loading...

5 Cara Alami Yang Cepat Menghilangkan Bekas Luka

Simak Cara Alami dan Cepat Menghilangkan Bekas Luka. Bekas luka sebenarnya dapat di atasi atau disamarkan dengan bahan-bahan alami berikut ini. Tak perlu gundah jika merasa penampilan Anda terganggu oleh adanya bekas luka, tapi ada baiknya bila cepat-cepat ditangani. Karena jika dibiarkan terlalu lama, Anda sendiri yang akan merasa minder, stress, dan rendah diri, hanya karena memiliki bekas luka yang kecil sekalipun. Anda tidak perlu membayangkan perlunya perawatan berjuta-juta, atau operasi untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Cukup menggunakan bahan-bahan alami dengan penggunaan yang tepat. Bahan-bahan alami selain bisa memulihkan bekas luka tanpa efek samping, biaya yang dikeluarkan pun tidak akan mahal.

Cara menghilangkan bekas luka

Karena banyaknya orang yang memilih menghilangkan bekas luka secara alami, berikut ini akan dibahas mengenai tips dan cara untuk menghilangkan bekas luka. Pertama, Anda harus tahu tipsnya terlebih dahulu.


Tips untuk Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami


Bahan-bahan alami lebih dianjurkan dipakai untuk menghilangkan bekas luka karena beberapa alasan. Alasan paling umum adalah dari segi keamanan dan kesehatan. Bahan-bahan dan obat kimia memang efektif dalam menyembuhkan bekas luka, namun tidak semua orang cocok menggunakannya. Contohnya untuk sebagian wanita, memiliki kulit yang sensitif terhadap obat oles yang berbahan dasar kimia. Jadilah cara alami lebih sering dipakai untuk hasil yang lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Tips berikut berisi beberapa tuntunan dalam menghilangkan bekas luka. Jadi tidak sembarangan bahan dan cara dilakukan. Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi.


1. Lakukan sesuai aturan

Ada orang yang terlalu ingin cepat menghilangkan bekas lukanya, sehingga melakukannya secara berlebihan. Misalnya, aturan pemakaian 2 kali sehari justru dilanggar dan dibuat menjadi setiap kali saat sempat. Padahal, dalam bahan alami sekalipun terdapat kandungan yang jika berlebihan menjadi tidak baik bagi kesehatan. Jadi, jika aturan menyebutkan sekali sehari selama beberapa minggu, bersabarlah dan lakukan sesuai aturan.


2. Jangan dipakai sekaligus

Jangan memakai beberapa bahan yang dicampur seenaknya begitu saja. memang ada beberapa bahan yang jika digabungkan khasiatnya akan meningkat, namun ada juga bahan yang kandungan di antaranya akan berubah menjadi racun jika digabungkan dengan kandungan dari bahan lain. Apalagi jika sudah memakai salep atau obat luar dengan resep dokter, jangan memakainya berbarengan dengan bahan-bahan alami. Habiskan terlebih dahulu obat dengan resep tersebut, jika memang tidak banyak mengalami perubahan, barulah Anda dapat melanjutkannya dengan memakai bahan alami yang efektif.


3. Berhati-hati dengan bahan alami yang kandungan asamnya tinggi

Lemon dan berbagai jenis jeruk yang sangat masam memang memiliki khasiat untuk memudarkan bekas luka. Namun, Anda yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dengan kandungan asam tersebut. Karena bagi kulit sensitif, asam dari lemon dan sejenisnya bisa menimbulkan efek kemerahan dan perih. Jika ini terjadi, Anda bisa menggunakan bahan alami lain. Atau bisa juga mengencerkannya dengan air, barulah diaplikasikan pada bekas luka.

Beberapa tuntunan tersebut lebih baik Anda ikuti jika menginginkan hasil yang optimal. Yang paling penting dalam perawatan dan pengobatan bukanlah kecepatan sembuhnya melainkan kesabaran Anda untuk berusaha.


Cara dan Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka


Setelah mengetahui aturan dalam memakai bahan alami untuk menghilangkan bekas luka. Selanjutnya Anda perlu tahu bahan alami yang bisa digunakan, beserta cara pemakaiannya. Meski demikian ada bahan yang cocok ada juga yang tidak cocok. Dan karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkan bekas luka, Anda harus bersabar dalam penggunaannya.


1. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Lemon


Menghilangkan Bekas Luka dengan Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kulit. Lemon dapat mempercantik kulit Anda dengan mencerahkannya dan membuat regenerasi sel-sel kulit mati menjadi lebih cepat. Karena itu, kulit mati dalam bekas luka akan bisa terangkat lebih cepat menggunakan lemon. Caranya adalah dengan menyiapkan satu buah lemon. Satu buah lemon ini bisa digunakan untuk berhari-hari bahkan bisa sampai seminggu. Tinggal cara penyimpanannya saja yang harus dilakukan dengan benar agar nutrisinya tidak banyak hilang meski sudah terpotong. Anda bisa memeras potongan lemon. Jus inilah yang dioleskan ke bagian bekas luka. Jika ingin lebih steril Anda dapat menggunakan cotton bud untuk mengoleskannya. Tunggu hingga meresap, kemudian dibilas agar tidak lengket. Lakukan satu hari sekali di malam hari sebelum tidur.


2. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Lidah Buaya

Menghilangkan Bekas Luka dengan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat bagi kulit dan rambut. Lidah buaya bisa diaplikasikan ke seluruh tubuh untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dari ujung rambut hingga ke ujung kuku. Begitu juga dengan bekas luka. Penggunaan akan berkhasiat memudarkan bekas luka. Karena lidah buaya mengandung asam amino, lignin, dan kandungan lain, yang dapat memperbaiki jaringan yang rusak.

Caranya adalah dengan memotong lidah buaya secara horizontal, sehingga daging lidah buaya terlihat. Kemudian, oleskan ke bagian bekas luka dan lakukan secara rutin. Bisa 1-2 kali sehari sampai bekas luka memudar. Bedakan bagian lendir dengan getah, ya. Bagian lendirnya adalah yang berkhasiat, berada di bagian dalam dan warnanya bening seperti gel. Sedangkan great ada di bagian kulit, dan efeknya bisa menimbulkan gatal-gatal.


3. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Mentimun

Menghilangkan Bekas Luka dengan Mentimun

Mentimun merupakan buah yang juga berkhasiat untuk kulit, karena kandungannya sebagian besar terdiri dari air, maka sangat baik untuk menunjang kelembaban dan regenerasi kulit. Timun dapat mengencangkan kulit sehingga akan sangat baik jika manfaat tersebut diaplikasikan untuk bekas luka. Caranya adalah menumbuk atau haluskan menggunakan blender. Setelah itu, oleskan di bagian yang terdapat bekas luka. Diamkan semalaman. Bila merasa risi, gunakan saja selama beberapa jam, lalu bersihkan dengan air.


4. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak Zaitun

Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang sangat bermanfaat untuk kulit. Kulit yang sensitif bisa dengan aman menggunakan bahan yang satu ini. Minyak zaitun sendiri sekarang mudah didapat, sehingga tidak perlu Anda mengimpornya dari luar negeri. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda tinggal mengoleskannya ke bagian yang memiliki bekas luka. Kemudian tinggal Anda diamkan semalaman.


5. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Teh Hijau

Menghilangkan Bekas Luka dengan Teh Hijau

Ocha atau teh hijau khas negara-negara Asia memang terkenal sebagai rahasia awet muda. Antioksidannya yang tinggi membuatnya banyak dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Selain untuk kecantikan, Anda juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan bekas luka. Caranya adalah dengan menyeduh teh hijau dengan air panas. Tunggu hingga larut, kemudian tuangkan sedikit pada handuk atau kapas. Handuk atau kapas tersebut barulah Anda usapkan pada bekal luka. Tentu saja bekas luka tersebut sudah harus dibersihkan sebelumnya.

Banyak dari bahan-bahan tersebut yang aman bagi kulit yang sensitif sekalipun, seperti minyak zaitun, mentimun, dan lidah buaya. Jadi jangan takut untuk mencobanya. Jangan biarkan bekas luka di wajah atau bagian tubuh lainnya menjadi penghalang bagi Anda untuk tampil percaya diri. Karena kepercayaan diri adalah kunci dari tampil cantik. Buatlah kepercayaan diri Anda muncul dengan menggunakan tips dan cara menghilangkan bekas luka di atas. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda sekalian.