loading...

Penyebab Dan Cara Alami Mengobati Varises Tanpa Harus Ke Dokter

Duniatipskita.com - Ada beberapa pengobatan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah maupun mengobati varises. Beberapa contoh pengobatan tersebut diantaranya adalah bawang putih dan cuka apel. Simak penjelasan lengkapnya ya.

cara mengobati varises
Cara mengobati varises


Penyebab Varises Dan Obat Alaminya


Apa itu varises??

Varises merupakan salah satu jenis penyakit yang umum diderita oleh kaum pria maupun wanita. Hanya saja, penyakit ini cenderung lebih banyak diderita oleh kaum wanita. Hal ini dikarenakan beberapa faktor pemicu munculnya penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita. Untuk lebih mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan mengenai penyebab penyakit varises serta obat alaminya berikut ini.

Penyebab Penyakit Varises

Penyakit Varises bisa dilihat sebagai penampakan warna biru atau ungu pada bagian kulit di bagian tubuh tertentu seperti betis, punggung bagian bawah, perut, bahkan wajah. Namun, kasus yang paling sering terjadi adalah bagian betis. Lalu, apa penyebab warna kebiruan yang menandai penyakit tersebut? Sebelum itu, Anda perlu mengingat kembali fungsi dan kerja pembuluh vena.

Pembuluh vena merupakan pembuluh yang bertugas mengalirkan darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung dengan bantuan katup vena. Katup vena ini bekerja layaknya pintu satu arah yang bertugas mencegah darah mengalir kea rah berlawanan. Apabila katup ini rusak atau lemah dalam menjalankan fungsinya, aliran satu arah dalam mengangkut darah bisa terganggu.

Akibat kerusakan katup vena, terjadilah penumpukan darah. Hal ini menyebabkan dinding pembuluh vena kehilangan elastisitasnya karena ditumpuki oleh endapan darah. Hal inilah yang akhirnya menjadi penyebab munculnya varises yang ditandai dengan warna kebiruan akibat pengerasan dinding pembuluh darah pada area tertentu tubuh.

Proses penyatuan darah dengan dinding pembuluh vena dapat lebih mungkin untuk terjadi apabila ada faktor resiko yang terjadi pada seseorang. Contohnya seperti perubahan hormonal saat hamil atau menopause, penambahan berat badan yang menyebabkan melambatnya sirkulasi, dan sebagainya.

5 Obat Alami untuk Penyakit Varises

Ada beberapa pengobatan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah maupun mengatasi varises. Beberapa contoh pengobatan tersebut diantaranya adalah:

1. Berangan Kuda
mengobati varises dengan berangan kuda
Berangan kuda

Berangan Kuda merupakan nama sebuah tanaman herbal yang dikenal masyarakat luas sebagai obat herbal ampuh untuk mengobati varises. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Aesculus hippocastanum ini bisa diambil ekstrak kulit, kayu, daun, bunga, maupun biji kastanye-nya untuk mengobati varises.

Ekstrak dari Berangan Kuda atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Horse Chestnut atau buckeye ini mengandung bahan aktif aescin yang dapat menghambat enzim penyebab kerusakan dinding pembuluh darah sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan dalam ekstrak bahan herbal ini juga berguna mengurangi resiko terbentuknya gumpalan penanda varises.

Caranya cukup mudah dengan menumbuk biji berangan kuda sampai halus lalu mengoleskan pada daerah yang terserang varises. Atau anda bisa membeli minyak ekstrak berangan kuda yang tersedia di apotik dan toko herbal.

Namun, perlu diingat pula bahwa obat herbal ini tidak untuk dikonsumsi karena mengandung racun esculin. Jadi, pemakaian untuk mengatasi varises dilakukan dalam bentuk pengobatan luar ke bagian tubuh yang terkena varises. Selain itu, orang yang memiliki masalah perdarahan serta ibu hamil tidak diperkenankan untuk menggunakan obat ini.

2. Minyak zaitun
mengobati varises dengan minyak zaitun
Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil merupakan salah satu minyak esensial yang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah mengatasi varises. Pengaplikasian minyak zaitun di area luar tubuh yang terkena varises akan membantu mengurangi rasa sakit serta akibat pembengkakan lainnya. Disamping itu, minyak ini juga berguna untuk membantu meningkatkan sirkulasi.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mencampur minyak zaitun dengan vitamin E yang bisa didapatkan dari suplemen atau lainnya. Keduanya dicampurkan dalam jumlah yang sama lalu dihangatkan sebentar. Selanjutnya, gunakan untuk pemijatan pada area varises selama beberapa menit. Kebiasaan ini bisa dilakukan dua kali sehari selama 1-2 bulan.

Ada cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengobati varises menggunakan minyak zaitun. Cara tersebut adalah mencampur 2 sdt minyak zaitun dengan 4 tetes minyak esensial cypress. Seperti cara pertama, minyak tersebut digunakan untuk memijat area yang terkena varises.

3. Bawang Putih
mengobati varises dengan bawang putih
Bawang putih

Pengobatan alami untuk varises juga bisa dilakukan dengan menggunakan bawang putih. Bahan dapur ini akan membantu mengurangi peradangan serta gejala lainnya yang menyebabkan varises. Tidak hanya itu, bawang putih juga berkhasiat sebagai bahan alami untuk memecah racun yang membahayakan di pembuluh darah.

Untuk mengambil manfaat tersebut, Anda bisa memotong 6 siung bawang putih lalu memasukkannya ke dalam botol kaca. Campurkan perasan air sari dari 3 butir jeruk ke dalamnya. Lalu, tambahkan pula 2 sdm minyak zaitun ke dalamnya. Setelah dicampur dan dibiarkan selama 12 jam, kocok botol kaca tersebut lalu ambil beberapa tetesnya untuk dipijatkan selama 15 menit ke area varises.

Selanjutnya, bungkus area pijatan dengan kain katun yang bersih dan biarkan selama semalam. Kebiasaan ini bisa dilakukan setiap hari selama beberapa bulan.

4. Cuka Apel
mengobati varises dengan cuka apel
Cuka apel

Cuka apel juga bisa menjadi obat alami yang tepat untuk membantu mengobati varises. Selain berguna sebagai cleansing bagi tubuh, cuka apel akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Apabila sirkulasi darah lancar, maka resiko pembengkakan penyebab varises bisa lebih diminimalisir.

Penggunaan cuka apel untuk mengatasi varises sendiri cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengaplikasikan cuka apel ke permukaan kulit yang terkena varises. Sambil dioleskan secara merata, pijat area tersebut dengan lembut. Kebiasaan ini bisa Anda lakukan secara rutin setiap pagi dan malam hari menjelang tidur. Setelah beberapa bulan, ukuran varises tentu akan berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan cuka apel untuk dikonsumsi dua kali dalam sehari. Caranya adalah dengan menuangkan dua sdt cuka apel ke dalam segelas air. Setelah diaduk rata, barulah campuran tersebut bisa Anda minum. Setelah konsumsi sebulan, hasilnya tentu akan dapat dirasakan.

5. Daun atau Biji Anggur
mengobati varises dengan buah biji anggur
Biji anggur

Bagian biji anggur yang berukuran kecil merupakan salah satu sumber antioksidan serta berbagai komponen penting yang berguna bagi kesehatan. Kompleks Oligomeric proanthocyanidin acid bisa menjadi agen vasoprotektif yang mencegah kerusakan pembuluh darah akibat radikal bebas. Kandungan bahan ini juga dapat merangsang pembentukan kolagen yang memperkuat dinding pembuluh.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menggunakan ekstrak biji anggur untuk dikonsumsi atau minyak biji anggur untuk pengobatan topikal. Apabila tidak ada ekstrak biji atau minyaknya, Anda juga bisa menggunakan solusi alternatifnya yaitu dengan daun biji anggur.

Pengobatan varises menggunakan daun anggur bisa dilakukan dengan beberapa langkah, Pertama, rebus secangkir daun anggur bersama 4 cangkir air selama 10-15 menit. Setelah itu, diamkan hingga suam kuku. Tuangkan air rebusan ke ember dan gunakan untuk merendam area yang terkena varises selama 5 menit. Lalu, letakkan tubuh yang terkena varises ke air dingin selama 10 detik.

Setelah 3-4 kali pengulangan, Anda bisa mengakhirnya dengan merendam area varises dengan air dingin. Berikutnya,  Anda bisa melakukan pemijatan dengan menggunakan minyak jarak atau lainnya. Terakhir, selesaikan dengan mengangkat kaki lebih tinggi dari tubuh selama beberapa menit.

Demikian sedikit ulasan mengenai penyebab penyakit varises berikut dengan obat alami yang bisa dicoba untuk mengatasinya di rumah. Selain menggunakan obat alami tersebut, Anda juga harus mengimbanginya dengan melakukan kebiasaan baik seperti berolahraga untuk melancarkan sirkulasi, memakan makanan yang melancarkan sirkulasi darah, dan sebagainya.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Alami Mengobati Varises Tanpa Harus Ke Dokter"

Post a Comment