loading...

10 Tips dan Cara Alami Memutihkan Gigi Tanpa Harus Ke Dokter

7 Tips dan Cara Alami Memutihkan Gigi Tanpa Harus Ke Dokter. Salah satu trend perawatan yang kini banyak dijalani adalah pemutihan gigi. Sayangnya, bagi sebagian orang, memutihkan gigi di klinik gigi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips dan cara alami yang bisa dicoba untuk memutihkan gigi dengan aman tanpa harus ke dokter gigi dan tanpa biaya berlebih. Apa saja cara dan tips untuk memutihkan gigi? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Alami Memutihkan Gigi

Cara Alami Memutihkan Gigi


Untuk membuat gigi terlihat putih, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


1.  Cara Memutihkan Gigi Dengan Kulit jeruk

Kandungan kimia dalam kulit jeruk seperti pektin dan minyak atsiri akan membuat mikroba seperti bakteri dan jamur penyebab warna kuning di gigi hilang serta membuat gigi lebih sehat. Untuk memutihkan gigi dengan kulit jeruk, ada langkah mudah yang bisa diikuti. Anda hanya perlu menggunakan bagian dalam kulit jeruk untuk digosok-gosokkan ke gigi. Dengan kebiasaan sederhana ini, gigi yang tadinya kuning sedikit demi sedikit akan berwarna putih.


2. Cara Memutihkan Gigi Dengan Minyak kelapa

Orang Indian sering memanfaatkan minyak kelapa untuk membersihkan gigi dari bakteri penyebab plak dan warna kuning gigi seperti streptococcus mutans. Untuk menggunakan bahan alami ini, Anda perlu mengambil 1 sdt minyak kelapa dan menaruhnya di mulut. Minyak kelapa yang ditaruh di mulut tersebut kemudian digunakan untuk berkumur. Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa di dalam mulut ke deretan gigi menggunakan lidah. Setelah 15-20 menit, muntahkan. Pada umumnya, minyak kelapa tidak akan menyebabkan pengikisan lapisan gigi sehingga aman diaplikasikan setiap hari.

Baca juga: 6 Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh untuk Gigi Berlubang


3. Cara Memutihkan Gigi Dengan Cuka Apel

Seperti halnya buah apel yang bisa memutihkan gigi hanya dengan memakan buahnya, Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel untuk membantu memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan mencampur sari cuka apel dengan minyak zaitun. Lalu, sikat gigi yang biasa Anda pakai direndam ke dalam campuran tersebut selama 3 menit. Kepala sikat gigi yang direndam tersebut kemudian digunakan untuk menggosok gigi. Kebiasaan yang bisa dilakukan 2 kali dalam sehari ini akan membuat gigi yang kuning terlihat lebih putih.


4. Cara Memutihkan Gigi Dengan Stroberi

Kandungan malic acid dalam stroberi bisa dimanfaatkan untuk mengatasi perubahan warna pada gigi. Untuk mendapatkan manfaat pemutihan gigi menggunakan stroberi, Anda bisa mencampurkan baking soda ke dalam stroberi yang telah dihaluskan. Kedua bahan tersebut kemudian digosokkan ke gigi. Setelah beberapa saat, silakan berkumur menggunakan air putih biasa. Seperti beberapa bahan khusus lainnya, pengaplikasian stroberi dengan baking soda sebaiknya dilakukan dua minggu sekali.


5. Cara Memutihkan Gigi Dengan Air jeruk dan garam

Selain menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa menggunakan air sari jeruk yang dicampur dengan garam. Campuran kedua bahan tersebut akan menyehatkan sekaligus memutihkan gigi dari lapisan kuning di gigi. Cara pengaplikasiannya adalah menggosokkan campuran kedua bahan tersebut ke gigi. Setelah dibiarkan 1-2 menit, silakan gunakan air biasa untuk berkumur. Karena campuran kedua bahan ini memiliki sifat abrasi yang dapat mengikis lapisan email gigi, sebaiknya kebiasaan menggunakan bahan tersebut tidak dilakukan terlalu sering.


6. Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang mudah ditemukan. Apabila di dapur Anda menemukan bahan alami ini, silakan memanfaatkannya untuk memutihkan gigi. Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menggunakan 1 sdt baking soda yang dicampur dengan 2 sdt air biasa sebagai pasta gigi. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk meratakannya ke seluruh area gigi. Setelah didiamkan kurang dari 10 menit, gosok gigi seperti biasa menggunakan pasta gigi.

Satu hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi adalah kebiasaan pengaplikasiannya yang tidak boleh terlalu sering. Mengapa? Hal ini karena baking soda memiliki sifat abrasi sehingga jika digunakan terlalu sering dapat menipiskan lapisan email gigi. Penggunaan baking soda yang direkomendasikan adalah 1-2 kali dalam sebulan.


7. Cara Memutihkan Gigi Dengan Kulit pisang

Mulai sekarang, setelah memakan buah pisang jangan buah kulitnya karena kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Kandungan dalam kulit pisang rupanya dapat memutihkan gigi tanpa membuat enamel gigi rusak. Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya untuk memutihkan gigi? Ada beberapa langkah mudah yang bisa dicoba.

Pertama, ambil bagian dalam kulit pisang yang berwarna putih. Bagian dalam kulit pisang tersebut digosok-gosokkan ke gigi yang kuning selama kurang lebih 5 menit. Setelah didiamkan selama 2 menit, Anda bisa membersihkannya secara lembut menggunakan kain atau tisu bersih. Terakhir, gosok gigi menggunakan pasta gigi seperti Anda menggosok gigi biasa.


Tips Agar Gigi Selalu Tampak Putih 


Selain mengaplikasikan cara memutihkan gigi dengan bahan alami secara teratur, ada beberapa kebiasaan lain yang juga penting untuk diikuti. Beberapa kebiasaan tersebut meliputi:

Tips Menjaga Gigi Agar Tetap Putih


1. Teratur menggosok gigi dengan cara yang benar

Agar gigi tetap sehat dan putih, Anda harus rutin menggosok gigi 2 kali dalam sehari, yaitu setelah bangun tidur dan menjelang tidur. Selain itu, Anda juga perlu menggosok gigi dengan cara yang benar. Cara seperti apa yang dianjurkan saat menggosok gigi? Berikut beberapa panduannya

a. Menyikat secara vertikal pada sisi kanan dan kiri gigi

b. Menyikat selama 12-13 detik pada satu per satu bagian gigi

c. Menyikat bagian dalam gigi secara merata

d. Menggunakan sikat gigi yang lembut serta pasta gigi secukupnya

e. Untuk gigi bagian depan, sikat secara searah sehingga gusi tetap menjaga pondasi gigi dengan baik. Gigi bagian depan atas disikat searah ke bawah, sedangkan gigi bagian depan bawah disikat searah ke atas.

f. Jangan lupa untuk menyikat lidah dan langit-langit



2. Menghindari makanan dan minuman penyebab gigi kuning

Ada banyak makanan dan minuman yang bisa menyebabkan proses pemutihan gigi menjadi sia-sia. Jadi, apabila ingin memutihkan gigi, Anda harus memperhatikan apa yang dimakan dan diminum. Lalu, bagaimana cara mengetahui makanan atau minuman yang menyebabkan perubahan warna pada gigi? Makanan dan minuman yang meninggalkan noda di pakaian putih adalah makanan dan minuman yang bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Contohnya adalah kopi, teh, jus buah, cola atau soda, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Tips dan Cara Alami Mengatasi Gigi Ngilu



3. Berkumur setelah meminum minuman berwarna

Minum-minuman seperti wine, jus anggur, jus cranberry, dan sebagainya adalah beberapa contoh minuman berwarna. Beberapa minuman tersebut memang kaya akan antioksidan. Namun, beberapa contoh minuman tersebut mudah mengubah warna gigi. Agar tetap dapat mendapatkan efek kesehatan dari beberapa minuman berwarna dan kaya antioksidan, Anda bisa menggunakan solusi berikut, yaitu berkumur dengan air mineral setelah meminum minuman berwarna. Solusi ini juga diaplikasikan untuk makanan yang meninggalkan warna di gigi seperti blueberry, blackberry, dan sebagainya.

Itulah 7 Tips dan Cara Alami Memutihkan Gigi Tanpa Harus Ke Dokter yang bisa dicoba untuk membuat gigi yang kuning terlihat lebih putih dan sehat. Apakah Anda tertarik mencobanya di rumah?