Informasi Kecantikan

7 Cara Alami Mengatasi Dan Mengobati Gigi Ngilu

7 Cara Mengatasi dan Mengobati Gigi Ngilu. Pernahkah gigi Anda terasa ngilu setelah mengkonsumsi minuman dingin? Jika setelah mengkonsumsi es atau makanan panas gigi terasa ngilu, Anda mungkin memiliki masalah gigi sensitif. Masalah gigi sensitif sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal seperti paparan penyebab ngilu di dentin, penumpukan plak, gigi berlubang, hingga cara menyikat gigi yang terlalu keras. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara alami mengatasi gigi ngilu


Cara Alami Mengatasi Gigi Ngilu


1. Mengatasi gigi ngilu dengan Larutan air garam

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan larutan air garam. larutan air garam akan membantu menyeimbangkan kadar pH dalam mulut dan gigi. Tidak hanya itu, air dengan garam yang dilarutkan juga akan membunuh bakteri berbahaya yang bersarang di sela-sela gigi dan mulut dengan kandungan alkaline-nya. Dengan begitu, masalah ngilu pada gigi bisa diatasi dengan cepat.

Baca juga: 7 Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Bagaimana cara membuat larutan air garam? Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan dua langkah sederhana. Pertama, campurkan ½ sdt garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah garam larut dalam air hangat tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk berkumur-kumur. Jika sulit berkumur, Anda bisa membiarkan atau menahan air garam tersebut di dalam mulut selama beberapa saat. Setelah dimuntahkan, silakan berkumur dengan air putih biasa. Kebiasaan ini bisa dilakukan dua kali dalam sehari. Selain mengatasi ngilu di gigi, cara ini bisa dicoba saat gusi terasa sakit akibat efek prosedur pengobatan gigi atau lainnya.



2. Mengatasi gigi ngilu dengan Daun Jambu Biji

Apabila di sekitar rumah terdapat tanaman jambu biji, Anda bisa memanfaatkan daunnya untuk mengatasi ngilu pada gigi. Bagaimana caranya? Pertama, taruh 4-5 daun jambu biji yang tidak terlalu tua ke dalam panci yang berisi secangkir air. Air dan daun jambu biji tersebut kemudian direbus selama 5 menit. Selanjutnya, tuangkan air rebusan tersebut ke cangkir dan biarkan selama beberapa saat agar lebih dingin. Sebelum digunakan untuk berkumur sebagai pembersih mulut, campurkan sedikit garam dan aduk rata. Kebiasaan berkumur dengan pembersih mulut alami ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam sehari.

Ada cara lain yang juga bisa dicoba untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi. Menggunakan bahan yang sama, silakan mengunyah 2-3 daun jambu biji segar selama beberapa menit. Setelah itu, ludahkan remahan daun jambu biji tersebut.


3. Mengatasi gigi ngilu dengan Cengkeh dan Minyak Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah yang berguna sebagai agen anti-inflamasi, anti bakteri, dan anestetik bagi gigi. Karena itu, tidak heran jika cengkeh sering dimanfaatkan untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi sekaligus mengatasi infeksi di gigi.

Bahan yang berdasarkan penelitian tahun 2013 mengandung ekstrak bersifat analgesik ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa ngilu di gigi dengan beberapa langkah pemanfaatan. Pertama, remukkan 2 butir cengkeh dengan sedikit minyak cengkeh. Campuran halus kedua bahan tersebut kemudian diaplikasikan ke bagian gigi yang ngilu selama sekitar 30 menit. Olesan remukan cengkeh dan minyaknya kemudian diolesi dengan kapas berlapis minyak cengkeh. Anda bisa menggunakan cotton ball untuk mengoleskan. Setelah dibiarkan selama 20-30 menit, silakan berkumur menggunakan ½ gelas air hangat yang telah ditetesi 5-6 tetes minyak cengkeh.


7 Tips Mengatasi dan Mencegah Gigi Ngilu


Berikut ini adalah tips yang bisa anda lakukan di rumah untuk mencegah gigi ngilu. Untuk menjaga kesehatan gigi, semua orang tentu tahu bahwa rajin menyikat gigi dua kali dalam sehari adalah solusinya. Namun, sebenarnya hal itu masih solusi sederhana. Ada beberapa hal lainnya yang penting untuk diperhatikan disamping membiasakan menyikat gigi dua kali dalam sehari. Beberapa hal penting yang dimaksud diantaranya yaitu:


1. Hindari minuman atau makanan terlalu panas atau dingin


Konsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas dan dingin secara bersamaan dapat menyebabkan gigi ngilu. Sebagai contoh, meminum es teh atau es jeruk setelah menyantap bakso panas dapat menyebabkan gigi terasa ngilu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan atau minuman dengan cara seperti ini.


2. Gunakan bulu sikat gigi yang halus

Agar gigi tidak iritasi atau infeksi sehingga ngilu bertambah parah, sebaiknya pilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus dan lembut. Sikat gigi yang kaku serta cara menyikat gigi yang keras justru semakin membuat lapisan email gigi terkikis. Jika dibiarkan, kondisi tersebut hanya akan memperparah kondisi gigi.


3. Gunakan pasta gigi ber-fluorade

Selain memilih sikat gigi yang tepat, memilih pasta gigi juga tidak boleh sembarangan. Pasta gigi yang mengandung fluoride adalah langkah antisipasi yang bisa dilakukan untuk mengurangi ngilu pada gigi. Kandungan fluoride pada pasta gigi akan membantu memperkuat lapisan email gigi sehingga rasa ngilu pada gigi bisa lebih dikurangi.


4. Batasi minuman dan makanan asam dan manis

Makanan dan minuman tinggi kandungan asam seperti yogurt, jeruk sitrus, soda, dan sebagainya dapat menyebabkan email gigi yang sudah tipis semakin terkikis. Padahal, email yang tipis saja sudah membuat gigi terasa ngilu bagi sebagian orang. Selain membatasi konsumsi makanan atau minuman berasam, Anda bisa meminimalisirnya dengan sedotan.

Selain makanan asam, Anda yang hingga kini menggemari makan-makanan manis perlu lebih mengontrol diri demi mendapatkan gigi yang sehat. Makanan seperti coklat, biscuit, kue, dan sebagainya mudah menempel di gigi. Jika dibiarkan, sisa makanan yang lengket tersebut akan menyebabkan gigi berlubang.


5. Minum air mineral setelah mengkonsumsi makanan atau minuman seperti susu, dan sebagainya


Agar rasa ngilu pada gigi tidak semakin parah, Anda juga bisa menerapkan kebiasaan meminum air mineral setelah mengkonsumsi makanan atau minuman berasam. Hal ini dimaksudkan agar kadar asam dalam mulut dan gigi kembali normal. Dengan begitu, email gigi tidak melunak akibat lapisan asam.


6. Tidak langsung menyikat gigi setelah konsumsi makanan asam


Selain meminum air mineral setelah mengkonsumsi makanan atau minuman asam, Anda juga perlu membiasakan untuk tidak segera menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman berasam. Jika melakukannya, hal tersebut justru akan membuat lapisan email gigi menjadi lebih lunak. Akibatnya, saat disikat, lama kelamaan lapisan email gigi semakin menipis dan justru memperparah kondisi ngilu. Alih-alih membersihkan mulut, Anda justru memperparah rasa ngilu di gigi. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?


7. Gunakan pembersih mulut

Tips berikutnya yang bisa dicoba adalah menggunakan pembersih mulut atau beberapa orang menyebutnya dengan istilah mouthwash. Selain dapat membuat nafas terasa lebih segar dan tidak bau akibat makanan atau minuman yang dikonsumsi, mouthwash atau pembersih mulut dapat membuat kebersihan mulut dan gigi lebih terjaga. Seperti yang kita tahu, setiap hari ada saja makanan atau minuman yang dikonsumsi tersisa di sela-sela gigi. Hal itu membuat gigi tidak bersih dan bakteri yang bisa muncul akibat pembusukan sisa makanan tersebutpun bisa merusak kesehatan gigi.

Jadi bisa disimpulkan bahwa selain memanfaatkan bahan-bahan alami seperti cengkeh untuk mengatasi gigi yang ngilu, beberapa kebiasaan baik juga perlu lebih diperhatikan. Sudahkah Anda mencoba kebiasaan tersebut di rumah?
7 Cara Alami Mengatasi Dan Mengobati Gigi Ngilu Reviewed by Dunia Tips Kita on 10:01 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Kita © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.