Informasi Kecantikan

11 Cara Ampuh Dan Alami Menghilangkan Ketombe Membandel Yang Perlu Anda Coba

Tak perlu gundah memikirkan ketombe, 11 cara alami di bawah ini telah terbukti ampuh dalam urusan menghilangkan ketombe membandel. Perawatan seluruh bagian tubuh sangat penting, guna menjaga kesehatan tubuh. Salah satu bagian tubuh yang harus dirawat adalah bagian rambut dan kulit kepala. Apabila terawat, maka dapat terhindar dari segala persoalan yang kemungkinan ditimbulkan. Kondisi rambut dan kulit kepala yang bebas dari persoalan ketombe dapat memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. Apabila Anda terlanjur mengalami masalah ketombe, maka lakukan tips rambut berketombe dan cara menghilangkannya secara alami. Berikut 11 cara ampuh dan alami menghilangkan ketombe membandel.

Cara menghilangkan ketombe

11 Cara Ampuh Dan Alami Menghilangkan Ketombe Membandel


1. Cara menghilangkan ketombe dengan Jeruk Nipis
Cara menghilangkan ketombe dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang mampu menghilangkan ketombe secara alami. Buah kecil berwarna hijau dengan rasanya yang asam ini mengandung banyak vitamin dan berkhasiat untuk mengatasi ketombe. Pemakaian secara rutin dapat menghilangkan ketombe lebih efektif dan efisien. Cara pemakaiannya adalah dengan membelah jeruk ke dalam beberapa bagian serta usapkan di rambut dan kulit kepala hingga merata. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih.




2. Cara menghilangkan ketombe dengan Cuka Apel

Cara menghilangkan ketombe dengan Cuka Apel

Cuka apel dapat membantu menghilangkan ketombe. Larutan bersifat asam ini mampu mengubah pH kulit kepala agar terhindar dari jamur penyebab ketombe. Adapun tata cara pemakaiannya adalah dengan memasukkan ¼ gelas cuka apel ke dalam botol semprot dan campurlah dengan ¼ gelas air bersih. Kemudian, semprotkan larutan tersebut secara merata ke seluruh bagian kulit kepala. Bungkuslah rambut dengan handuk dan diamkan selama 30-60 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini dengan rutin agar ketombe benar-benar hilang.




3. Cara menghilangkan ketombe dengan Lidah Buaya (Aloevera)

Cara menghilangkan ketombe dengan Lidah Buaya (Aloevera)

Manfaat lidah buaya untuk rambut sangat dikenal, di mana mempunyai khasiat yang baik. Selain mampu menghitamkan rambut, aloevera juga mampu menghilangkan ketombe. Cara penggunaannya adalah mengupas kulit batangnya dan memanfaatkan gel-nya. Gel tersebut kemudian dioleskan pada kulit kepala. Setelah itu, biarkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.




4. Cara menghilangkan ketombe dengan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat di gunakan untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala dan rambut. Khasiat minyak kelapa tersebut dapat menghambat pertumbuhan jamur pada kulit kepala, sehingga terhindar dari ketombe. Langkah penggunaannya adalah dengan mengambil 1 sendok makan minyak kelapa serta oleskan pada kulit kepala saat kondisi rambut kering. Ratakan ke seluruh permukaan kulit kepala dan lakukan pemijatan ringan. Biarkan selama 30-60 menit dan setelahnya, keramaslah menggunakan sampo sampai bersih.




5. Cara menghilangkan ketombe dengan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan ketombe dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun berkhasiat menghilangkan ketombe membandel pada rambut dan kulit kepala. Kulit kepala juga terjaga kelembabannya, sehingga tidak terlalu lembab ataupun terlalu kering. Vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mendukung untuk menjaga sel-sel kulit kepala menjadi sehat. Cara penggunaannya adalah dengan mengambil 1 sendok minyak zaitun dan gosokkan secara merata di telapak tangan. Setelah itu, pijat kulit kepala secara lembut dan bungkus rambut dengan handuk selama 30 menit dan bilas hingga bersih menggunakan sampo.




6. Cara menghilangkan ketombe dengan Ekstrak Minyak Lavender

Cara menghilangkan ketombe dengan Ekstrak Minyak Lavender

Fungsi minyak lavender ini hampir sama dengan minyak zaitun, yaitu mampu menghilangkan ketombe dan menjaga kestabilan kelembaban kulit kepala. Pemakaiannya adalah memerlukan minyak lavender sebanyak 1 sendok makan dan ratakan pada telapak tangan. Setelahnya, oleskan pada kulit kepala dengan perlahan. Diamkan hingga 15 menit dan keramas hingga bersih.




7. Cara menghilangkan ketombe dengan Yoghurt

 Cara menghilangkan ketombe dengan Yoghurt

Yoghurt merupakan hasil fermentasi dari susu dan mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi kulit. Kandungan nutrisinya tersebut meliputi protein, vitamin E, vitamin C, dan sebagainya yang berkontribusi baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, ketombe dapat diatasi. Lakukan pemakaian yoghurt secara internal dengan diminum dan secara eksternal dengan mengoleskannya ke kulit kepala hingga merata. Lakukan pemijatan hingga beberapa saat dan bilas hingga bersih.

8. Cara menghilangkan ketombe dengan Kangkung

Cara menghilangkan ketombe dengan Kangkung

Kangkung memang sangat sedap apabila dimasak menjadi tumis. Namun siapa sangka ternyata kangkung cukup efektif untuk menghilangkan ketombe. Sayuran satu ini memiliki senyawa mineral essens yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di area kulit kepala. Bahkan dengan penggunaan rutin, masalah rambut rontok yang kamu alami bisa hilang. Simak cara menghilangkan ketombe dengan sayur kangkung berikut. Siapkan satu ikat kangkung segar, kamu bisa beli di pasar atau swalayan terdekat. Rebus satu ikat kangkung tadi dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih secara sempurna, kemudian saring. Bilaskan air rebusan daun kangkung tadi secara merata keseluruh area kulit kepala. Diamkan selama 30 menit supaya meresap, lalu bilas kembali dengan keramas.

9. Cara menghilangkan ketombe dengan Daun Pandan

Cara menghilangkan ketombe dengan Daun Pandan

Selain sebagai pewarna alami dan penyedap makanan, daun pandan juga dapat digunakan untuk meringankan atau menghilangkan ketombe membandel secara alami. Caranya cukup mudah, haluskan daun pandan, jika perlu kita bisa tumbuk hingga halus. Jangan menggunakan blender, cukup dengan ditumbuk. kemudian tambahkan sedikit air hangat dan bilas kepala dengan perasan daun pandan ini.

10. Cara menghilangkan ketombe dengan Bawang Merah

Cara menghilangkan ketombe dengan Bawang Merah

Dahulu orang jawa selalu memberikan bawang merah yang ditumbuk kemudian diletakkan pada kepala bayi untuk menghangatkan bayi. Ternyata hal ini bisa kita tiru untuk menghilangkan ketombe membandel secara cepat. Kandungan penting dalam bawang merah seperti minyak atisiri, sikloaliin, dihidroaliin, kuersetin, peptide, flavongklikosida, vitamin, zat pati dan fitohormon ternyata sangat baik untuk rambut serta efektif membunuh jamur penyebab ketombe pada kulit kepala. Haluskan bawang merah, atau cukup belah bawang merah menjadi dua. Kemudian oleskan pada kulit kepala. MInta bantuan teman atau keluarga mu jika kamu merasa kesulitan.

11. Cara menghilangkan ketombe dengan Scrub Garam

Cara menghilangkan ketombe dengan Scrub Garam

Garam berfungsi sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati dan membunuh jamur penyebab ketombe. Langkahnya sangat mudah, cukup basahi terlebih dahulu kepala kita dengan air bersih. Kemudian taburkan sedikit garam halus dan gosokkan perlahan pada kulit kepala.Kemudian bilas dan shampoan hingga bersih. Pembersihan ketombe dengan scrub garam ini tidak diperkenankan terlalu sering karena dikhawatirkan dapat melukai kulit kepala, jadi cukup seminggu sekali sudah cukup.


Tips Tambahan Agar Rambut Anda Terhindar dari Ketombe


Sebenarnya ketombe akan selalu kembali dan ada pada setiap kulit kepala kita. Hal itu dikarenakan aktivitas yang menghasilkan keringat dan proses regenerasi sel pada kulit kepala. Rambut yang berketombe hingga membandel, merupakan suatu hal yang sangat mengganggu. Rasa gatal yang ditimbulkan menjadikan rasa tidak nyaman dalam melakukan berbagai kegiatan. Aktivitas Anda dapat terganggu karenanya. Persoalan tersebut dapat diatasi dengan melakukan berbagai tips agar rambut tidak berketombe berikut ini.


1. Rajin Menyisir Rambut dan Mengurangi Pemakaian Pengering Rambut
Rambut harus dirawat sedemikian rupa agar tetap rapi, nyaman, dan terhindar dari segala persoalan. Salah satunya adalah dengan menyisir rambut dengan sisir yang baik dan tidak keras. Selain itu, upayakan menyisir rambut dengan cara yang baik, yaitu searah sesuai belahan rambut dan jangan terlalu cepat. Dengan demikian, rambut akan teratur dan sirkulasi udara di kulit kepala menjadi teratur. kulit kepala juga tidak terluka.

Di samping menyisir rambut dengan lembut dan teratur, Anda dapat mengurangi pemakaian pengering rambut. Mengapa demikian? Panas yang ditimbulkan dari hair dryer akan membuat kulit kepala menjadi kering dan akhirnya dapat menimbulkan ketombe. Dalam penggunaan hair dryer tersebut, gunakan suhu yang memadai dan tidak langsung mengarah ke kulit kepala.

2. Rajin Keramas 4-5 Kali dalam Satu Minggu
Kebersihan rambut juga penting untuk diperhatikan, karena rambut yang bersih dapat memutus kemungkinan timbulnya ketombe. Jagalah kebersihan rambut Anda dengan keramas sebanyak 4-5 kali dalam seminggu, guna menghilangkan sel kulit mati di kulit kepala. Sel kulit mati tersebut dapat hilang dan tidak terakumulasi dan menyebabkan ketombe.

3. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi
Sinar matahari pagi berkontribusi sangat baik bagi kesehatan. berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari hingga sebelum pukul 10.00, dapat menjaga agar kulit kepala tetap kering dan tidak lembab. Dengan demikian, mencegah perkembangbiakan jamur penyebab ketombe dan organisme Malassezia Globosa.

4. Mengurangi Stress
Stress atau tekanan merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya ketombe. Tekanan yang berlebihan akan memicu sel-sel kulit menjadi tegang dan tidak sehat, sehingga lama kelamaan akan mati dan menimbulkan ketombe. Dengan demikian, langkah untuk mengurangi stress tersebut dapat tergolong efektif untuk dilakukan.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Olahraga Rutin
Makanan sehat merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, termasuk untuk sel-sel kulit. Anda harus mengupayakan pemenuhan gizi untuk kulit, seperti makanan mengandung protein, vitamin E, vitamin B, dan sebagainya. olahraga secara rutin juga mampu memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh, yaitu membantu metabolisme dan menjaga sirkulasi udara pada sel-sel kulit. Dengan kedua langkah tersebut, maka dapat menjadikan kulit kepala sehat dan terhindar dari ketombe.

Ketombe merupakan permasalahan rambut yang dapat menyerang siapapun dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih, apabila ketombe tersebut sudah tergolong membandel. Dengan demikian, diperlukan langkah-langkah untuk mengatasinya. Berbagai tips dan cara menghilangkan ketombe membandel yang sudah dipaparkan di atas dapat memberikan penjelasan serta rekomendasi bagi Anda, agar rambut terbebas dari gangguan ketombe.
11 Cara Ampuh Dan Alami Menghilangkan Ketombe Membandel Yang Perlu Anda Coba Reviewed by Dunia Tips Kita on 10:42 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Dunia Tips Kita © 2014 - 2015
Powered By Blogger , Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.