loading...

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Herbal Alami

Cara mengatasi rambut rontok yang sudah terlanjur parah sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai bahan herbal alami yang ada disekitar kita. Selain mudah didapat, menggunakan bahan alami lebih disarankan karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Rambut rontok memang telah menjadi salah satu masalah yang kerap menimpa sebagian besar orang. Meskipun sepele, masalah ini ternyata bisa menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Rambut rontok akan menempel pada sisir atau baju yang membuat sebagian besar pria atau wanita merasa tidak nyaman. Kerontokan rambut yang berlebihan juga mengindikasikan adanya kerusakan rambut. Tak perlu khawatir, pembahasan kali ini akan menguraikan bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami. Ingat, cara-cara yang alami lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat kimia. Langsung saja ikuti pembahasannya berikut ini.

cara mengatasi rambut rontok
Tips dan cara mengatasi rambut rontok

Masalah Rambut Rontok pada Pria dan Wanita


Rambut rontok merupakan kondisi yang wajar dialami oleh manusia. Kerontokan rambut yang masih dalam kategori wajar adalah jika kerontokan rambut sekitar 100 helai tiap harinya. Kondisi ini disebut normal karena rambut mengalami tiga fase perkembangan, yaitu fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase kerontokan.

Kerontokan rambut memiliki pola yang berbeda antara laki-laki dan perempuan. Pola pada kerontokan rambut pria dalam dunia medis dikenal dengan istilah Alopesia androgenetik. Kerontokan ini terjadi akibat akar rambut terlalu peka terhadap hormon dihidrotestosteron (DHT) yang masih satu jenis dengan hormon testosteron. Tingginya tingkat DHT dalam tubuh dapat mengakibatkan helai rambut menipis sehingga sangat mudah terjadi kerontokan.

Pola kerontokan pada rambut pria secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, rambut bagian depan mengalami kerontokan pada hingga garis rambut mulai bergeser naik. Pola ini hampir dialami oleh sebagian besar pria. Lalu, pola yang kedua adalah penipisan rambut pada bagian ubun-ubun serta samping kepala. Beberapa pria juga mengalami masalah ini.

Lalu, untuk para perempuan, pola kerontokan rambut hanya terbatas pada bagian atas kepala. Penyebab kerontokan rambut pada wanita pada umumnya adalah karena adanya perubahan hormon, seperti kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi, atau menopause.

Rambut rontok memang bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Sebagian besar orang mengalami masalah rambut rontok saat mereka sudah memasuki usia 30 – 40 tahun. Namun, ada pula yang mengalami masalah ini sebelum menginjak usia tersebut. Penyebabnya bisa berbagai macam. Rambut rontok bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon, kurangnya asupan nustrisi, stress, trauma emosional, keturunan, atau akibat kondisi medis lainnya. Agar lebih pasti, perlu diperlukan pemeriksaan oleh dokter agar bisa mengetahui penyebab pasti kerontokan rambut.


5 Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami


1. Mengatasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya


Bahan alami bernama Lidah Buaya atau Aloe vera memang sudah dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin dan nutrisi dalam lidah buaya dapat memperbaiki kerusakan rambut. Lidah buaya dapat merangsang tumbuhnya rambut baru, memperbaiki jaringan rambut yang mulai rusak, dan juga dapat mengembalikan warna alami rambut. Untuk Anda yang memiliki masalah rambut rontok berlebihan, gunakan saja lidah buaya sebagai produk perawatan rambut alami. Cara mengolah lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok sebagai berikut.

Caranya:
  1. Siapkan satu batang lidah buaya, ambil gelnya.
  2. Setelah keramas, gunakan gel ini untuk masker rambut, diamkan selama sekitar 30 menit atau sampai rambut kering.
  3. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air dingin.
  4. Perawatan ini bisa dilakukan minimal satu kali sehari sehabis mandi.

2. Mengatasi Rambut Rontok Dengan Kemiri


Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan minyak kemiri. Jauh sebelum banyak produk perawatan rambut ditemukan, orang-orang menggunakan minyak kemiri sebagai produk perawatan rambut yang alami. Ternyata, minyak yang diekstrak dari bumbu dapur ini mengandung nutrisi yang baik untuk rambut. Sekitar 66% dari kemiri mengandung mineral alami yang cukup lengkap, yaitu kalsium, kalium, zat besi, dan yang lainnya. Manfaat minyak ini adalah bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Manfaat lain dari minyak kemiri adalah bisa mengatasi masalah rambut rontok secara alami.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan kemiri menjadi produk perawatan rambut. Cara yang pertama adalah dengan membeli minyak kemiri di toko lalu menggunakannya. Cara ini cukup praktis. Lalu, cara yang kedua adalah membuat minyak kemiri sendiri. Untuk membuat minyak kemiri sendiri, caranya sangat mudah.

Caranya:
  1. Pertama, sangrai beberapa butir kemiri kemudian haluskan sampai minyaknya keluar.
  2. Peras kemiri untuk mendapatkan minyaknya.
  3. Kemudian oleskan minyak kemiri ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut.
  4. Diamkan selama 1-2 jam sampai kandungan minyak kemiri ini terserap sempurna.
  5. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.


3. Mengatasi Rambut Rontok Dengan Teh Hijau, Daun Seledri, dan Lemon


Teh hijau tak hanya lezat untuk dikonsumsi saja. Bahan alami ini juga baik untuk merawat rambut. Di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada kepala. Lalu, daun seledri mengandung vitamin A, zat besi, dan vitamin B yang bermanfaat untuk menguatkan akar rambut. Sementara lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Kolaborasi antara teh hijau, daun seledri, dan lemon sangat baik untuk mengatasi rambut rontok secara alami.

Caranya:
  1. Pertama-tama, peras satu buah lemon, campurkan dengan air hangat.
  2. Rendam handuk pada air lemon hangat ini selama 5 menit.
  3. Setelah itu, gunakan handuk hangat tersebut untuk menutupi bagian kepala selama 10 menit.
  4. Setelah itu, tetesi seledri dengan seduhan teh hijau dan daun seledri.
  5. Pijat-pijat kepala dengan lembut supaya nutrisinya terserap sempurna.
  6. Setelah 30 menit, bilas rambut menggunakan air dingin.


4. Mengatasi Rambut Rontok Dengan Santan


Selain dapat membuat rasa masakan menjadi gurih, santan juga bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. Di dalam santan terdapat beberapa mineral alami yang dibutuhkan oleh rambut, yaitu zat besi, vitamin B, protein, kalsium, dan lain sebagainya. Cara menggunakan santan untuk perawatan rambut pun sangat mudah.

Caranya:
  1. Pertama-tama, siapkan santan kental sebanyak satu gelas.
  2. Setelah keramas, oleskan santan kental ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.
  3. Pijat-pijat sebentar agar nutrisi dalam santan bisa terserap sempurna.
  4. Balut dengan handuk dan diamkan selama 1 jam.
  5. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

5. Mengatasi Rambut Rontok Dengan Alpukat


Alpukat ternyata bisa juga dijadikan untuk bahan perawatan rambut rontok. Kandungan nutrisi dalam alpukat bisa memicu pertumbuhan rambut baru, menjaga kelembapan rambut, menghitamkan rambut, serta mengilaukan rambut yang kusam. Untuk memanfaatkan bahan alami ini, Anda bisa membuat masker alpukat.

Caranya:
  1. Cukup haluskan satu butir alpukat sampai membentuk pasta.
  2. Setelah itu, oleskan secara merata pada rambut.
  3. Diamkan selama 1 jam. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.
  4. Perawatan rambut menggunakan alpukat ini sebaiknya dilakukan setelah keramas minimal tiga hari sekali.

Demikian adalah 5 cara alami untuk mengatasi rambut rontok. Dengan menggunakan cara yang alami, kesehatan rambut akan tetap terjaga. Produk kimia sering kali menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi rambut Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.