25 Ide Peluang Usaha Dan Bisnis Rumahan Baik Offline Ataupun Online Yang Bisa Anda Coba

Berikut adalah 25 Ide Peluang Usaha Bisnis Rumahan Offline dan Online Dengan Resiko dan Modal Kecil yang bisa anda coba. Berbagai ide peluang usaha dan bisnis rumahan dan online telah menjamur di Indonesia, hal tersebut disebabkan oleh tingginya tingkat pengangguran yang tinggi yang secara otomatis justru mendorong masyarakat negeri ini memilih jalur usaha mandiri sehingga melahirkan usahawan-usahawan baru. Memang bukan hal yang mudah memilih suatu peluang usaha dan bisnis, apalagi bagi seorang pemula yang masih bau kencur dalam dunia usaha. Tidak sedikit dari mereka tumbang dan menyerah saat mengawali suatu peluang usaha, bahkan ada yang belum genap sebulan usaha mereka gulung tikar. Tidak sedikit juga para usahawan baru langsung dapat merasakan pundi-pundi rupiah dari usahanya tersebut. Apa alasannya?

peluang usaha rumahan dan bisnis online
Ide peluang usaha dan bisnis rumahan

Memiliki dan menjalankan peluang usaha atau bisnis mandiri memang membutuhkan mindset tersendiri, berbeda halnya jika kita adalah seorang pekerja atau tenaga kerja dalam suatu instansi. Seorang tenaga kerja tidak memiliki resiko yang tinggi terhadap usaha yang dijalankan instansi (perusahaan) karena telah di bayar upah dengan sistem gaji. Sedangkan pelaku usaha mandiri atau wirausahawan memiliki peluang penghasilan yang tak terhingga namun harus memutar otak tiap hari agar usaha yang dijalankannya dapat bertahan.

Sebelum mengupas ide peluang usaha dan bisnis yang ada di sekitar kita, ada baiknya Anda simak persiapan dalam menjadi usahawan sukses. Berikut adalah hal-hal pokok yang harus dipersiapkan dalam memulai suatu peluang usaha:

Modal usaha
Sekecil apapun itu, Anda tetap memerlukan modal dalam memulai suatu usaha, bahkan jika anda berencan menjadi penjual pulsa elektrik perlu modal hp dan pulsa bukan. Jadi persiapkan dengan matang modal anda.

Mental dan Mindset yang positif
Pola pikir positif adalah tolok ukur anda dalam memahami dunia usaha yang akan Anda geluti. Seorang pengusaha sangat dituntut tahan banting dan selalu bersikap optimis dalam menghadapi segala tantangan. Dalam hal ini jika Anda mencoba menggapai suatu keuntungan yang besar berarti Anda harus bersiap juga dengan resiko kerugian yang besar pula.

Mental seorang pengusaha


Lakukan riset pasar
Lakukan riset sederhana pada daerah yang menjadi target usaha Anda. Cari tahu produk atau jasa yang akan anda jual. Apakah memiliki pesaing berat? Apakah masih punya peluang?. Hindari menjual produk atau jasa yang sama dengan kompetitor yang telah ada lebih dahulu, kecuali produk Anda memiliki nilai tambah sehingga bisa merebut pelanggan kompetitor.

Perencanaan yang matang
Dengan memiliki perencanaan yang matang maka kesalahan dan kerugian pada peluang usaha dapat diminimalisir. Kondisi pasar bisa sangat fluktuatif sehingga bisa merubah segala perencanaan yang sudah Anda buat. Simulasikan berbagai perencanaan untuk menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi pada pasar Anda.

Teknik pemasaran
Tak perlu gengsi dan malu dalam memasarkan produk. Manfaatkan teknologi medsos yang saat ini ramai dipakai masyarakat. Berbagai macam medsos bisa anda pilih dalam membantu memasarkan produk atau jasa yang Anda jual. Contoh strategi pemasaran lewat medsos di bawah ini.

Misal: 
Anda adalah penjual gorengan dengan gerobak dorong yang mangkal di suatu tempat. Maka Anda coba mengatakan pada pembeli bahwa: pembeli dapat bonus gorengan sekian biji, jika upload dan share photo gerobak atau gorengan dengan testimonial yang menarik. Misal seperti itu.

Jangan lupakan Tuhan
Apa hubungan Tuhan dan bisnis usaha yang kita jalani? Itu pertanyaan bodoh jika anda mengaku manusia yang ber-ketuhanan. Jalin hubungan yang baik dengan Tuhan YME, karena semua usaha dan bisnis yang akan dan sudah dijalani hanya bersandar pada Nya. Jangan serakah dalam mencari keuntungan dan gunakan harga yang kompetitif. Perbanyak ikhlas sedekah dan ibadah karena hal tersebut kunci utama kepatutan kita sukses di mata Tuhan.

Action
Segera lakukan action jika persiapan di atas telah anda lengkapi. Percuma segala riset dan perencanaan yang Anda lakukan jika tidak berujung action. Tak ada kata terlambat dalam memulai suatu peluang usaha. Yakinkan diri dan buang segala gengsi dan melangkahlah dengan pasti, kalaupun Anda mengalami kegagalan selalu ada pengalaman yang tidak pernah terganti dari pada mereka yang sama sekali tidak pernah memulai.

Perencanaan usaha dan pelaksanaan


Ide Peluang Usaha Dan Bisnis Rumahan Baik Online Ataupun Offline Yang Bisa Anda Coba


A. Ide Peluang Usaha Jualan offline

1. Menjual barang kebutuhan pokok di rumah (Toko Kecil-kecilan)
Menjual barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, sabun atau sayur sangat berpotensi bagi Anda yang memiliki hunian jauh dari pasar. Jka Anda memiliki rumah dengan lingkungan sekitar yang cukup ramai, usaha ini sangat cocok untuk dicoba.Hal itu disebabkan masayarakat saat ini lebih memilih berbelanja dengan simple dan nyaman, dengan selisih harga yang tidak seberapa, pembeli cenderung lebih memilih tempat atau toko yang lebih dekat dari pada harus jauh jauh ke pusat perbelanjaan. Benar bukan??

2. Usaha Jualan Keliling
Bisnis atau usaha dengan berjualan keliling cukup prospek dilakukan karena memiliki pesaing yang cukup sedikit. Dengan sistem jemput bola (menjajakan produk langsung ke pelanggan) ini Anda telah memberikan banyak manfaat bagi calon pembeli maupun untuk pengembangan usaha Anda sendiri, misalnya Anda bisa sekaligus melakukan riset kecil-kecilan pada calon pembeli dengan menanyakan kebutuhan apa yang mereka inginkan. Usahakan memberi kesan yang baik dengan berpenampilan sopan dan profesional. Sebagai contoh usaha jualan keliling peralatan dapur dan rumah tangga.

Baca juga: 6 Jenis Peluang Usaha dengan Mobil Pick Up

3. Bisnis atau jualan produk dengan sistem kredit/angsuran
Usaha jualan dengan sistem kredit sudah ada banyak disekitar kita. Mulai dari kredit barang fashion seperti baju hingga peralatan elektronik seperti kulkas, tv ataupun handphone. Berjualan dengan sistem kredit memang memiliki resiko yang lumayan tinggi. Selain menggunakan modal yang cukup besar resiko datang dari para pelanggan yang macet dalam melunasi kreditannya. Jika ingin membuka usaha jualan dengan sistem kredit, sebaiknya pastikan pelanggan anda memiliki penghasilan tetap.

4. Usaha Rumah Makan
Usaha rumah makan ini paling banyak diminati orang karena keuntungan yang menggiurkan. Kunci utama usaha rumah makan yaitu ada pada keragaman menu, tempat dan penyajian yang higienis serta harga terjangkau karena persaingan dalam bisnis rumah makan makin ketat, apalagi dengan hadirnya franchise- franchise dengan tampilan moderen belakangan ini. Tapi, tak perlu minder menghadapi persaingan tersebut, apalagi jika Anda adalah seseorang dengan kelebihan terampil dalam memasak dan memiliki rumah dengan lingkungan yang ramai maka usaha rumah makan cukup menjanjikan untuk Anda coba.

5. Bisnis Usaha Airminum Isi Ulang
Tidak hanya di kota-kota besar saja, saat ini daerah pedesaan mulai memilih air minum isi ulang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Disamping harga yang terjangkau, kebersihan air minum isi ulang juga terjaga. Tingginya permintaan dan kebutuhan air bersih saat ini membuat usaha air minum isi ulang galon menjanjikan keuntungan yang besar. Bagi Anda yang memiliki ruang kosong di depan ataupun di sebelah rumah, mulailah memanfaatkannya untuk usaha isi ulang air minum. Walaupun sudah banyak yang menjalankan bisnis ini, tapi bisnis isi ulang air minum galon ini masih patut Anda coba. Beberapa strategi seperti pelayanan yang cepat, kebersihan air yang terjaga ataupun memberikan diskon harga dapat membantu mendapatkan banyak pelanggan baru.

6. Usaha Jualan Gorengan
Jualan gorengan adalah usaha yang paling cocok untuk dijalankan di rumah dengan modal kecil. Gorengan atau jajanan gorengan (tempe goreng, pisang goreng, tahu goreng) adalah makanan yang cukup banyak peminatnya di negeri kita. Jika Anda memiliki rumah yang dekat dengan jalan yang ramai dengan kesibukan perkantoran dan sekolah maka usaha jualan gorengan ini cukup menjanjikan dengan penghasilan jutaan rupiah.

7. Usaha Kedai Sarapan dan Kopi
Di kota-kota besar yang memiliki banyak aktivitas perkantoran usaha kedai sarapan dan kedai kopi sangat banyak peminatnya. Hal ini disebabkan karena kebanyakan dari pegawai kantoran tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membuat sarapan pagi. Dengan memiliki tempat atau rumah yang strategis usaha ini dapat anda mulai dengan modal minimal. Buat pondok sederhana di depan atau samping rumah dengan bebarapa meja kursi, sedangkan menu sarapan cukup banyak pilihannya. Misal bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, roti bakar dan sebagainya. Untuk minuman Anda bisa menambahkan kopi, teh, atau susu.

B. Ide Peluang Usaha Dengan Menjual Jasa, Skill Atau Kemampuan

8. Usaha servis / perbaikan handphone
Jika Anda adalah pribadi yang suka utak atik handphone, mulailah melirik bisnis yang satu ini. Memiliki usaha servis handphone memang sangat menggiurkan jika dilihat dari pengguna handphone di negara kita yang telah mencapai 200 juta orang. Tapi bagaimana jika Anda belum tahu cara memperbaiki hp sendiri?? Tak perlu bingung, di kota-kota besar telah banyak instruktur yang membuka pelatihan servis handphone. Pelatihan ini biasanya dikenakan biaya 2 sampai 5 jt rupiah sampai Anda bisa tentunya.

9. Usaha Laundry (Cuci Pakaian)
Jasa pencucian pakaian atau laundry sangat dibutuhkan masyarakat perkotaan. Kebanyakan dari mereka tidak sempat mencuci baju sendiri karena sibuknya aktivitas mereka. Bisnis usaha laundry mulai banyak diminati usahawan baru karena memberikan keuntungan yang menggiurkan apalagi saat musim penghujan. Usaha laundry biasanya sangat cocok dilakukan di area komplek perumahan yang ramai dan area kost pelajar/mahasiswa. Berikan servis yang memadai seperti cucian bersih, wangi dan setrikaan, jangan lupakan juga ketepatan waktu pengerjaan. Usaha laundry saat ini kebanyakan menggunakan ukuran tarif per kilogram. Potensi usaha laundry saat ini tengah berkembang dengan pesat. Dalam satu minggu, Anda bisa kembali modal Rp 500 ribu itu kalau daerah strategis dan pelayanannya bagus. Selain itu, dalam mengembangkan usaha laundry, Anda dituntut untuk aktif mengadakan promosi. Hal ini dilakukan agar target bisnis tertarik menggunakan jasa laundry tersebut.

10. Usaha Potong Rambut atau Barbershop
Untuk membuka usaha pangkas rambut atau barbershop dengan modal kecil namun menguntungkan sangat mudah. Anda bisa membeli perlengkapan usaha potong rambut misalnya kursi barbershop yang bekas tapi masih berkualitas baik. Barang ini bisa didapatkan di pasar bekas. Namun jika modal usaha yang anda persiapkan lumayan besar maka lebih baik membeli peralatan dan perlengkapan usaha pangkas rambut yang baru dan modern. Salah satu kelebihan usaha pangkas rambut adalah bisa dijalankan secara rumahan dan panggilan. Jika letak rumah Anda berada di pinggir jalan yang ramai dan strategis maka bisa menjalankan usaha barbershop di halaman rumah atau di ruangan kosong dekat rumah. Ada banyak contoh orang yang sukses menjalankan usaha pangkas rambut secara rumahan hingga mempunyai beberapa cabang.

11. Bisnis Usaha Warnet Game Online
Makin maraknya gadget dengan kemampuan internet memang membuat masyarakat saat ini mulai meninggalkan warnet sebagai tempat mencari bahan tugas ataupun informasi lainnya. Tapi tidak untuk para gamer online. Para gamer online lebih suka berkumpul dan menghabiskan waktunya berjam-jam di warnet game online bersama tim mereka. Sebenarnya warnet game online tidak beda jauh dengan warnet biasa, bedanya hanya terletak pada spek PC (personal computer) yang digunakan. Kalau warnet biasa hanya menggunakan spek PC yang rendah seperti ram yang cukup 1 Gb, maka warnet game online perlu spek yang lebih tinggi karena dituntut menampilkan grafis game yang memadai misalnya ram minimal 4 Gb, kartu grafis (VGA) dengan kemampuan grafis mumpuni untuk game online terbaru. Tarif warnet game online dipasaran saat ini adalah kisaran Rp. 3000 - Rp 5000 per jamnya.

12. Usaha Pencucian Mobil
Untuk memulai usaha cuci mobil dengan modal kecil bisa dimulai secara rumahan. Jika rumah anda berada di pinggir jalan yang ramai maka anda bisa membuka gerai usaha pencucian mobil di garasi atau di halaman rumah secara sederhana ataupun menggunakan alat pencucian otomatis. Adapun yang paling penting  dalam membuka usaha pencucian mobil modal usaha yang diperlukan adalah lokasi usaha dan perlengkapan alat cuci mobil. Jika lokasi usaha berada di depan rumah anda berarti anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat usaha. Namun jika rumah anda tak memungkinkan dijadikan lokasi usaha cuci mobil maka sobat bisa menyewa lokasi usaha yang strategis dengan harga pasaran sesuai daerah setempat. Secara lebih lengkap berikut ini rincian modal usaha cuci mobil buat pebisnis pemula, antara lain : mesin hidrolik, selang air, sikat, ember, sabun, lap, kompresor dan lain sebagainya. Pendek kata modal usaha untuk membeli perlengkapan dan peralatan usaha seperti pompa air, sabun, semir ban, kompresor, ember cuci, lap, vacuum cleaner, selang, bak penampungan air, sikat, pengkilap cat dan lain sebagainya paling tidak menghabiskan biaya sekitar Rp 5 juta sampai Rp 6 juta. Dan yang paling utama adalah Anda perlu mengetahui dasar dan standarisasi kebersihan mobil.

13. Usaha Counter Isi Ulang Pulsa
Mengapa usaha isi ulang pulsa?? Alasannya adalah 160 juta masyarakat Indonesia saat ini adalah pengguna telepon seluler, dimana 90 % menggunakan pulsa prabayar dan 10 % nya pengguna pulsa pasca bayar. Tingginya pengguna handphone dengan pulsa prabayar membuat peluang bisnis dan usaha pengisian pulsa sangat menjanjikan, apalagi saat ini dipermudah dengan pulsa elektrik yang lebih cepat dan mudah. Selain jualan pulsa isi ulang Anda juga bisa merambah pada aksesoris handphone yang beranekaragam di pasaran seperti batere, casing, power bank dan lain sebagainya.

C. Ide Peluang Usaha Di Bidang Fashion

14. Bisnis Baju / Pakaian Muslim
Untuk memulai usaha bisnis pakaian muslim sebenarnya tidak terlalu sulit untuk pemula. Tak perlu menyewa tempat atau kios yang harganya mahal, Anda bisa memulainya dengan berbisnis pakaian muslim secara rumahan. Bahkan seorang ibu rumah tangga yang sedang mengurus anak juga bisa melakukannya. Cobalah lakukan pemasaran dalam lingkungan sekitar Anda, dimulai dari anggota keluarga, teman, rekan kerja, kenalan dan sebagainya. Dengan sistem mulut ke mulut pemasaran pakaian muslim yang Anda jual akan meluas dengan sendirinya. Berikan produk yang sedang trend dengan bahan berkualitas dan harga terjangkau bagi semua kalangan, tidak lupa promosikan lewat jejaring sosial, facebook, instagram, bbm atau twitter. Lakukan dengan konsisten maka pembeli akan berdatangan dengan sendirinya.

Baca juga: 7 Ide Jenis Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa

15. Bisnis Jilbab
Sekarang ini trend jilbab sedang melanda kaum hawa di Indonesia. Manfaatkan momentum ini untuk segera memulainya, ingat seorang usahawan dituntut harus pandai melihat dan memanfaatkan peluang usaha yang ada disekitarnya. Banyak sekali model dan motif jilbab yang beredar di pasaran saat ini, tak banyak yang telah berhasil meraup pundi-pundi rupiah dalam menjalankan usaha ini. Mengingat modal jilbab yang tidak terlalu besar dan makin banyaknya suplier jilbab dengan berbagai kreasi mereka, bisnis jilbab ini sangat berpeluang dan menguntungkan tentunya.

16. Bisnis Jualan Baju Anak
Memulai bisnis baju anak memang menjadi salah satu pilihan terutama bagi Anda yang memang sedang ingin merintis bisnis baju terutama baju untuk anak – anak. Usaha baju anak – anak semakin lama semakin diminati dengan berbagai model produk baju anak yang memang semakin bagus dan modern. Bila ingin menjalankan bisnis baju anak maka peluangnya masih terbuka lebar bagi siapa pun yang ingin menjalankannya. Pilihlah suplier dengan harga kompetitif dan bahan berkualitas, jika ingin menyewa toko pilih tempat dengan harga terjangkau yang ramai tapi dengan pesaing sedikit atau berjauhan. Lakukan promosi secara rutin di medsos ataupun secara offline melalui selebaran dengan iming-iming diskon. Langkah ini bertujuan untuk mengundang para pembeli dan mengenalkan pada masyarakat bahwa toko Anda telah dibuka.

17. Usaha Toko Kosmetik
Kosmetik telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap wanita, karena pastinya mereka ingin selalu tampil cantik setiap saat. Wanita setiap saat ingin selalu terlihat cantik dan menarik di hadapan semua orang terutama orang yang disukainya. Nah, untuk mendukung keinginan tersebut, mereka rela mengeluarkan uangnya walaupun cukup mahal demi mendapatkan kosmetik yang membuat mereka semakin cantik. Bahkan boleh dikatakan kosmetik telah menjadi kebutuhan pokok para wanita, mulai dari atas sampai kebawah. Maka tak heran, penjual kosmetik akan selalu anda. Mungkin tinggal penjualnya yang harus bekerja keras agar bisa bertahan dengan pesaingnya. Sehingga bisnis ini sangat berpeluang tinggi untuk dijalankan.

Salah satu alasan mengapa usaha ini menguntungkan karena kosmetik tidak pernah mengenal musiman, akan selalu beberikan laba sepanjang tahun. Walau harga barangnya mahal, sang konsumen akan berusaha mendapatkannya. Namun, walaupun demikian Membuka usaha toko kosmetik memerlukan usaha yang cukup keras.

18. Usaha Salon Kecantikan
Jika Anda adalah wanita yang suka merawat diri dan pandai berdandan, sudah saatnya menjadikan hobi Anda menjadi ladang uang. Dengan membuka salon kecantikan selain hobi Anda tersalurkan juga bisa menjadi pekerjaan Anda sekaligus. Tidak ada hal sebaik hobi yang dibayar dalam dunia usaha, mengapa demikian? Karena akan membuat Anda bertahan dalam persaingan usaha. Dengan modal yang tidak terlalu besar kisaran 3 juta rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan perlengkapan salon dan memulai usaha di rumah sendiri. Mulailah dengan jasa meluruskan rambut/rebonding, facial, rias pengantin atau perawaan tubuh, kuncinya keberhasilannya ada pada pelayanan dan hasil yang maksimal sesuai permintaan konsumen. Konsumen yang puas akan dengan senang hati kembali bahkan memperkenalkannya dengaa teman-teman mereka.


Ide Peluang Usaha Bisnis Online

19. Usaha Jual Beli Online dan Jasa Online
Jual beli dan jasa online memiliki peluang yang sangat besar dan menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Tak terhitung pengusaha atau wirausahawan baru sukses menjalankan usaha ini. Selain memiliki peluang yang besar bisnis jual atau jasa online ini memiliki keleluasaan waktu dan produk. Untuk produk itu sendiri bisa berupa barang yang sedang tren saat ini atau jasa yang paling banyak dibutuhkan kebanyakan orang. Misal jualan online aksesoris wanita, aksesoris gadget, jasa translate, jasa pembuatan website dan blog. Pemasaran bisa dilakukan dengan media sosial seperti facebook atau bbm.

20. Dropshipping
Keunggulan bisnis dropshipping adalah bisnis dengan modal paling minim karena menjual produk orang lain bahkan pengiriman juga dilakukan oleh sang pemilik produk atau barang tersebut. Kunci sukses dalam usaha ini adalah memiliki suplier yang terpercaya dan bisa diandalkan baik dalam pengiriman barang dan ketepatan waktu. Biasanya dalam pengiriman barang, nama pengirim adalah menggunakan nama Anda sebagai dropshipper untuk memudahkan melebarkan sayap mencari lebih banyak konsumen.

21. Jasa Pembuatan Website atau Blog
Blog atau website memang sudah banyak bertebaran di dunia internet. Manfaat memiliki blog atau website memang banyak, Anda bisa memperkenalkan produk tertentu, sebagai profil suatu instansi atau perusahaan, memperkenalkan suatu jasa, atau bahkan menjual seuatu dalam blog tersebut. Akan tetapi tak banyak dari mereka yang benar-benar mengetahui cara membuat blog atau website yang benar. Tingginya permintaan pembuatan blog atau website baik dari perseorangan hingga instansi pemerintahan membuat bisnis ini sangat menjanjikan. Jika Anda adalah seseorang dengan kemampuan pembuatan website maka bisnis ini sangat cocok, bahkan bila hanya dilakukan secara sampingan.

22. Bisnis PPC Adsense Google
Menjadi publisher adsense yang sukses adalah impian setiap blogger. Bisnis PPC adsense ini mengandalkan sebuah blog atau website dengan pengunjung yang ramai untuk menjalankannya. Jadi step awal yang lumayan sulit adalah membuat blog atau website dan membuatnya ramai pengunjung. Cari topik blog yang berbeda dari yang sudah ada agar Anda tidak kesulitan bersaing dan meranking posisi blog. Setelah pengunjung blog meningkat barulah blog tersebut anda daftarkan ke google adsense sebagai publisher atau penayang iklan. Telah banyak publisher Indonesia yang berhasil dan berpenghasilan jutaan bahkan ratusan juta karena memiliki banyak blog atau website.

23. Bisnis Affiliasi / Affiliate
Bisnis affiliate ini cukup banyak peminatnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Untuk memulai bisnis ini Anda tidak memerlukan produk. Biasanya produk-produk tidak melulu berupa barang, bahkan ada yang berupa aplikasi

24. Jasa Penulis Artikel
Bisnis ini masih ada kaitannya dengan dunia perbloggingan, karena biasanya jasa penulis artikel ini berusurusan dengan para pemilik blog. Banyak blogger yang ingin update artikelnya dengan instan dikarenakan keterbatasan waktu ataupun ketidakmampuan dalam membuat artikel, jadi kebanyakan pemilik blog lebih memilih membeli artikel daripada membuatnya. Artikel dipatok dengan harga bervariasi, biasanya berdasarkan dengan jumlah kata dalam artikel ataupun jenis bahasa yang digunakan (Indonesia atau Inggris). Jika Anda hobi menulis, bisnis ini sangat cocok untuk Anda.

25. Bisnis Trading Forex
Trading forex adalah bisnis jual beli mata uang asing dengan menggunakan aplikasi tertentu. Broker forex sudah banyak bertebaran di internet, mereka memiliki kelebihan masing-masing seperti bonus deposit bagi trader pemula. Untuk memulai bisnis forex tidak diperlukan modal yang besar, bahkan biasa dimulai dengan $5. Bagi pemula disarankan melatih diri menggunakan virtual account dengan uang virtual yang diberikan broker, Anda bisa berlatih membaca pergerakan mata uang negara tertentu agar lebih terbiasa dan mengerti panel intrumen trading. Sebenarnya bisnis trading forex tidak disarankan bagi Anda yang sama sekali tidak mengenal dunia mata uang, karena pergerakan mata uang dipengaruhi banyak hal dalam negara tersebut (negara pemilik mata uang). Kebanyakan pemula gagal dalam bisnis forex karena tidak melakukan trading sebagai bisnis tapi justru malah berjudi dalam trading.

Apakah Anda sudah mulai tertarik memulai bisnis usaha sendiri?? Semoga 25 Ide Peluang Usaha Rumahan Online dan Offline diatas memberikan inspirasi bermanfaat. Selamat mencoba dan jadilah wirausahawan yang bermartabat. Semoga sukses.