Tips Kita on 10:03 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Bermanfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.