loading...

7 Kunci Utama Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa

Duniatipskita.com - Setiap manusia mengidamkan bentuk tubuh ideal, tinggi badan proporsional dan berat badan yang tidak berlebihan. Oleh karena itu, banyak cara yang ditempuh oleh beberapa pihak untuk mewujudkan impian tersebut, salah satu caranya yaitu dengan menurunkan berat badan atau diet. Tidak hanya perempuan yang biasa menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, kaum Adam pun berbondong-bondong untuk membentuk tubuh yang ideal.

Tubuh ideal dan proporsional layaknya model adalah keinginan setiap orang. Lain halnya dengan berat badan yang berlebih menjadi salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia saat ini. Bahkan lemak yang berlebihan di dalam badan atau obesitas menjadi penyebab dari penyakit.

Untuk itu, diabetes selalu menjadi permasalahan bahkan momok tersendiri bagi setiap individu. Bahkan obesitas termasuk dalam daftar penyakit yang berbahaya. Apabila Anda mempunyai masalah dengan kegemukan atau obesitas, maka hal tersebut dapat diatasi dengan cara menjaga pola hidup yang seimbang dan sehat.


7 Cara Diet Sehat, Tanpa Menyiksa Diri

Penumpukan lemak yang berlebih dalam tubuh menyebabkan ketidak-nyamanan dalam beraktivitas, karena bagi penderita obesitas akan merasakan susah untuk bergerak. Perlu diketahui bahwa kegemukan dapat menyebabkan terserangnya berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes.

Penumpukan lemak dalam tubuh yang terlalu berlebih bisa menyebabkan masalah serius dan sulit diatasi. Padahal lemak yang di dalam tubuh harus dikeluarkan dalam bentuk keringat. Salah satu cara mengatasi dan menanggulangi kegemukan yang berlebih yakni dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal tersebut dapat dipraktekkan dengan menjaga pola makan sehat. Pola makan yang sehat harus dilakukan secara konsisten dan beruntun, bukan hanya dilakukan selama satu hingga dua minggu saja. Kekonsistenan untuk mengkonsumsi makanan sehat, seperti memenuhi kebutuhan empat sehat lima sempurna dengan porsi yang cukup.

Perlu diketahui, bahwa diet yang berhasil bukanlah berat badan Anda turun drastis dengan waktu yang singkat dan proses yang mudah. Misalnya, tidak makan selama beberapa hari atau tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali atau meminum obat pelangsing. Hal ini bukanlah cara yang benar dikarenakan proses seperti itu akan membuat tubuh Anda menjadi drop atau jatuh sakit.

Untuk itu, perlu dilakukan diet yang baik dan tidak menyiksa, bahkan membahayakan. Seperti beberapa cara diet mudah tanpa menyiksa berikut ini.

1. Olahraga yang teratur


Olahraga teratur

Sempatkan waktu untuk berolahraga. Selain dapat membuat tubuh menjadi sehat dan seimbang, olahraga juga dapat membuang lemak jahat yang ada dalam tubuh. Lemak tersebut dikeluarkan melalui keringat.

Olahraga yang bagus untuk diet sebenarnya tidak perlu yang berat-berat. Misal, cukupkan untuk berjalan-jalan santai setiap pagi, lari-lari kecil, senam selama dua puluh menit, dan lainnya. Cara ini sudah terbukti untuk menurunkan berat bada hingga empat kilogram selama dua minggu.

2. Makan dalam porsi yang wajar


Porsi makan yang wajar

Apabila Anda melakukan diet memang sebaiknya tidak perlu membatasi makanan yang dikonsumsi. Ketika ada list makanan yang tidak boleh dimakan, maka akan merasa kalap ketika Anda melihatnya. Akan tetapi, porsi makanan yang biasa dikonsumsi harus dikurangi. Selain itu, perlu diperhatikan waktu yang pas atau sesuai untuk makan.

3. Utamakan sarapan


Sarapan

Hal ini dikarenakan pada waktu pagi hari Anda harus beraktivitas lebih, sehingga sarapan yang dimakan akan menjadi energi untuk tubuh. Menurut penelitian, apabila melewatkan sarapan maka akan beresiko terkena obesitas empat kali tinggi dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi makanan pada setiap pagi hari.

Serta, untuk waktu siang hari Anda boleh untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi. Hal ini diperbolehkan apabila Anda masih menjalankan aktivitas seperti bekerja. Namun, porsi makan harus dibatasi dalam jumlah yang sedikit. Beberapa orang yang melakukan diet ketat, maka dapat mengonsumsi makan siang dengan buah-buahan yang mengenyangkan, misalnya, apel dan pepaya.

Makan malam sebaiknya dihindari, dikarenakan pada malam hari tubuh beristirahat. Sebaiknya, Anda memiliki batasan waktu makan hingga pukul lima sore. Setelah memasuki pukul lima, kegiatan makan harus segera dihentikan. Hal tersebut dikarenakan ketika kondisi tubuh beristirahat, maka makanan tidak dapat diproses dengan baik, sehingga akan menjadi lemak dalam tubuh Anda. Tidak mau bukan?

4. Makan makanan berserat


Salad

Makanan yang berserat baik untuk dikonsumsi, terlebih untuk Anda yang menjalani diet. Makanan berserat seperti sayur-mayur, buah-buahan, serta agar-agar adalah deretan makanan yang wajib dikonsumsi. Makanan yang mengandung banyak serat memiliki manfaat bagi tubuh, misalnya, lebih cepat merasa kenyang dan dapat melancarkan buang air besar (BAB) Anda. Dengan Anda cepat kenyang maka konsumsi makan pun menjadi berkurang. Serta, semakin lancarnya BAB maka kotoran dalam tubuh akan dikeluarkan dengan baik. Anda perlu mengusahakan setiap hari melakukan BAB satu kali, dengan begitu pecernaan dalam tubuh tetap sehat meskipun melakukan diet.

5. Kurangi mengonsumsi makanan ringan atau snack


Kurangi makan snack

Hal ini dikarenakan memiliki kandungan lemak yang tinggi. Anda pun merasakan bahwa ketika sudah mengonsumsi sncak, maka akan susah untuk menghentikannya. Hal itulah yang menyebabkan berat badan semakin naik. Serta, perlu untuk menghindari makanan cepat saji atau fast food, kalori yang terkandung dalam makanan ini begitu tinggi.       Apabila ingin mengonsumsi snack, alangkah lebih baiknya jika memilih snack berserat tinggi. Snack berserat tinggi dapat dicerna tubuh secara perlahan, hal tersebut mengakibatkan gula darah akan stabil atau meningkat perlahan. Dengan begitu, secara tidak sadar nafsu makan Anda akan lebih terkontrol.

6. Konsumsi beras merah


Beras merah

Apabila Anda menjalani diet ketat, perlu dicoba untuk mengganti nasi putih dengan nasi beras merah. Nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bukan hanya itu, mie, roti putih, kentang goreng, gula, gandum, dan makanan manis memiliki kadar karbohidrat yang tinggi pula.         Ketika Anda memilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, maka kadar gula dalam diri akan meningkat sehingga membuat insulin akan bekerja semakin keras. Dengan begitu, hal ini akan menyebabkan lemak semakin menumpuk dalam diri, bahkan diabetes. Oleh karena itu, beras merah yang mengandung gula lebih rendah dapat menjadi pilihan Anda sebagai makanan pokok. Selain itu, nasi  merah lebih banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral, serta antioksidan yang berguna untuk mencegah kanker.

7. Konsumsi air putih yang cukup setiap hari


Air putih

Air putih adalah pelarut makanan dalam tubuh manusia, serta membantu dalam proses metabolisme. Air putih yang dikonsumsi sebaiknya delapan gelas per hari atau sebanyak 2,5 liter.

Menurunkan berat badan memang hal yang gampang-gampang susah, butuh ketelatenan dan tekad dalam diri untuk mendapatkan tubuh yang diinginkan. Dengan niat yang bulat dan melaksanakan segala cara untuk menurunkan berat badan, maka secara perlahan-lahan berat badan Anda akan turun. Perlu diingat, tidak perlu menggunakan cara yang instan untuk mendapatkan badan ideal. Akan tetapi, terapkanlah pola hidup dan pola makan yang sehat dan seimbang.

0 Response to "7 Kunci Utama Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa"

Post a Comment